Menggapai Angkasa

Jelajahi Indahnya Negeri Pecahan Surga

Monday, 11 April 2016

PANTAI MENGANTI; NEW ZEALAND NYA INDONESIA

Prologue

Berbicara mengenai tempat – tempat indah di Indonesia memang tidak akan pernah ada habisnya. Mulai dari tepi lautan hingga pegunungan; yang berada di pulau - pulau besar seperti Papua, Sulawesi, Kalimantan, Jawa, dan Bali hingga di pulau – pulau kecilnya yang jumlahnya begitu banyaknya.

Pantai Menganti

Beberapa tempat – tempat indah tersebut bahkan namanya sudah sangat tersohor di telinga masyarakat seluruh dunia. Nama seperti pantai Kuta yang terletak di pulau Dewata; Bali merupakan salah satu contoh tempat yang menjadi tujuan pariwisata oleh kebanyakan masyarakat dari mancanegara setiap tahunnya. Masih ada obyek wisata lain seperti Gili Trawangan yang berada di pulau Lombok; Nusa Tenggara Barat yang juga merupakan tujuan wisata dunia.

Indonesia


Memang sudah banyak obyek wisata yang sudah terkenal selain pantai Kuta dan Gili Trawangan tadi, akan tetapi masih banyak pula obyek wisata yang sebenarnya menyajikan panorama alam yang indah namun keberadaannya masih belum banyak diketahui oleh masyarakat, bahkan oleh masyarakat di sekitarnya. Salah satu faktor yang menyebabkan obyek – obyek wisata tersebut masih belum banyak diketahui orang adalah akses ke tempat tersebut yang masih belum baik serta promosi obyek wisata tersebut yang masih belum ada terutama dari pemerintah daerah setempat.


MENGANTI

Salah satu tempat yang keberadaannya mungkin masih belum banyak diketahui oleh masyarakat, bahkan oleh masayarakat yang berada di sekitar tempat tersebut adalah pantai Menganti. Mungkin nama pantai Menganti tersebut masih terdengar asing di telinga masyarakat luas. Pantai ini terletak di sebelah selatan pulau Jawa, tepatnya berada di kabupaten Kebumen, provinsi Jawa Tengah. Bahkan pantai ini pun masih asing di telinga masyarakat yang berada di sekitar kabupaten Kebumen.


Logo Kabupaten Kebumen

Letak yang cukup tersembunyi adalah salah satu faktor yang membuat Pantai Menganti ini masih jarang dikunjungi oleh wisatawan. Faktor lainnya adalah akses jalan menuju pantai ini yang cukup jauh dari pusat kota Kebumen serta rutenya yang berliku, walaupun sudah diaspal sedemikian halus. Minimnya papan petunjuk arah menuju pantai juga menyebabkan letaknya tidak banyak diketahui oleh orang – orang yang melintas di sekitar Kebumen.


MENUJU PANTAI MENGANTI

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa letak Pantai Menganti yaitu berada di kabupaten Kebumen, provinsi Jawa Tengah; tepatnya adalah di desa Desa Karangduwur, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Jaraknya sekitar 42 KM dengan estimasi waktu perjalanan sekitar satu jam dari kota Kebumen. Kota terdekat dengan pantai ini adalah Gombong yang berjarak sekitar 35 KM dengan estimasi waktu perjalanan sekitar setengah jam.
Perjalanan menuju Pantai Menganti masih harus ditempuh dengan menggunakan kendaraan pribadi karena belum ada kendaraan umum yang mencapai pantai tersebut. Jika perjalanan dimulai dari Yogyakarta memakan waktu sekitar tiga setengah jam. Pertama cukup ikuti jalur pantai selatan Jawa ke arah barat untuk mencapai kabupaten Kebumen terlebih dahulu. Perjalanan melalui jalur utama tidaklah sulit karena banyak papan petunjuk arah menuju kabupaten Kebumen, hanya saja konsentrasi amat diperlukan dengan ramainya jalan dengan kendaraan yang melintas terutama oleh bus dan truck. Setelah memasuki kabupaten Kebumen, lanjutkan perjalanan ke arah barat sampai di kota Gombong.

Terus telusuri kota Gombong sampai ada sebuah pasar yang bernama Wonokriyo yang berada di kanan jalan. Setelah sampai di pasar Wonokriyo hal tersebut menandakan bahwa perjalanan mengikuti jalur utama pantai selatan Jawa akan segera berakhir karena pada belokan kiri jalan yang berada di sebelah barat pasar adalah jalan yang akan diambil selanjutnya untuk menuju pantai Menganti. Terus berbelok kiri / selatan menuju arah pantai Karangbolong terlebih dahulu sampai akhirnya dijumpai sebuah pertigaan. Selanjutnya ambil arah kanan yang mana rutenya melewati bukit yang naik – turun serta berkelok hingga sampai di desa Karangduwur. Terdapat beberapa warung dan rumah penduduk di sekitar jalan yang bisa ditanyai arah menuju pantai Menganti, walaupun jumlahnya tidak banyak


NEW ZEALAND NYA INDONESIA

Kawasan Pantai Nelayan

Perjalanan yang cukup panjang seakan terbayar saat tiba di pantai Menganti dengan pemandangan yang tersaji di depan mata. Kawasan pantai ini cukup luas yang terbagi menjadi dua bagian yaitu area pantai nelayan yang digunakan masyarakat setempat sebagai tempat melabuhkan kapal; di sini juga tersedia berbagai macam fasilitas seperti pasar ikan, warung makan, tempat parkir, kamar mandi dan mushalla. Kendaraan pengunjung kebanyakan dititpkan di area ini untuk selanjutnya berjalan kaki menikmati pemandangan pantai Menganti.

Pantai Menganti

Bagian lain pantai Menganti adalah berupa hamparan perbukitan di tepi pantai yang mana pengunjung bisa menikmati pemandangan lepas pantai dan juga hijaunya bukit – bukit yang menjulang di sepanjang pantai. Terdapat pula banyak gubug yang bisa digunakan untuk melindungi diri dari panasnya matahari sehingga akan menambah kenyamanan dalam menikmati suasana pantai. Perlu diketahui bahwa kawasan pantai Menganti tidak bisa dipakai untuk berenang karena kondisinya yang berbatu.

Pondokan di Lereng Bukit



Berada di pantai Menganti membuat perasaan seakan berada di New Zealand karena pemandangan perbukitan hijau yang mengelilingi pantai. Bukit – bukit yang menjulang tinggi membuat pemandangan ke arah laut tampak semakin luas, tampak pula samar – samar di arah seberang yang merupakan pulau Nusa Kambangan yang terletak di kabupaten Cilacap, Jawa Tengah.

Nelayan


Epilogue

Keindahan alam di Negara Kesatuan Republik Indonesia memang yang nomor satu di dunia. Banyak terdapat tempat yang menyajikan keindahan alamnya mulai dari ujung timur hingga barat negeri ini; bahkan masih banyak dari tempat – tempat tersebut yang masih tersembunyi, atau bahkan sama sekali belum tersentuh. Dan Inilah secuil New Zealand di Bhumi Nusantara yang mana wajib hukumnya untuk dikunjungi. 

No comments:

Post a Comment

Terima Kasih Atas Kunjungan Anda