Laman

Monday, 14 November 2016

PESONA PANORAMA KEBUN BUAH MANGUNAN

Bicara mengenai wisata di Yogyakarta tentunya seakan terasa tidak ada habisnya. Yogyakarta memang menjadi primadona bagi para wisatawan, baik dari dalam negeri maupun wisatawan manca negara. Kebudayaan memang menjadi salah satu magnet wisata yang sangat kuat di Yogyakarta dengan nuansa kebudayaan yang masih begitu kental dalam keseharian hidup masyarakatnya. Bahkan kuatnya wisata budaya di Yogyakarta membuatnya mendapat julukan sebagai Kota Budaya. Tidak hanya wisata budaya saja, Yogyakarta juga turut menawarkan wisata alamnya yang juga menyajikan keindahan yang luar biasa. Salah satu destinasi wisata alam di Yogyakarta adalah Kebun Buah Mangunan.




Wisata alam di Kebun Buah Mangunan menjadi salah satu tujuan utama destinasi wisata alam di Yogyakarta. Letak dari Kebun Buah Mangunan juga tidak terlalu jauh dari pusat Kota Yogyakarta, tepatnya di Mangunan, Dlingo, Kabupaten Bantul. Jarak tempuh yang hanya 23,5 kilometer dari Tugu Jogja serta akses jalan yang bagus membuat Kebun Buah Mangunan layak untuk menjadi destinasi utama wisata alam di Yogyakarta. Menuju Kebun Buah Mangunan juga tidaklah sulit, yang harus dilakukan adalah menuju Terminal Bus Giwangan yang terletak di Ring Road Selatan. Perjalanan selanjutnya adalah sebagai berikut:


  • Pilih arah selatan dari Terminal Giwangan yang mana terdapat perempatan yang melintasi Ring Road Selatan memasuki Jalan Imogiri Timur.


  • Terus ikuti jalan Imogiri Timur tersebut hingga nanti sampai ke sebuah pertigaan di sebelah selatan Pasar Imogiri di kanan jalan.



  • Ambil jalan ke arah timur (kiri) yaitu Jalan Makam Raja kemudian berbelok kanan saat tiba di pertigaan lagi yang mana jika lurus adalah menuju makan raja, sementara jika berbelok kanan memasuki jalan Imogiri-Dlingo adalah arah menuju Dlingo dan Kebun Buah Mangunan.
Ambil Arah Kiri

Kiri Lagi


Belok Kanan

  • Cukup ikuti saja jalan Imogiri-Dlingo tersebut, kondisi jalan mulai sedikit menanjak dengan medan berupa perbukitan.
Rute Perbukitan
  • Belok Kanan saat Anda sampai di sebuah petunjuk arah dengan tulisan “MANGUNAN” yang cukup besar, mulai dari sini jalan menuju Kebun Buah Mangunan sudah tidak begitu sulit karena banyaknya plang petunjuk arah yang ada.
Belok Kanan

Ikuti Petunjuk Arah

Kebun Buah Mangunan memang tidaklah sulit untuk dicapai, yang harus diperhatikan adalah kondisi jalan yang harus dilalui. Seperti yang sudah tertulis sebelumnya, jalanan mulai menanjak saat memasuki Jalan Imogiri-Dlingo sekaligus memasuki kawasan perbukitan yang berkelok. Saat mendekati Kebun Buah Mangunan kondisi jalan menjadi lebih sempit dan juga menanjak sehingga membutuhka konsentrasi yang lebih. Ada beberapa titik yang bahkan memiliki kemiringan yang terjal sehingga kondisi kendaraan haruslah prima agar bisa melaluinya.

Sampai

Perjalanan melewati jalan yang menanjak dan berkelok pun seakan terbayar lunas saat Anda sampai di Kebun Buah Mangunan. Seperti dengan namanya, tempat ini merupakan sebuah kebun buah yang cukup luas sehingga keberadaan pepohonan dengan buahnya di kanan-kiri jalan akan menghiasi pandangan mata. 

Area Parkir

Pesona berupa bentang alam luas yang menakjubkan dapat ditemukan setelah berjalan kaki selama sekitar 5 menit dari tempat parkir yang disediakan menuju Puncak Mangunan. Usai berjalan kaki sebentar, maka sampailah di suatu tempat bernama Puncak Mangunan dengan panorama yang spektakuler.

Jalan Kaki Menuju Puncak Mangunan

Panorama alam yang tersaji di depan mata sungguh sangat mempesona. Bentang alam pegunungan hijau di selatan Yogyakarta seakan memberikan kedamaian bagi suasana hati. Sungai yang berkelok tepat di bawah semakin menambah keeksotisan panorama alam dari Puncak Mangunan. Perhatikan pula sebuah jembatan gantung yang berdiri tegak membelah sungai; itulah JEMBATAN GANTUNG SELOPAMIORO


Jembatan tersebut terlihat begitu kecil dari ketinggian bersandingan dengan perkampungan bagaikan mainan miniatur anak-anak. Jika beruntung pantai selatan di ujung daratan juga bisa disaksikan dari ketinggian. Terdapat banyak tempat beristirahat yang bisa digunakan untuk duduk-duduk santai menikmati suasana.




Kebun Buah mangunan buka sejak pukul 04.30 WIB hingga 18.00 WIB. Waktu terbaik untuk berkunjung adalah saat pagi hari sekitar pukul 05.30 WIB – 07.00 WIB. Panorama di pagi hari pun akan terlihat lebih menakjubkan dengan kabut yang menyelimuti aliran sungai sehingga terlihat seperti sungai awan yang berkelok membelah kawasan perbukitan selatan Yogyakarta. Waktu yang juga tepat untuk berkunjung ke Kebun Buah Mangunan adalah saat menjelang matahari terbenam sembari melihat matahari terbenam.

Sungai Kabut Mangunan
Sumber: Instagram @kebunbuahmangunan

Biaya yang harus dibayarkan untuk menikmati keindahan Kebun Buah Mangunan pun sangat terjangkau. Hanya dengan tarif tiket masuk sebesar Rp 5.000,00 saja, destinasi wisata Kebun Buah Mangunan tentunya juga sangat pas untuk kesehatan kantong.


Peta Menuju Kebun Buah Mangunan dari Terminal Giwangan

No comments:

Post a Comment