Menggapai Angkasa

Jelajahi Indahnya Negeri Pecahan Surga

Tuesday, 15 November 2016

BERKUNJUNG KE RUMAH TELETUBBIES DI YOGYAKARTA

Nama “Teletubbies” tentunya sudah cukup familiar di telinga masyarakat Indonesia. Serial anak-anak dengan tokoh Tinky-Winky, Dipsy, Laa-Laa, dan Po yang dahulu sering tampil di layar televisi Indonesia tersebut sempat digemari dan menjadi populer di kalangan masyarakat. Bahkan sekarang saat serial Teletubbies tidak lagi muncul di acara televisi Indonesia, nama tersebut masih cukup populer di tengah masyarakat.

Teletubbies


Teletubbies selain terkenal karena tokohnya, juga karena setting yang digunakan. Salah satu setting paling khas adalah bentuk rumah Teletubbies tersebut yang menyerupai “dome” atau kubah setengah setengah lingkaran yang mana jika ada sesuatu yang menyerupaina semisal bukit atau rumah, maka akan disebut sebagai “Bukit Teletubbies” atau “Rumah Teletubbies”.

Rumah Teletubbies

Tidak perlu sampai ke luar negeri untuk bisa mengunjungi lokasi bertemakan Teletubbies karena salah satu lokasi yang menggunakan nama Teletubbies sebagai ikon tersebut berada di Daerah Istimewa Yogyakarta. Adalah sebuah lokasi yang terletak di Desa Sumberharjo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman yang mengusung tema Telettubies dengan nama Desa Wisata Dome Teletubbies New Nglepen. Tema Teletubbies digunakan oleh desa ini karena arsitektur rumah dari warganya yang unik yaitu berupa “dome” setengah lingkaran; berbeda dengan arsitektur rumah seperti biasa.

Rumah Dome Teletubbies


Sejarah Kelam

Sejarah berdirinya Desa Wisata Dome Teletubbies New Nglepen ini tidak lepas dari bencana alam gempa bumi yang mengguncang Yogyakarta dan sekitarnya sebesar lebih dari 5 skala richter pada tahun 2006 silam. Bencana tersebut menyebabkan kerusakan parah, salah satunya adalah masyarakat Desa Nglepen yang harus kehilangan tempat tinggalnya yang roboh akibat gempa tersebut sehingga harus direlokasi ke tempat yang lebih aman.

Gempa Jogja 27 Mei 2006

Pembangunan rumah dome untuk masyaraklat Desa Nglepen dilakukan oleh lembaga non-pemerintah dan Domes for The World Foundation dengan donatur tunggal yaitu Mohammad Ali Alabar; pemilik Emaar Property Dubai sebagai bantuan kepada masyakat yang harus direlokasi dari tempat tinggal mereka sebelumnya. Peresmian dan penyerahan rumah dome tersebut dilaksanakan pada tanggal 29 April 2007 oleh Menteri Permukiman Hidup; Prof. Dr. Alwi Sihab.



Nama desa yang menjadi tempat relokasi bagi masyarakat Desa Nglepen tersebut adalah New Nglepen. Arsitektur berupa dome yang menjadi tempat tinggal masarakat New Nglepen tidak hanya memiliki kesan unik, tetapi juga merupakan arsitektur tahan gempa dan angin topan, serta anti kebakaran.

Selamat Datang di New Nglepen


Menuju Desa Wisata Dome Teletubbies New Nglepen

Mengunjungi dome teletubbies di New Nglepen bukanlah hal yang sulit. Jarak yang hanya sekitar 20,7 kilometer dari Tugu Jogja membuat jarak tempuh bukan lagi menjadi masalah, hanya membutuhkan sekitar 40 menit perjalanan saja. Akses jalan menuju Desa Wisata New Nglepen pun sudah baik dengan kondisi jalan yang sudah diaspal sehingga mulai dari motor hingga bus bisa menjangkau lokasi tersebut.

Rute termudah untuk menuju Desa Wisata New Nglepen dimulai dari menyusuri jalan utama Yogyakarta menuju Solo. Sesampainya di daerah Prambanan; tepatnya di Pasar Prambanan, perjalanan dilanjutkan dengan berbelok ke arah kanan menyusuri Jalan Raya Piyungan.

