Laman

Wednesday, 26 July 2017

PANTAI KLAYAR DAN KARANG BOLONG; MUTIARA SELATAN PACITAN

Postingan ini masih berhubungan dengan sebelumnya mengenai keindahan GOA GONG yang merupakan goa terindah di kawasan Asia Tenggara. Kabupaten Pacitan yang memiliki julukan “Kabupaten 1001 Goa” ternyata tidak hanya menyimpan pesonanya di dalam goa saja, akan tetapi Pacitan pun memiliki pantai yang begitu memesona. Salah satu pantai terindah di Kabupaten Pacitan adalah Pantai Klayar. Keindahannya bahkan sampai menarik minat presiden Republik Indonesia saat itu yaitu Bapak Susilo Bambang Yudhoyono untuk mengunjunginya.

Pantai Klayar, Pacitan

Menuju Pantai Klayar

Pantai Klayar terletak di Desa Sendang, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan, Provinsi Jawa Timur. Jalan menuju Pantai Klayar satu jalur dengan GOA GONG. Cukup terus ikuti jalan utama yang melewati GOA GONG ke arah selatan. Kondisi jalur sudah sangat baik dengan aspal yang halus, meskipun keadaannya naik-turun karena berada di wilayah pegunungan.

Jalur "SBY" Menuju Pantai Klayar

Memang kunjungan Pak SBY ke Pantai Klayar dahulu telah membuat sarana dan prasarana menuju Pantai Klayar berkembang pesat terutama akses jalan yang ada. Padahal pada tahun 2009 hingga 2010 dahulu kondisi jalan masih memprihatinkan, bahkan bisa dibilang seperti kali asat (Sungai kering).

Menjelang Pantai Klayar

Tidak sulit untuk mencapai Pantai Klayar dari Goa Gong. Sudah terdapat banyak plang penunjuk arah menuju Pantai Klayar. Cukup ikuti petunjuk arah yang ada maka perjalanan tidak lama lagi akan sampai di Pantai Klayar. Tak lama lagi akan terlihat pemandangan berupa laut selatan yang luas dari ketinggian.

Pos Retribusi Pantai Klayar


Pantai Klayar

Terdapat jalan menurun yang cukup terjal setelah melewati pos retribusi masuk Pantai Klayar. Bagi pengunjung yang menggunakan mobil, elf, atau bus, area parkir berada sebelum jalan menurun tersebut sehingga harus berjalan kaki untuk sampai di Pantai Klayar. Sementara bagi pengendara motor, cukup banyak titik area parkir yang telah disediakan di pinggir pantai.

Yang Pakai Mobil/Bus Harus Jalan Kaki Melewati Tanjakan ini

Memang akan melelahkan bagi pengguna mobil dan bus karena harus berjalan untuk sampai ke bibir pantai, akan tetapi hal tersebut bukanlah suatu kekhawatiran karena sudah tersedia kendaraan ATV untuk berkeliling pantai dan ojek untuk kembali melewati tanjakan ke area parkir dengan harga yang cukup terjangkau.

Pantai Klayar, Pacitan

Pantai Klayar membentang berbentuk cekungan cukup luas dari timur hingga barat dengan diapit oleh 2 tebing karang. Pasir putih yang begitu indah membentang menyelimuti bibir pantai. Saat laut surut, deretan karang tampak di bibir pantai sebelah barat hingga ke tengah; memisahkan antara pasir putih dengan ombak laut selatan sehingga merupakan deretan pantai karang.

Kawasan Pantai Karang Sebelah Tengah-Barat

Sementara itu bagian pantai sebelah timur tampak terpisah dengan pantai sebelah tengah dan barat karena dipisahkan oleh batu karang. Laut dan pasir putih seakan menyatu di pantai sebelah timur ini sehingga bisa digunakan pengunjung untuk bermain ombak. Namun tentu saja pengunjung harus waspada karena ombak pantainya cukup besar sehingga bisa menyeret siapa pun yang berdiri terlalu jauh dari daratan.

Kawasan Pantai Pasir Sebelah Timur

Pengunjung bisa berjalan sampai ke puncak tebing di sebelah timur Pantai Klayar yang diberi nama Bukit Indah Lestari. Hanya dengan membayar Rp3.000,00 pengunjung sudah dapat duduk-duduk di gazebo yang telah disediakan untuk berlindung dari panasnya matahari saat siang. Tentu saja atraksi paling menawan adalah pemandangan Pantai Klayar dari atas ketinggian yang menjadi spot foto bagi para photo hunter dan juga latar belakang sempurna bagi mereka yang ingin selfie.

Pantai Klayar dari Bukit Indah Lestari

Keunikan khas yang ada di Pantai Klayar pun dapat disaksikan dari puncak bukit, yaitu berupa seruling samudera. Letak dari seruling samudera tersebut berada di sebelah selatan bukit sehingga tampak sangat jelas. Seruling samudera tersebut merupakan air mancur alami yang menyembur ke atas karang saat ombak membentur karang sehingga air yang masuk ke saluran alami karang pun menyembur melalui lubang karang. Sebenarnya dahulu pengunjung bisa menjangkau lokasi seruling samudera tersebut, akan tetapi sekarang jalan akses masuknya ditutup karena terlalu berbahaya.

