Menggapai Angkasa

Jelajahi Indahnya Negeri Pecahan Surga

Friday, 12 October 2018

BLUSUKAN KE PANTAI KROKOH; DI ANTARA JOGJA DAN JAWA TENGAH

Sudah bukan rahasia umum lagi bahwa daerah Istimewa Yogyakarta memiliki banyak pantai di pesisir selatannya yang berbatasan dengan Samudera Hindia. Pantai-pantai itu seperti Parangtritis, Baron, dan Drini selalu menjadi tujuan wisata sehingga ramai dengan para wisatawan, terutama di akhir pekan.

Pantai Krokoh, di Antara Jogja dan Jawa Tengah
Pantai Krokoh, di Antara Jogja dan Jawa Tengah
Pantai-pantai di Kabupaten Gunung Kidul pun juga semakin ramai. Berbagai fasilitas seperti payung dan warung-warung non permanen banyak yang mulai dibangun di sepanjang garis pantai. Sayangnya tak semua orang menganggap positif hal itu karena mengurangi kesan alami sebuah pantai.

Pantai Tersembunyi di Antara Jogja dan Jawa Tengah
Semakin ramainya pantai-pantai di Jogja bukan berarti tidak ada lagi pantai yang masih sepi dan alami. Salah satu pantai dengan kondisi demikian adalah Pantai Krokoh. Nama pantai ini mungkin masih cukup asing karena memang letaknya jauh di pojok tenggara Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.
Letak Pantai Krokoh dari Yogyakarta dan Surakarta
Letak Pantai Krokoh dari Yogyakarta dan Surakarta
Satu hal yang istimewa dari Pantai Krokoh adalah lokasinya yang tidak sepenuhnya berada di wilayah Jogja. Pantai ini ternyata berada di antara Jogja dan Jawa Tengah, tepatnya di Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunung Kidul dan Kecamatan Paranggupito, Kabupaten Wonogiri.
Pantai Krokoh di Antara Jogja dan Jawa Tengah
Pantai Krokoh di Antara Jogja dan Jawa Tengah
Jika perjalanan ditempuh dari Yogyakarta, maka waktu tempuh untuk mencapai Pantai Krokoh adalah sekitar 2,5 jam perjalanan. Kebanyakan orang biasanya menuju Pantai Krokoh dari Pantai Sadeng kemudian lurus ke timur melalui jalan desa. Namun ternyata rute tercepat menurut Google Maps adalah melalui Pracimantoro terlebih dahulu, kemudian ke selatan.
Rute ke Pantai Krokoh dari Yogyakarta

Jika perjalanan ditempuh dari Kota Surakara, maka waktu tempuh untuk mencapai Pantai Krokoh juga hampir sama, yakni 2,5 jam. Menurut Goole Maps, rute tempuh tercepat dari Kota Surakarta tidaklah melalui Kota Sukoharjo dan Wonogiri, melainkan Kecamatan Tawangsar-Manyaran, baru menuju Pracimantoro. 

Rute Menuju Pantai Krokoh dari Solo
Karena saya berdomisili di Solo, maka tentu perjalanan saya dimulai dari sana. Sebelumnya saya tidak menyangka bahwa rute menuju Pantai Krokoh ini awalnya searah dengan rute menuju PANTAI NAMPU karena saya mengira usai dari perempatan Pracimantoro, perjalanan akan lurus ke selatan.
Rute ke Pantai Krokoh dari Surakarta (Solo)

Namun kenyataannya tidaklah demikian, Google Maps meminta saya untuk mengikuti rute yang ditunjukkannya, yakni sama dengan rute menuju Pantai Nampu dengan berbelok ke arah timur kemudian melewati Jalan Nasional sampai perempatan Giribelah dan berbelok ke arah selatan memasuki Kecamatan Paranggupito. 
Melintasi Jalan Nasional
Sumber: https://youtu.be/yEUxXyeFueM
Setelah sempat semakin ragu melaju, akhirnya saya kembali yakin dengan Google Maps setelah perjalanan berlanjut melewati arah menuju Pantai Sembukan, bukan lurus ke Pantai Nampu. Saya pun mengikuti arah yang telah ditunjukkan, meski cukup cemas karena sebelumnya belum pernah melewati jalan tersebut.
Belok Kiri menuju Arah ke Pantai Sembukan
Sumber: https://youtu.be/yEUxXyeFueM
Kecemasan saya cukup beralasan karena Pantai Krokoh masih terpencil sehingga bisa saja jalan yang saya lewati nantinya membingungkan dan sulit untuk dilalui. Belum lagi kalau sinyal telepon genggam hilang maka nantinya perjalanan saya bisa semakin mblusuk seperti saat berkunjung ke PADEPOKAN SOKO LANGIT silam.

