MENANTI PAGI DI PANTAI SEPANJANG; GUNUNG KIDUL

Posting Komentar
Konten [Tampil]
Sudah bukan merupakan rahasia umum lagi kalau Yogyakarta terkenal akan pantai-pantainya yang begitu cantik. Jauh sebelum munculnya destinasi-destinasi wisata baru di Yogyakarta, pantai-pantai di sisi selatannya sudah terebih dahulu dikenal dan menjadi tujuan wisatawan dari dalam maupun luar daerah. Selain menawarkan keindahan pemandangan matahari terbenam seperti di TANJUNG KESIRAT dan LAUT BEKAH, daya tarik pantai di Yogyakarta lainnya adalah pasir putih yang menawan. Salah satu pantai pasir putih yang kini menjadi primadona bagi para wisatawan adalah pantai terpanjang di Yogyakarta yaitu Pantai Sepanjang.

Info Harga Tiket: Rp10.000,00 (1 tiket untuk banyak pantai)  Tarif Parkir Rp2.000,00 (sepeda motor)  Jam Buka 24 jam  Fasilitas Area parkir, toilet, warung makan, gazebo, mushalla, kamar mandi
Suatu Pagi di pantai Sepanjang
Menuju Pantai Sepanjang

Pantai Sepanjang terletak di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjung Sari, Kabupaten Gunung Kidul, Provinsi Derah Istimewa Yogyakarta. Jarak yang harus ditempuh dari pusat Kota Yogyakarta adalah sekitar 67 kilometer dengan waktu tempuh kurang lebih 2 jam perjalanan normal. Akses menuju Pantai Sepanjang juga tidaklah sulit terlebih pembangunan infrastruktur penunjang pariwisata di kawasan pantai daerah Gunung Kidul berkembang begitu pesat. Pantai Sepanjang ini terletak di antara deretan pantai-pantai Gunung Kidul lainnya.

Menuju Pantai Sepanjang
Menuju Pantai Sepanjang
Rute termudah untuk mencapai Pantai Sepanjang adalah melalui Jalan Wonosari-Patuk-Kota Wonosari. Jalur menuju Pantai Sepanjang sama dengan jalur menuju Pantai Baron yang sudah sejak dahulu kala menjadi tujuan wisata sehingga sudah banyak terdapat plang penunjuk jalan. Rute melalui Kabupaten Gunung Kidul kondisinya naik-turun dan berkelok sehingga perlu persiapan; baik itu dari pengemudi atau kendaraan. Jalanan yang ada sudah cukup lebar sehingga bus besar sudah bisa melewatinya sampai area parkir Pantai Sepanjang.


Pantai Sepanjang

Sesuai dengan namanya, garis Pantai Sepanjang dengan pasir putihnya memang benar-benar panjang. Pantai ini menjadi favorit wisatawan untuk melakukan camping di atas pasir pantainya yang lembut. Saat akhir pekan atau hari libur, banyak pengunjung yang camping di pantai ini. Tentunya kebersihan harus selalu dijaga dan pengunjung tidak diperkenankan untuk membuat api unggun di atas pasir putih untuk menjaga keindahannya.

Kawasan Pantai Sepanjang
Kawasan Pantai Sepanjang
Pengunjung yang camping biasanya menikmati malam dengan berbagai aktifitas seperti memasak, makan, bermain musik, menyanyi, bermain kartu, dan berbagai aktifitas lainnya. Jika cuaca cerah maka mengobrol di bawah gemerlap cahaya bintang dan deburan ombak akan menjadi begitu menyenangkan. Hal terpenting saat camping adalah jangan mendirikan tenda terlalu dekat dengan air karena ada kemungkinan air pasang.

Menjelang Pagi di Pantai Sepanjang
Menjelang Pagi di Pantai Sepanjang
Usai melewati malam, saat pagi tiba merupakan waktu yang ditunggu oleh para pengunjung. Kondisi langit yang mulai cerah membuat pemandangan ke segala arah mulai terlihat. Panjangnya garis pantai di Pantai Sepanjang dari ujung ke ujung akan benar-benar bisa disaksikan saat hari beranjak terang. Pemandangan perbukitan di sekitar pantai juga akan semakin tampak bersamaan dengan semakin terangnya hari.

Pagi dan Pantai Sepanjang
Pagi dan Pantai Sepanjang
Jika cuaca cerah maka indahnya matahari terbit di sisi timur akan terlihat begitu indah. Saat surut, pengunjung dapat bermain air di atas karang yang berbatasan langsung dengan pasir pantai. Aneka flora dan fauna penghuni karang dekat pantai dapat disaksikan secara langsung dari jarak yang cukup dekat. Garis pantai yang panjang membuat Pantai Sepanjang dapat menampung kunjungan banyak wisatawan.

Pantai Sepanjang, Gunung Kidul
Pantai Sepanjang, Gunung Kidul

Info

Harga Tiket:
Rp10.000,00 (1 tiket untuk banyak pantai)

Tarif Parkir
Rp2.000,00 (sepeda motor)

Jam Buka
24 jam

Fasilitas
Area parkir, toilet, warung makan, gazebo, mushalla, kamar mandi
Anggara Wikan Prasetya
Perkenalkan, Anggara Wikan Prasetya, pemilik Menggapai Angkasa.

Related Posts

Posting Komentar