Seruling Samudera Pantai Klayar, Pacitan

Pemandangan yang ditawarkan di atas Bukit Indah Lestari bukan hanya panorama Pantai Klayar dari ketinggian saja. Hamparan lautan luas di pantai tebing sebelah timur Pantai Klayar tampak memesona dengan ombaknya yang saling berkejaran sebelum akhirnya membentur tebing. Kawasan pantai tebing di sebelah timur Pantai Klayar tidak bisa dikunjungi karena sulitnya medan untuk menjangkaunya.

Kawasan Pantai di Sebelah Timur Pantai Klayar

Jauh di sebelah barat daya, tampak pemandangan berupa tanjung karang yang menjorok ke lautan dengan lubang besar menyerupai terowongan di bawahnya. Tanjung karang tersebut adalah Karang Bolong yang dinamai sesuai dengan kondisinya dengan lubang besar di bagian bawahnya karena proses alami selama ribuan tahun lamanya.


Karang Bolong

Letak dari Karang Bolong cukup terpisah dari Pantai Klayar. Tidak ada pula pang penunjuk jalan yang menunjukkan dimana lokasi Karang Bolong tersebut dari jalan utama menuju Pantai Klayar. Jika ingin mengunjungi Karang Bolong namun belum tahu di mana letaknya, maka bertanya kepada masyarakat merupakan satu-satunya pilihan yang ada.

Menuju Karang Bolong

Akses jalan menuju Karang Bolong berada tepat setelah pos retribusi. Jalan tersebut wajar saja jika tidak diketahui karena kondisinya masih belum diaspal sehingga tidak menarik perhatian pengunjung. Akan lebih baik apabila melalui jalan menuju Karang Bolong tersebut dengan menggunakan kendaraan roda dua karena di beberapa bagian, jalan hanya terdiri dari tanah saja sehingga akan lebih mudah dilalui dengan motor.

Kondisi Jalan

Usai menempuh perjalanan melewati jalan setapak, maka tibalah perjalanan di Karang Bolong. Membutuhkan nyali yang begitu besar untuk mencapai ujung dari tanjung Karang Bolong karena ombak yang menghantam dinding karang terdengar begitu keras sehingga ketakutan apabila dinding karang tersebut runtuh akan menghantui pengunjung yang datang.

Di Atas Karang Bolong

Untuk bisa melihat terowongan besar di bawah karang dari dekat, pengunjung harus berjalan kaki ke arah timur melewati jalan setapak yang ada sehingga Karang Bolong akan terlihat dari samping. Mustahil untuk turun ke bawah dan mendekati terowongan besar tersebut tanpa alat dan skill panjat tebing yang mumpuni karena selain tebingya curam, ombak di bawahnya selalu siap untuk menghantam dinding tebing kapan pun juga.

Karang Bolong

Zoom

Pemandangan dari Karang Bolong bukan hanya melihat ke arah terowongan raksasa di bawah karang saja. Panorama Pantai Klayar yang terlihat memanjang dari sisi barat daya terlihat begitu memesona. Tidak ketinggalan pula deretan tebing dan pantai-pantai di sisi barat akan terlihat begitu menakjubkan; seakan menyatu dengan matahari sore berwarna oranye saat menjelang terbenam.

Menuju Senja


Info

Harga Tiket
Rp10.000,00 (Dewasa) Rp5.000,00 (anak-anak)

Jam Buka
-

Fasilitas
Area Parkir (motor, mobil, elf, bus besar), mushalla, toilet + kamar mandi, warung makan, toko suvenir, jasa ojek, jasa ATV

Waktu Kunjungan Terbaik
Sore hari pukul 15.00 WIB - menjelang matahari terbenam


12 comments:

  1. terowongan raksasanya bagus banget, itu dalam g sih hehehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dalem itu ms.. Ombaknya juga besar jadi g bisa mendekat..

      Delete
  2. foto2nya keren Gan ... saya waktu datang siang hari ...
    btw jalan sudah bagus ya ? waktu saya mampir 3 tahun lalu sedang perbaikan jalan.

    Salam kenal ya Gan
    Eri Anggoro Kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ms.. Sekarang jalannya mulus dan lebar..
      Monggo main lagi..

      Delete
  3. Ini sih kampungnya teman saya, suka cerita doi tentang Pantai Klayar, Pacitan yang indah. Ternyata memang sangat indah.

    Ticket masuknya pun terjangkau ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yoi mbak.. Musti sempetin main ke sini.. hehe

      Delete
  4. pantesan disebut karang bolong, taunya ada karang yang bolong haha. tapi sayang gk bisa berenang dibabwah karang nya, ombak nya gede bener.

    ReplyDelete
  5. Beberapa bulan lalu aku ke pacitan, bukan buat wisata sih, lebih tepatnya kondangan. Sebenernya sama temen-temen diajak ke pantai klayar habis kondangan. Tapi karena badan udah nggak kuat, habis perjalanan jauh dan berdiri di kondangan, akhirnya milih buat tidur aja. Paling ke pantainya yang deket aja, kalau nggak salah Teleng Ria namanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Teleng Ria juga bagus.. Tp ke depannya msti sempetin main ke Pantai Klayar berarti...

      Delete
  6. dari dulu pengin banget ke pantai klayar tapi belum juga kesampean. Artikel masnya bikin tambah kepengin saja, duh kapan yaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu tandanya dalam waktu dekat harus nyempetin ke Klayar bung.. haha

      Delete