SPOT RIYADI; MENIKMATI CANDI PRAMBANAN DARI KETINGGIAN

Konten [Tampil]
Kebanyakan orang di Indonesia mungkin sudah tahu mengenai Candi Prambanan. Candi yang berada di Kabupaten Klaten, tepatnya perbatasan antara Provinsi Jawa Tengah dan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta ini sudah begitu terkenal. Selain merupakan candi Hindu terbesar di Indonesia, Candi Prambanan juga merupakan candi Hindu terindah di dunia. Saat hari libur banyak wisatawan yang menyerbu Candi Prambanan untuk berwisata.

Candi Prambanan

Menikmati Candi Prambanan tidak melulu harus masuk dan menjelajah ke dalam kawasannya. Keindahan arsitektur Candi Prambanan yang begitu megah dapat dinikmati dari kejauhan. Lantas bagaimana caranya? Tentunya naik pesawat terbang atau helikopter menjadi cara yang paling masuk akal untuk menikmati keindahan Candi Prambanan dari kejauhan. Akan tetapi tentu membutuhkan biaya yang tidak sedikit untuk menikmati keindahan Candi Prambanan dengan cara tersebut. Salah satu cara yang bisa dilakukan dengan begitu mudah adalah cukup mengunjungi lokasi bernama Spot Riyadi.


Menuju Spot Riyadi

Lokasi dari Spot Riyadi tepatnya ada di Sambirejo, Prambanan, Kabupaten Sleman. Jika memandang ke arah selatan dari Candi Prambanan, maka akan terlihat jajaran pegunungan selatan yang memanjang; di situlah letak dari Spot Riyadi. Jarak tempuh dari pusat Kota Yogyakarta hanyalah sekitar 19 kilometer dengan waktu tempuh kurang-lebih setengah jam saja.
Searah dengan Abhayagiri Resto

Rute Spot Riyadi pun cukup mudah, jika dari Candi Prambanan ambil jalan ke arah Piyungan. Setelah melewati rel kereta api, fokus dengan plang penunjuk arah menuju “ABHAYAGIRI atau SUMBERWATU HERITAGE” yang mengarah ke kiri. Ikuti jalan yang ditunjukkan oleh plang penunjuk arah tersebut. Nantinya akan dijumpai lagi plang penunjuk arah serupa sehingga perjalanan tinggal mengikuti jalan yang ditunjukkan.

Terus mengikuti jalan maka perjalanan akan sampai di sebuah restoran bernama “ABHAYAGIRI”. Sebenarnya keindahan Candi Prambanan sudah dapat dinikmati dari sini, akan tetapi perjalanan masih belum sampai ke Spot Riyadi. Jalan menuju Spot Riyadi dari Restoran Abhayagiri adalah melalui jalan kecil menanjak yang berada di sebelah selatan. Sudah ada plang penunjuk arah menuju Spot Riyadi yang bisa digunakan sebagai patokan.


Spot Riyadi
Panorama Spot Riyadi

Perjalanan sudah tidak jauh lagi saat sampai di Resto Abhayagiri. Setelah mengikuti petunjuk arah bertuliskan “Spot Riyadi”, maka tidak lama lagi akan sampai di lokasi yang dituliskan. Pemandangan terbuka ke arah utara langsung menyambut pengunjung yang baru sampai di Spot Riyadi. Area parkir sudah tersedia cukup luas sehingga pengunjung tidak akan kesusahan untuk memarkir kendarran roda 2 maupun roda 4 nya.
Candi Prambanan dan Candi Sojiwan

Sesuai dengan apa yang sudah dijelaskan tadi, Candi Prambanan dan sekitarnya terlihat begitu indah dari tepian tebing. Tidak hanya Candi Prambanan saja, Candi Sojiwan juga akan turut menghiasi pemandangan. Jika cuaca cerah maka Gunung Merapi yang berada tepat di sebelah utara akan terlihat dengan gagahnya. Tidak mau ketinggalan, Gunung Sumbing pun juga turut menampakkan dirinya di langit barat daya, bahkan Gunung Lawu yang berada jauh di perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur pun terlihat pula di kaki langit sebelah timur.
Kereta Api

Jika ingin secara maksimal mengabadikan keindahan Candi Prambanan dari ketinggian, maka hendaknya pengunjung melengkapi peralatan kameranya dengan lensa tele yang bisa menangkap obyek dari kejauhan. Candi Prambanan akan terlihat begitu kecil sehingga perlu kamera/lensa berkemampuan zoom tinggi untuk bisa mengabadikan kemegahannya. Kemampuan zooming juga bisa digunakan untuk mengabadikan lewatnya sang ular besi saat melintas di atas jalurnya yang juga terlihat dari Spot Riyadi
Sunrise

Waktu terbaik untuk mengunjungi Spot Riyadi adalah menjelang matahari terbit atau terbenam karena pesona indahnya matahari terbit atau terbenam bisa dinikmati dari sini. Selain indah, tentunya cuaca juga tidak begitu panas saat berkunjung di waktu-waktu tersebut. Waktu malam hari juga menjadi saat terbaik mengunjungi Spot Riyadi karena kerlap-kerlip cahaya lampu kota akan terlihat begitu menawan dari ketinggian. Pengunjung pun tidak perlu khawatir jika lapar karen sudah tersedia warung yang menjual makanan.
Panorama Malam

Informasi:

Jam Buka:
24 jam

Tiket Masuk Spot Riyadi:
Gratis

Tarif Parkir:
Rp1.000,00 (roda2)

Fasilitas:
Area parkir, warung makan, toilet.

Bonus:


Anggara Wikan Prasetya
Perkenalkan, Anggara Wikan Prasetya, pemilik Menggapai Angkasa.

Related Posts

Posting Komentar