Menuju Dome Teketubbies via Ring Road Utara

Konsentrasi hendaknya ditingkatkan usai melewati jalan berkelok di sekitar Candi Ratu Boko. Akan terdapat sebuah plang penunjuk jalan di kiri jalan (timur jalan) yang akan menunjukkan arah ke “Desa Wisata Domes / Permukiman Teletabis).

Plang Arah Menuju Desa Wisata Dome Teletubbies

Ikuti plang penunjuk jalan tersebut yang mana perjalanan sekarang berbelok kiri atau ke arah timur dari Jalan Raya Piyungan sebelumnya. Cukup ikuti jalan utama tersebut, tentunya dengan memperhatikan plang penunjuk jalan menuju “Dome Teletubbies.”

Ikuti Jalan

Setelah sekitar 10 menit perjalanan dari Jalan Raya Piyungan, maka sampailah ke tujuan yaitu Desa Wisata New Nglepen. Tentunya tidaklah sulit untuk menemukan desa ini karena bentuk rumah warganya yang berbeda dari yang lain.


Desa Wisata Dome Teletubbies New Nglepen


Luas dari Desa Wisata New Nglepen kurang lebih adalah 2 hektar. Tersedia fasilitas umum yang cukup lengkap di desa ini seperti masjid, MCK, aula, dan klinik kesehatan. Terdapat 80 rumah yang ada di desa ini termasuk fasilitas umumnya. Ukuran dari rumah dome yang ada yaitu memiliki diameter seluas 7 meter dan tinggi 4,5 meter.

Masjid

Kini New Nglepen merupakan sebuah desa wisata yang ada di Daerah Istimewa Yogyakarta. Jelas saja bentuk rumah masyarakat yang ada merupakan hal unik yang menarik bagi para wisatawan. Perlu diketahui bahwa Desa Wisata New Nglepen ini merupakan satu-satunya desa dengan rumah dome di wilayah Asia Tenggara.

Posko Kesehatan Desa

Pihak pengelola juga telah melengkapi kawasan Desa Wisata Nglepen dengan fasilitas penunjang pariwisata. Desa Wisata New Nglepen menjadi tujuan wisatawan dengan kunjungan terbanyak pada tiap akhir pekan dan hari libur.

Dalam Dome

Tersedia penginapan bagi pengunjung yang ingin merasakan bagaimana rasanya tinggal di dalam rumah dome. Tersedia pula sarana hiburan seperti kereta mainan, pemancingan dan mandi bola untuk anak-anak, galeri rumah dome hingga persewaan sepeda unik.

Seputar Dome

Tidak hanya di area perkampungan Dome Teletubbies saja yang bisa dieksplor. Wisatawan juga dapat mengunjungi berbagai tempat di sekitar area dome. Tempat-tempat tersebut antara lain adalah:


1. Belik Wunut
Belik Wunut adalah semacam telaga yang terletak tidak jauh dari Dome Teletubbies. Nama Belik Wunut disematkan pada telaga ini karena sumber airnya yang berasal dari bawah pohon wunut yang sangat langka. Membutuhkan waktu perjalanan sekitar 15 menit dari dome.

2. Tanah Ambles
Tanah Ambles merupakan tempat yang sebelumnya merupakan lokasi Perkampungan Nglepen yang terdiri dari 17 kepala keluarga. Tanggal 27 Mei 2006 sekitar pukul 05.59 WIB terjadi gempa bumi berkekuatan 5,9 skala richter yang membuat kampung ini ambles hingga 2-3 meter, lebar sekitar 1-5 meter dan panjang sekitar 300 meter.

Sad

Akibat gempa bumi tersebut, Kampung Nglepen tidak lagi bisa untuk ditinggali sehingga masyarakatnya harus direlokasi ke tempat yang baru yang sekarang merupakan Desa Wisata Dome Teletubbies.

Reruntuhan Desa

Reruntuhan Desa

Terdapat satu telaga bernama Belik Cangkok yang merupakan sumber air Dusun Nglepen, akan tetapi tempat ini tertutup dari paket tracking karena konon angker. Terdapat pula Candi Kajiman, akan tetapi candi tersebut tidak tampak alias ghaib dan dipercaya masyarakat sebagai istana makhluk halus.

