Menggapai Angkasa

Jelajahi Indahnya Negeri Pecahan Surga

Thursday, 17 November 2016

PANTAI JOGAN; AIR TERJUN DI UJUNG DARATAN YOGYAKARTA

Daerah Istimewa Yogyakarta memiliki begitu banyak potensi wisata yang ada di daerahnya. Letak Yogyakarta yang berada di selatan Pulau Jawa dan berbatasan langsung dengan Samudera Hindia membuatnya memiliki banyak pantai yang menjadi ujung tombak destinasi wisata. Pantai dengan karang hingga pantai berpasir putih, semuanya dapat ditemukan di Yogyakarta. Bahkan terdapat Jalur Pantai Selatan Yogyakarta yang merupakan jalur wisata bagi para wisatawan yang ingin mengunjungi pantai-pantai di selatan Yogyakarta; mulai dari Pantai Parangtritis di Kabupaten Bantul hingga rangkaian pantai-pantai di Kabupaten gunung Kidul.

Salah Satu Pantai di Yogyakarta

Berbicara mengenai air terjun, tentu yang ada di dalam benak adalah sebuah tempat di daerah pegunungan. Kemudian terdapat pancuran air raksasa yang meluncur dari ketinggian, di celah pegunungan hijau tersebut. Akan tetapi di Yogyakarta terdapat suatu air terjun yang letaknya berada di ujung daratan Pulau Jawa. Air terjun ini langsung berhadapan dengan Samudera Hindia dengan ombaknya yang saling berkejaran di sebuah pantai yaitu Pantai Jogan.

Pantai Jogan tepatnya terletak di Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jarak Pantai Jogan dengan Tugu Jogja sekitar 75 kilometer dengan lama perjalanan kurang-lebih selama 2 jam dengan motor atau mobil pribadi. Saat ini tidak ada plang penunjuk jalan menuju Pantai Jogan di Jalan Pantai Selatan Yogyakarta, yang perlu diperhatikan adalah jalur menuju Pantai Jogan searah dengan jalur menuju Pantai Siung. Untungnya sudah banyak plang penunjuk jalan menuju Pantai Siung sehingga tinggal mengikuti arah menuju Pantai Siung.

Pantai Jogan, Daerah Istimewa Yogyakarta


Menuju Patai Jogan

Cukup ikuti jalan utama yang ditunjukkan oleh plang menuju Pantai Siung dan Pantai Nglambor jika dari Jalan Pantai Selatan Yogyakarta. Kondisi jalan sudah halus dan beraspal, namun cukup berkelok sehingga membutuhkan kehati-hatian terutama pada belokan. Terdapat pos retribusi yang mana pengunjung cukup membayar Rp5.000,00 per orang untuk bisa menikmati 3 pantai sekaligus yaitu Pantai Siung, Pantai Nglambor, dan Pantai jogan. Terus saja ikuti jalan utama usai pos registrasi yang masih cukup jauh.

Yogyakarta-Pantai Jogan

Setelah cukup jauh melaju melewati jalan yang berliku, konsentrasi pada sebuah pertigaan ke arah kanan yang ada di kanan jalan. Terdapat plang-plang penunjuk arah dari kayu menuju Pantai Jogan yang cukup banyak dan jelas sehingga perjalanan menuju Pantai Jogan dilanjutkan dengan berbelok kanan. Perjalanan dilanjutkan melalui jalan yang lebih sempit tanpa aspal, hanya jalan berlapis semen dengan 2 jalur saja.



Menuju Pantai Jogan

Jelas kondisi jalan tidak sebaik jalan utama menuju Pantai Siung sehingga konsentrasi perlu lebih ditingkatkan. Selain masih berkelok, jalanan pun banyak terdapat lubang sehingga kendaraan tidak bisa dipacu terlalu kencang. Usai melewati jalan sempit, berlubang, dan berkelok, akhirnya perjalanan akan sampai di Pantai Jogan dengan adanya sebuah plang penanda tempat parkir kendaraan.



Pantai Jogan

Setelah memarkir kendaraan dan membayar tarif parkir sebesar Rp2.000,00, pengunjung bisa langsung berjalan untuk menikmati atraksi utama Pantai Jogan yaitu air terjun yang langsung mengarah ke laut. Letaknya yang terpencil bukan berarti tidak ada fasilitas apapun di pantai ini. Tersedia warung, mushalla, kamar mandi, dan tempat untuk duduk-duduk di Pantai Jogan.



Pantai Jogan, Yogyakarta

Pengunjung juga bisa untuk mendekati air terjun hingga mandi di bawah pancuran air terjun tersebut. Terdapat akses jalan dari kayu bambu untuk mendekati air terjun, tentunya pengunjung harus berhati-hati agar tidak terpeleset karena kondisi yang basah membuat pijakan menjadi cukup licin. Pengunjung juga harus membayar sebesar Rp 2.000,00 untuk dapat mendekati air terjun melalui akses jalan tersebut.


Jalur Menuju Air Terjun

Selain menikmati sensasi mandi di air terjun, pengunjung juga bisa menikmati pemandangan sekitar. Terdapat bukit-bukit kecil yang bisa untuk didaki untuk menikmati pemandangan alam sekitar dari ketinggian. Tampak pula Pantai Timang, Pantai Siung, dan Pantai Ngalmbor dari ketinggian bukit-bukit kecil di Pantai Jogan.


Di Bawah Air Terjun Pantai Jogan
Sumber: Instagram @rizqarusfita


No comments:

Post a Comment

Terima Kasih Atas Kunjungan Anda