Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pemandian Jarit Tirtowono Lumajang yang Asri

MENGGAPAIANGKASA.com - Pemandian merupakan salah satu destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Ia menjadi pilihan banyak orang sebab menyajikan sensasi kesegaran dan cukup berbeda dari jenis destinasi wisata lainnya. 

Dengan berlibur ke pemandian, maka pengunjung bisa berenang, berendam atau sekadar bermain air dengan sanak saudara atau kawan sebaya. Cocok untuk anak-anak, remaja maupun orang dewasa.

Pemandian Jarit Tirtowono, Favorit Warga Lumajang

Di Lumajang, ada salah satu pemandian yang terkenal sejak dahulu kala. Dulunya, pemandian ini bernama umbulan Tirto Wono. Disebut umbulan karena dulu masih berbentuk kolam air alami yang tidak diberi batas dinding. 

Seiring perkembangan zaman, pemandian ini mulai dibenahi dan direnovasi. Kini orang-orang menyebutnya pemandian Tirtowono Jarit. Namun masyarakat lokal kerapkali menyebutnya dengan Pemandian Jarit.

pemandian-jarit-tirtowono
Kolam dewasa pemandian Jarit yang sudah ada sejak dulu

Lokasi dan HTM Pemandian Tirtowono Jarit

Pemandian ini terletak di Desa Jarit Kecamatan Pasirian Kabupaten Lumajang. Lokasinya persis di pinggir jalan raya Kecamatan Pasirian. Harga tiket masuk per orang adalah 5.000 rupiah. 

Apabila datang saat musim liburan seperti perayaan hari natal dan menjelang tahun baru, maka harga tiket masuk naik menjadi 10.000 rupiah per orang. Lain halnya dengan tiket parkir, yaitu 5.000/sepeda motor dan 10.000/mobil.

Sumber Air Berasal dari Pepohonan Sekitar

Lumajang berada di kaki Gunung Semeru. Begitu pula letak pemandian ini. Namun air yang ada di pemandian Tirtowono Jarit ini bukan berasal dari sumber mata air Gunung Semeru. Melainkan bersumber dari pohon-pohon besar yang mengelilinginya.

Pohon yang besar-besar tersebut menyimpan air dalam jumlah banyak sehingga mampu mengalirkan air ke pemandian. Apabila pohon tersebut ditebang, maka niscaya tidak ada air lagi di pemandian tersebut. 

Maka, kita sebagai masyarakat juga harus mengawal supaya pohon-pohon tersebut tidak ditebang. Harus tetap ada, lestari sebagaimana mestinya.

pemandian-jarit-lumajang
Pemandian Jarit yang juga tersedia panggung hiburan

Tersedia 3 Kolam Sesuai Spesifikasi dan Kebutuhan

Dulunya, pemandian ini hanya memiliki 1 kolam besar. Kedalamannya mencapai 3 meter. Tidak ada sisi yang landai atau dangkal di kolam ini. Semua sudut di kolam ini kedalamannya sama. Biasanya digunakan untuk orang dewasa atau anak muda yang pandai berenang.

Namun kini pemandian tersebut telah direnovasi dan diperbaharui dengan menambah 2 kolam. Kolam untuk anak-anak dengan kedalaman 50 cm, serta untuk remaja dengan kedalaman 150 cm. 

Di kolam anak-anak terdapat mainan yang mampu membuat anak-anak semakin ceria dan bersemangat saat bermain di pemandian.

pemandian-jarit-lumajang
Kolam anak-anak yang sangat ramai

Pemandian yang Teduh, Asri, dan Rindang

Para pengunjung yang tidak berenang, biasanya akan menunggu di sekitar kolam. Ada banyak tempat yang bisa digunakan untuk berteduh. Boleh bila menggelar tikar ala piknik di bawah pepohonan yang rindang. 

Boleh juga bila berjalan-jalan ke taman bunga untuk menikmati indahnya bunga yang berwarna-warni. Bila merasa haus atau lapar karena tidak membawa  bekal dari rumah, pengunjung bisa membeli makan di warung sekitar yang tak jauh dari pemandian.

pemandian-jarit-lumajang

Itulah beragam fasilitas seru yang ada di Pemandian Jarit Tirtowono. Sudah banyak orang yang kesana. Menikmati kesegaran airnya. Lalu, kamu kapan main ke sana?

2 comments for "Pemandian Jarit Tirtowono Lumajang yang Asri"

  1. Pemandian jarit tirtowono kayaknya cuaca dan alamnya seger-seger rindang gitu, kalaupun ada mantul cahaya matahari cuaca tetap seger dan cerah. Enak dan nyaman! Jadi ngebayangin serasa lagi berenang di curug daerah puncak bogor, duh seger-seger dingin asri gitu mungkin ya rasanya :D

    ReplyDelete
  2. Seger kayaknya berenang di sini. Kalau ada waktu, bisa lah aku ke sana

    ReplyDelete