3. Bukit Teletubbies (Bukit Bulusari Sengir)
Berjalan menuju ke arah timur, maka akan ditemukan plang penunjuk jalan menuju “Bukit Teletubbies”. Bukit ini adalah titik tertinggi dari Desa Sumberharjo dengan waktu tempuh 10 menit dengan menggunakan motor, sementara jika berjalan kaki membutuhkan waktu 45 menit hingga 1 jam.


Pengunjung bisa menikmati pemandangan bentang alam dari ketinggian bukit. Apabila cuaca cerah, saat yang tepat berkunjung ke Bukit Teletubbies adalah menjelang petang untuk menikmati indahnya matahari terbenam. Rumah Dome Teletubbies juga tampak dari atas bukit Teletubbies ini yang mana terlihat seperti sekumpulan jamur berwarna putih.

Panorama dari Puncak Bukit

Desa Dome


Paket Wisata 

Tersedia berbagai paket wisata bagi pengunjung yang disediakan oleh pihak pengelola Desa Wisata Dome Teletubbies New Nglepen bagi wisatawan yang ingin melakukan aktivitas wisata. Paket-paket tersebut adalah: 


1. Paket Fun Game
Biaya : Rp15.000,00 per permainan atau per orang
Fasilitas:
Aula
Pemandu
Sample Rumah Dome
Badut Teletubbies

Permainan:
Tangkap Belut
Bakiak
Estafet Air
Snow Ball


2. Paket Tracking
Biaya : Rp15.000,00 per orang
Fasilitas:
Pemandu
Sample Rumah Dome
Badut Teletubbies

Tracking:

Peternakan
Belik Wunut
Tanah Ambles


3. Paket Kegiatan
Pembuatan Emping Garut
Rp15.000,00 per orang

Pembuatan Suvenir

Rp15.000,00 per orang

Paket Outbond untuk Dewasa

Rp25.000,00 per game atau per orang


4. Paket Kesenian
Ronda Tek-tek
Karawitan
Jathilan
Campur Sari


5. Paket Ulang Tahun
Biaya : Nego
Fasilitas:
Tempat dan dekorasi
Badut Teletubbies
Sound System
Organ
Dokumentasi


6. Paket Homestay
Biaya : Rp120.000,00
Fasilitas:
Makan 2x
Snack Welcome Drink
Pemandu


7. Paket Gempa
Biaya : Rp15.000,00 per orang
Fasilitas:
Pemandu
Sample Rumah Dome
Pemutaran Video Gempa
Badut Teletubbies

Terdapat beberapa ketentuan bagi wisatawan untuk dapat menikmati layanan paket tersebut. Ketentuan-ketentuan tersebut adalah


1. Minimal paket adalah 25 orang
2. Pembatalan pemesanan dikenakan biaya 25% dari harga paket
3. Paket makanan dan snack harga nego
4. Harga bisa berubah sewaktu-waktu


Wisatawan yang ingin berkunjung dan menggunakan layanan paket wisata Desa Wisata Dome Teletubbies New Nglepen dapat menghubungi pihak pengelola terlebih dahulu; baik untuk bertanya-tanya atau langsung memesan paket. Hal terpenting saat menghubungi pihak pengelola desa wisata; baik melalui telefon, Whatsapp, atau SMS adalah jangan lupa untuk menyebutkan nama dan asal saat pertama kali menghubungi. Pemesanan juga dapat dilakukan melalui email.


Kontak:
1. Sulasmono
085643657751

2. Sakiran

081327191604

Email

monoxdomes2@gmail.com

Instagram 

@rumahdomesteletubies

2 comments:

  1. Saya blm pernah ke dome, boleh nih diagendakan ngeteip kesana. Penasaran sama film tentang gempanya. Thanks for share mas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama jelajah daerah di sekitarnya juga bang karena banyak yang menarik juga selain Desa Dome nya...

      Sipp.. Sami-sami..

      Delete

Terima Kasih Atas Kunjungan Anda