Wisata Pantai Banyu Tibo Pacitan - Info Lengkap

Posting Komentar
Konten [Tampil]
Kabupaten Pacitan yang merupakan tanah kelahiran mantan Presiden Republik Indonesia; Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) memang memiliki banyak destinasi wisata. Jenisnya pun beragam, dari wisata alam hingga wisata sejarah tersedia di “Kabupaten Seribu Goa” ini seperti MUSEUM MARKAS TERAKHIR JENDERAL SUDIRMAN dan GOA GONG yang juga pernah ditulis sebelumnya.

Pantai Banyu Tibo, Pacitan
Pantai Banyu Tibo, Desa Widoro, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan
Bicara mengenai pantai, Pacitan yang di sebelah selatannya berbatasan langsung dengan Samudera Hindia tentunya memiliki banyak pantai menawan. PANTAI KLAYAR mungkin adalah pantai di Pacitan yang paling terkenal sekarang, tetapi ternyata di pojok barat daya-nya terdapat sebuah pantai yang kini sedang naik daun, yakni Banyu Tibo.

Menuju Pantai Banyu Tibo

Perjalanan saya menuju Pantai Banyu Tibo terlaksana saat libur hari buruh pada tanggal 1 Mei 2018. Alih-alih berdemo, saya memilih untuk kembali melakukan penjelajahan yang memang hanya memungkinkan dilakukan di hari libur. Cukup siang saya memulai perjalanan karena saat itu waktu sudah menunjukkan pukul 10.00 WIB.

Solo-Pantai Banyu Tibo

Beruntung kini tersedia teknologi bernama Google Maps yang bisa memandu saya menuju Pantai Banyu Tibo. Sebenarnya rutenya hampir sama dengan menuju PANTAI NAMPU yaitu lewat Wonogiri-Pracimantoro-Perempatan Giribelah, kemudian ke selatan menuju Kecamatan Paranggupito dan terus mengikuti jalan menuju Pantai Nampu. 
Ambil Arah Kiri
Nantinya sebelum mencapai Pantai Nampu, terdapat percabangan jalan ke arah kiri dengan plang penunjuk jalan sederhana menuju Pantai Banyu Tibo. Belok ke arah kiri dan ikuti jalan yang lebih sempit. Bahkan nanti kondisi jalan berupa jalan cor khas desa sehingga bisa saja memunculkan keraguan apakah itu jalan yang benar. Namun tenang, karena jalan tersebut sudah benar.
Jalan Cor Khas Perdesaan
Tarif masuk kawasan Pantai Banyu Tibo adalah sebesar Rp10.000,00 per orang. Usai membayar, jalan yang dilalui masih sempit dan merupakan jalan cor sehingga cukup menyusahkan untuk bersimpangan terutama mobil dengan mobil. Tidak lama kemudian perjalanan saya sampai di tujuan yaitu Pantai Banyu Tibo.

Pantai Banyu Tibo

Ternyata begitu sampai di Pantai Banyu Tibo, sudah banyak kendaraan yang diparkir di sana, mulai dari sepeda motor, mobil, hingga elf. Banyaknya kendaraan tentunya juga dibarengi dengan banyaknya pengunjung yang mengisi hari liburnya di Pantai Banyu Tibo ini. Saya memarkirkan motor di area parkir yang disediakan di ujung tebing.
Pantai Banyu Tibo, Desa Widoro, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan
Pantai Banyu Tibo, Desa Widoro, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan
Hari itu cuaca sangat cerah, tidak ada awan satu pun. Kawasan utama Pantai Banyu Tibo yang mana terdapat air terjun langsung mengalir ke pantai adalah di sebelah timur area parkir. Sebuah tulisan besar bertulisakan “Banyu Tibo” menjadi landmark pantai ini yang berlatar belakang kawasan pantai dengan air terjun.
Kawasan Pantai Pasir Putih Pantai Banyu Tibo
Kawasan Pantai Pasir Putih Pantai Banyu Tibo
Pantainya sendiri bagus karena berpasir putih. Meski demikian, pantai pasirnya hanya sempit sehingga tempat bermain ombak untuk pengunjung hanya sedikit. Selain itu aliran air terjun yang besar hanya ada satu saja sehingga pengunjung harus rela mengantre untuk bisa mandi di bawah air terjunnya.
Mandi di Bawah Air Terjun
Pesona kawasan Pantai Banyu Tibo tidak hanya ada di kawasan pantai pasir dengan air terjunnya saja. Kawasan tebing sebelah timur pantai pasir merupakan spot favorit untuk berfoto dengan latar belakang lautan yang luas. Pengunjung juga bisa menjepret panorama berupa air terjun yang mengalir langsung ke pantai dari sini, atau naik ke atas bukit untuk menikmati panorama.
Pantai Banyu Tibo dari Sisi Barat
Pantai Banyu Tibo dari Sisi Barat
Selain di sisi timur, terdapat pula spot panorama di tebing tepi laut sebelah barat parkiran Pantai Banyu Tibo. Pengunjung bisa menikmati panorama laut dengan ombaknya. Pemandangan ke sisi barat pun tidak kalah menarik dengan garis pantai yang memanjang. Bahkan Pantai Nampu pun akan turut terlihat di ujung barat.
Pantai Nampu (Mode Superzoom)
Fasilitas penunjang wisata di Pantai Banyu Tibo sendiri sudah cukup lengkap. Tersedia kamar mandi dan toilet untuk mandi bagi mereka usai berbasah-basahan di pantai. Ada pula warung makan dan minuman jika haus dan lapar menyerang. Usai puas menikmati suasana di Pantai Banyu Tibo, saya melanjutkan perjalanan ke destinasi selanjutnya.

Info:

Harga tiket masuk: Rp 10.000,00

Tarif Parkir
Rp 2.000,00 (sepeda motor)

Fasilitas: area parkir, warung makan, kamar mandi, toilet, mushalla

Waktu kunjungan terbaik: pagi hari atau sore hari yang cerah saat tidak pasang
Anggara Wikan Prasetya
Perkenalkan, Anggara Wikan Prasetya, pemilik Menggapai Angkasa.

Related Posts

Posting Komentar