Laman

Saturday, 26 July 2014

Selamat Datang di Kota Surakarta Wahai para Pemudik

Kota Surakarta atau Solo, mungkin kota ini sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia terutama mereka yang berdomisili di pulau Jawa. Surakarta merupakan sebuah kota yang terletak di provinsi Jawa Tengah dengan koordinat 7°34′0″LS - 110°49′0″BT dengan julukannya yaitu “THE SPIRIT OF JAVA”.

Solo:


Kota Solo makin dikenal oleh masyarakat Indonesia terutama karena sosok Joko Widodo; mantan wali kota Solo yang namanya kian mentereng di jagad perpolitikan tanah air, namun kali ini pembahasan bukanlah mengenai politik. Mungkin banyak orang yang belum mengetahui bahwa kota Solo bisa disebut sebagai “Kota Pintu Gerbang” karena kota ini menjadi enam titik persimpangan jalan utama di pulau Jawa sekaligus menjadi pintu gerbang menuju dari Jawa Tengah menuju Jawa Timur via jalur tengah (Madiun, Ngawi) dan sebaliknya.

Jokowi:

Kota Solo juga menjadi titik enam persimpangan jalan utama menuju berbagai daerah di pulau Jawa. Berikut ini adalah persimpangan – persimpangan tersebut:

  1. Mulai dari sebelah utara, adalah persimpangan jalan menuju kabupaten Grobogan dan juga kota Purwodadi hingga ke kota – kota di pantai utara seperti Semarang, Pati, dan Rembang.
  2. Bergeser sedikit ke arah timur, tepatnya arah timur laut; adalah persimpangan sekaligus jalan negara menuju provinsi Jawa Timur yang melalu kabupaten Sragen, Ngawi, serta Madiun.
  3. Sebelah timur agak ke tenggara ada persimpangan yang juga menuju provinsi Jawa Timur yang melalui kabupaten Karanganyar serta Magetan; melewati jalan raya tertinggi di Indonesia yaitu Cemara Sewu.
  4. Sebelah selatan bisa juga dibilang gerbang menuju provinsi Jawa Timur, kali ini via kabupaten Sukoharjo, Wonogiri dan Pacitan.
  5. Sebelah barat daya adalah gerbang menuju provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta yang berlanjut ke jalur lintas pantai selatan pulau Jawa menuju berbagai kota di provinsi Jawa Barat seperti Bandung; jalan ini juga merupakan jalan utama atau jalan negara.
  6. Persimpangan terakhir ada di sebelah barat, adalah persimpangan jalan utama menuju kota Semarang; melewati kabupaten Boyolali dan kota Salatiga. Jalur ini juga berlanjut menuju jalur lintas pantai utara Jawa (Pantura) menuju provinsi DKI Jakarta.  
Persimpangan:

Keadaan itulah yang membuat kota Surakarta senantiasa selalu ramai oleh para pemudik menjelang atau setelah Hari Raya Idul Fitri; baik mereka yang hanya numpang lewat atau mereka yang memang berdomisili di kora Surakarta. Jelas bahwa pihak kepolisian dan perhubungan kota Surakarta telah melakukan persiapan semaksimal mungkin agar para pemudik dapat tetap selamat melewati kota ini dengan selalu menyiagakan personel kepolisian, perbaikan jalan, perbaikan papan petunjuk jalan, serta pendirian posko mudik di berbagai titik.

Welcome to Solo:

So, selamat datang di Kota Surakarta wahai para pemudik. Semoga perjalanan anda akan senantiasa aman dan lancar hingga sampai ke tujuan. Berkendaralah dengan santun di Kota Surakarta, rasakan kehangatan kota ini menyambut anda.

No comments:

Post a Comment