Ternyata perjalanan memang tidak lagi memasuki jalan aspal karena Google Maps meminta saya berbelok kanan meninggalkan jalan utama menuju Pantai Sembukan, memasuki jalan desa dari beton. Beruntung beberapa saat melaju, Google Maps masih bisa menuntun saya karena masih ada sinyal telepon seluler (Telkomsel, yang lain KO).
Lewat Jalan Desa
Sumber: https://youtu.be/yEUxXyeFueM
Namun saya masih sempat tersesat, meski masih dituntun Google Maps. Saat ada dua percabangan, saya memutuskan untuk ambil percabangan kiri karena aplikasi petunjuk arah tersebut tetap diam. Akhirnya saya baru diminta untuk berputar balik setelah beberapa saat melaju. Saya pun akhirnya kembali ke percabangan tadi dan mengambil yang kanan.
Harusnya Ambil yang Kanan
Sumber: https://youtu.be/yEUxXyeFueM
Syukur Alhamdulillah perjalanan saya selanjutnya cukup lancar karena tidak ada percabangan yang membingungkan lagi. Meski lokasinya cukup terpencil, tetapi permukiman penduduk cukup ramai di sini sehingga rasanya cukup melegakan karena andai bingung, saya bisa bertanya kepada masyarakat sekitar.

Jalan Kaki Menuju Bibir Pantai
Setelah sekitar 2,5 jam melaju, saya akhirnya sampai di tempat memarkir motor kendaraan. Sebagai informasi, jarak antara tempat parkir motor dan bibir pantai adalah sekitar 500 meter. Hal itu dikarenakan akses jalan sampai ke bibir pantai belumlah baik, meski sudah dilakukan perbaikan sehingga lebih baik berjalan kaki saja.
Parkir Kendaraan
Sumber: https://youtu.be/yEUxXyeFueM
Menurut warga yang menyarankan saya untuk memarkir motor di rumahnya, jalan menuju bibir Pantai Krokoh akan kembali dibenahi tahun depan (2019) dari pihak TNI. Saat ini jalan memang sudah cukup lebar, tetapi kondisinya buruk sehingga motor akan sulit melaju, terutama saat perjalanan kembali yang melalui sebuah tanjakan.
Rute Jalan Setapak Menuju Pantai Krokoh Tahun 2018
Rute Jalan Setapak Menuju Pantai Krokoh Tahun 2018
Saya pun mulai berjalan kaki usai memarkir kendaraan. Saat itu kondisi cuaca cukup panas karena memang matahari siang di atas kepala begitu terik. Perlahan tapi pasti akhirnya setelah selama 10 menit berjalan kaki, saya tiba di bibir Pantai Krokoh yang saat itu tidak ada seorang pun selain saya di sana.

Pantai Krokoh
Pantai Krokoh yang berada di antara Jogja dan Jawa Tengah ini sebenarnya tidaklah terlalu luas. Tidak seperti Pantai Nampu di perbatasan Jawa Tengah-Jawa Timur yang garis pantainya cukup luas. Namun jika dikunjungi seorang diri, maka Pantai Krokoh seakan terlihat luas.
Pantai Krokoh di Antara Jogja dan Jawa Tengah
Pantai Krokoh di Antara Jogja dan Jawa Tengah
Pantai Krokoh juga memiliki ciki khas pantai-pantai di kawasan Kabupaten Gunung Kidul yang dikelilingi oleh pegunungan. Pantai ini juga memiliki pasir putih yang berkilau dan air laut yang jernih karena jauh dari lalu-lalang kapal, termasuk perahu nelayan yang kawasan bersandarnya adalah di Pantai Sadeng.
Pantai Krokoh yang Sepi
Pantai Krokoh yang Sepi
Biasanya mereka yang berkunjung ke Pantai Krokoh datang untuk memancing. Spot memancing terbaik berada di sebelah barat pantai dengan medan yang ekstrem melewati bebatuan sehingga tentu saja membutuhkan kehati-hatian bagi mereka yang ingin menuju spot tersebut.
Pantai Krokoh yang Sunyi
Spot Memancing Ada di Balik Bebatuan
Meski masih sepi, Pantai Krokoh bukan berarti minim kunjungan selama ini. Saat libur panjang seperti long weekend, tetap ada banyak orang yang camping di Pantai Krokoh ini meski akses menuju bibir pantainya belum baik dan tentunya belum ada fasilitas apa pun seperti kamar mandi dan warung makan.
Eksotisme Pantai Krokoh
Eksotisme Pantai Krokoh yang Sayang Jika Dikotori
Sayangnya kondisi pantai yang masih alami dan sepi tidak serta merta dijaga oleh mereka para pengunjung Pantai Krokoh. Masih ditemukan tumpukan sampah seperti botol plastik di salah satu bagian pantainya yang tentu saja mencoreng keindahan Pantai Krokoh ini.

