GUNUNG BESEK, KISMANTORO; KEINDAHAN TERSEMBUNYI DI SUDUT WONOGIRI

Posting Komentar
Konten [Tampil]
Wonogiri; kabupaten yang terletak paling tenggara di Provinsi Jawa Tengah ini ternyata menyimpan berbagai pesona keindahan. Masih ada berbagai destinasi wisata menarik untuk dijelajah di kabupaten dengan arti nama “Wono/Wana: Hutan” dan “Giri:Gunung” yang berbatasan dengan Provinsi Jawa Timur di sebelah timurnya ini.

Pesona Keindahan di Gunung Besek, Kismantoro, Wonogiri
Pesona Keindahan di Gunung Besek, Kismantoro, Wonogiri
Dengan wilayah yang sebagaian besar berupa pegunungan, tentunya ada banyak destinasi wisata atas ketinggian untuk dijelajah, misal SOKO GUNUNG. Selain itu, ternyata di sudut terpencil wilayah Wonogiri terdapat sebuah lokasi yang memiliki panorama luar biasa. Destinasi tersebut yakni Gunung Besek.

Menuju Gunung Besek
Jika dari Kota Surakarta, Gunung Besek paling mudah ditempuh dengan terlebih dahulu melalui rute Surakarta-Sukoharjo-Wonogiri-Kec.Purwantoro (Wonogiri). Nantinya usai sampai di Purwantoro yang merupakan kecamatan paling timur di Kabupaten Wonogiri, perjalanan dilanjutkan dengan berbelok kanan ke arah selatan.

Wonogiri-Balai Desa Bugelan (yang biru)

Jalan tersebut pernah searah dengan jalur menuju MUSEUM MARKAS TERAKHIR PANGLIMA BESAR SUDIRMAN yang pernah saya kunjungi di awal tahun 2018 silam. Jika menggunakan Google Maps, maka  lebih baik jika tujuan ditetapkan di Balai Desa Bugelan dan ubah pengaturan kendaraan menjadi mobil. 

Nantinya dari Balai Desa Bugelan, perjalanan berlanjut ke arah selatan, kemudian berbelok ke arah kiri menyusuri jalan cor khas desa. Cukup ikuti jalan itu dan nanti setelah sekitar sepuluh menit melaju, akan ditemukan plang sederhana bertuliskan Gunung Besek. Kendaraan nantinya harus diparkir dan perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki.

Gunung Besek
Perjalanan dengan berjalan kaki usai memarkir kendaraan pun tidaklah jauh. Hanya membutuhkan sekitar 15-20 menit saja berjalan kaki, maka perjalanan sudah sampai di Gunung Besek. Rute jalan setapaknya pun mudah. Meski gunung, tetapi jalan setapaknya tidak menanjak, malah cenderung menurun.
Jalan Setapak menuju Kawasan Gunung Besek
Jalan Setapak menuju Kawasan Gunung Besek
Secara administratif, Gunung Besek terletak di Dusun Setren, Desa Bugelan, Kecamatan Kismantoro, Kabupaten Wonogiri.Perjalanan dari Kota Surakarta menuju Gunung Besek adalah sekitar 2,5 jam dengan kecepatan sedang. Rute cukup menanjak setelah sampai di Kecamatan Kismantoro sehingga lebih baik memakai motor yang kuat menanjak.

Gunung Besek ternyata bukanlah suatu puncak tertinggi dari deretan pegunungan di sekitarnya. Terbukti dengan panorama berupa jajaran pegunungan yang lebih tinggi di sekitarnya. Konon Gunung Besek ini dinamai demikian karena terdapat gugusan batu yang berbentuk seperti besek atau wadah makanan tradisional dari kayu.

Panorama Menawan di Gunung Besek
Satu hal yang paling spesial dari Gunung Besek adalah panorama yang begitu indah di sekelilingnya. Jajaran pegunungan sisi timur-tenggara hingga pemandangan terbuka di sisi utara dan timur laut dari ketinggian tampak begitu menakjubkan. Bisa dibilang terdapat tiga bagian dari Gunung Besek ini, yakni bagian selatan, tengah, dan utara.
Pemandangan Indah di Gunung Besek, Kismantoro, Wonogiri
Pemandangan Indah di Gunung Besek, Kismantoro, Wonogiri
Masing-masing bagian Gunung Besek ini memiliki keindahannya tersendiri. Spot terbaik adalah di bebatuan yang menjorok di tepi tebing karena dengan berfoto di sana, maka latar belakang foto berupa bentang terbuka dari ketinggian akan terlihat begitu menawan di foto. Namun hendaknya tetap berhati-hati karena bisa fatal jika sampai terjatuh.
Menikmati Panorama Indah di Gunung Besek, Kismantoro, Wonogiri
Menikmati Panorama Indah di Gunung Besek, Kismantoro, Wonogiri
Satu hal lain yang harus diwaspadai jika berkunjung di Gunung Besek adalah angin yang terkadang berembus cukup kencang, bahkan bisa sampai membuat kehilangan keseimbangan. Inilah yang harus diperhatikan oleh mereka yang sedang berfoto, terutama di ujung tebing. Jangan sampai kehilangan keseimbangan dan jatuh ke jurang.
Bentang Terbuka di Gunung Besek, Kismantoro, Wonogiri
Bentang Terbuka di Gunung Besek, Kismantoro, Wonogiri
Jika angin sedang bersahabat, maka pengunjung bisa berfoto di atas bebatuan dengan leluasa. Meski demikian, hendaknya tetaplah harus berhati-hati karena jurang akan langsung menyambut di sisi timur. Jurang itu pun tegak lurus dan sangat dalam sehingga jika sampai terjatuh, akibatnya akan sangat fatal.
Spot Foto Favorit di Gunung Besek
Spot Foto Favorit di Gunung Besek
Kegiatan camping sebenarnya bisa dilakukan di sini, tetapi tempat datar yang ada tidaklah luas sehingga jika ingin berkemah, maka harus mendirikan tenda di tempat seadanya. Hal penting yang harus dilakukan di sini ialah jangan membuang sampah sembarangan dan hendaknya tetap menjaga kesopanan dan tingkah laku.
Gunung Besek, Kismantoro, Wonogiri yang Keren
Gunung Besek, Kismantoro, Wonogiri yang Keren
Berikut ini adalah video perjalanan saya menuju Gunung Besek pada Hari Minggu (5/8/2018) lalu beserta sedikit video singkat mengenai keindahan yang ada di sana. Semoga bisa membantu mereka yang ingin menyambangi Gunung Besek.


Info
Tiket masuk:
Seikhlasnya

Tarif parkir:
-

Jam buka:
-

Fasilitas:
-

Waktu kunjungan terbaik:
Pagi hari saat cuaca cerah
Anggara Wikan Prasetya
Perkenalkan, Anggara Wikan Prasetya, pemilik Menggapai Angkasa.

Related Posts

Posting Komentar