Semoga ke depannya pengunjung yang sadar akan pentingnya menjaga kebersihan bisa semakin banyak.

Info
Hari buka:
Setiap hari

Jam buka:
-

Tiket masuk:
-

Tarif parkir di rumah warga:
Seikhlasnya

Fasilitas:
-

Waktu kunjungan terbaik:
Pagi menjelang siang saat cuaca cerah

16 comments:

  1. Cuma telkomsel yg bertahan sinyale.
    Nemu aja lo tempat2 terpencil macam ni.
    Wajar banget tempatnya masih alami banget sih ya.
    Klo cewek dateng sendiri kira2 lebih baik jangan atau ndak p2?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup betul.. Sampai pinggir pantai pun Telkomsel nggak nyaut lagi..

      InsyaAllah aman og, paling yang takut malah yang lihat ada cewek sendirian..

      Delete
  2. Aku sampai Pantai Sadeng aja kaya udah juauhhh banget nggak sampai-sampai. Lha ini masih di sebelah timurnya lagi. Jadi di antara dua kabupaten ya?

    Untuk di pinggir pantainya ini yang banyak pohon kaya Wedi Ombo (ada tempat berteduh eyup-eyup) atau cuma daun pandan pantai gitu mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyo.. Dari mana-mana jauh, termasuk dari Solo.. hehe
      Betul.. Gunungkidul dan Wonogiri.. Jateng dan DIY..

      Duh, belum pernah ke Wediombo eh, meski 8 tahun di Jogja..
      Tapi bisa buat ngeyup og..

      Delete
  3. eh aku terharu sama info yang bagian akhir. banyak sret-sretnya, dan tulisan seikhlasnya. haha
    ya gimana ya
    ya emang sepi siiih
    tapi biarlah sepi ya, biar alamiiii

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sret-sret piye..??

      Hmm.. Mungkin kalau rame pun g akan rame banget karena jauh dari Solo dan Jogja...

      Delete
  4. Wah, sayang sekali itu jika pemerintah atau warga setempat kurang begitu perduli dan mengerti akan kesadaran pariwisata. tempat parkir dan kakus saja sampai tidak diperhatikan. Sebenarnya tempat wisata ini punya potensi tinggi penggerak perekonomian.
    Saya orang Solo belum pernah kesana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin karena jaraknya jauh dari Solo atau Jogja, jadi yang mau nempuh perjalanan jauh pun g begitu banyak..

      Loh, sampeyan wong Solo tah..?

      Delete
  5. Wahaaaa, indah juga yaa Pantai di perbatasan Jogja Jateng ini :D tapi lumayaaan juga sih, jauhnya. Terbayar lunas tentunya ya, dengan keindahan Pantai Krokoh nih :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama sepinya juga.. Bisa tidur nyenyak di sini dah..

      Delete
  6. Subhanallah...benar-benar indah sekali pantainya itu mas

    ReplyDelete
  7. Iki berarti masih timurnya Sadeng mas?

    ReplyDelete
  8. ini mah hidden treasure banget, serasa pantai milik sendiri. foto pake drone keren kayaknya nih

    ReplyDelete

Terima Kasih Atas Kunjungan Anda.
Silakan tinggalkan komentar, semoga yang komen rezekinya lancar dan berkah selalu.. Aamiin