Laman

Tuesday, 22 November 2016

SANGIRAN: MENILIK SEJARAH PERADABAN PURBA NUSANTARA

Kemajuan peradaban manusia memang begitu pesat pada zaman modern ini. Berbagai kemajuan ilmu dan teknologi dapat dengan mudah ditemukan di kehdupan manusia sehari-hari. Akan tetapi semaju-majunya peradaban manusia sekarang, semua tentu membutuhkan proses yang begitu panjang. Jika garis waktu ditarik mundur, manusia telah melalui ribuan tahun peradaban yang terus berkembang dari waktu ke waktu. Bahkan tidak hanya kehidupan manusia saja, melainkan seluruh kehidupan di alam semesta ini.

Museum Purba Sangiran

Melihat kehidupan sekarang ini, tentunya cukup sulit untuk membayangkan kehidupan pada zaman dahulu terutama pada masa pra sejarah. Zaman di mana perkembangan ilmu pengetahuan masih sangat terbatas. Tentunya akan sangat menyenangkan apabila ada mesin waktu yang akan membawa kita untuk melihat-lihat masa tersebut. Kabar baiknya mesin waktu itu ada di dunia nyata berupa sebuah bangunan yaitu Museum Purba Sangiran.

Museum Purba Sangiran


Menuju Sangiran

Museum Purba Sangiran terletak di Jalan Sangiran KM. 4, Krikilan, Kalijamber 57275, Kabupaten Sragen, Provinsi Jawa Tengah. Jarak tempuh dari Balai Kota Surakarta hanya sekitar 20 kilometer saja dengan waktu tempuh kurang-lebih selama 40 menit dengan kendaraan pribadi. Jalur termudah adalah melalui Jalan Raya Solo-Purwodadi menuju arah utara. Akan ada plang di kanan jalan dan gapura dengan nuansa purbakala yang menjadi petunjuk arah menuju Sangiran. Cukup ikuti saja plang yang ada untuk sampai di Sangiran.

Menuju Museum Purba Sangiran

Akses jalan menuju Sangiran sudah baik dengan kondisi jalan yang diaspal, terlebih jalan raya yang dilewati adalah penghubung utama Solo-Purwodadi dan alternatif jalan Solo-Semarang. Akan tetapi kondisi jalan yang sempit dan ramai membuat konsentrasi dan kehati-hatian harus ditingkatkan. Banyak juga terdapat lubang sehingga membutuhkan kewaspadaan lebih.


Museum Purba Sangiran

Letak dari Museum Purba Sangiran berada di tengah perkampungan masyarakat, akan tetapi keberadaannya bukanlah hal yang sulit untuk ditemukan. Saat mulai banyak toko yang menjual suvenir khas sangiran, maka perjalanan sebentar lagi akan sampai tujuan. Plang penunjuk arah akan senantiasa memandu hingga sampai tujuan.

Museum Purba Sangiran

Museum Purba Sangiran berdiri di sekitar situs Sangiran yang memiliki luas hingga 56 km2. Koleksi museum ini adalah fosil-fosil hingga artefak-artefak kehidupan pra sejarah yang ditemukan dari penggalian di situs Sangiran. Temuan ini menjadi bahan penelitian para peneliti di seluruh dunia untuk mengetahui jejak kehidupan pra sejarah; bukan hanya di sekitar Situs Sangiran saja, melainkan di seluruh dunia.

Lorong Museum

Lengkapnya koleksi peninggalan kehidupan pra sejarah di Museum Purba Sangiran membuatnya menjadi destinasi wisata yang menarik sekaligus sebagai lahan penelitian kehidupan purbakala terpenting dan terlengkap di Asia, bahkan di seluruh dunia. Museum Purba Sangiran beserta Situs Purbakala Sangiran juga masuk ke dalam daftar situs warisan dunia UNESCO.

Teori Evolusi

Pengunjung dapat berekreasi sekaligus memperluas wawasan mengenai sejarah kehidupan di Museum Sangiran ini. Informasi yang ada di museum ini pun begitu lengkap; mulai dari penjelasan teori evolusi oleh Charles Darwin, informasi mengenai fosil-fosil dan artefak yang ada, perkembangan bentuk muka bumi sejak berupa benua raksasa Pangea hingga proses penyebaran manusia purba sampai manusia modern.

Teori Evolusi Manusia

Semua informasi disajikan dengan begitu jelas lengkap dengan gambar ilustrasinya sehingga pengunjung bisa membayangkan bagaimana gambaran kehidupan masa lalu.

Fosil Gajah Purba

Tiket masuk ke Musium Purba Sangiran tidaklah mahal sehingga sangat terjangkau bagi masyarakat; baik yang ingin berwisata maupun belajar sejarah purbakala. Harga tiket untuk pengunjung domestik adalah Rp5.000,00 sementara harga untuk pengunjung asing adalah sebesar Rp11.500,00. Biaya parkir untuk kendaraan roda 2 adalah Rp2.000,00 dan kendaraan roda 4 adalah Rp5.000,00.

Proses Penyebaran Manusia di Seluruh Dunia
(Kita berasal dari satu ibu di Afrika???)

Terdapat pula fasilitas pemutaran film yang menayangkan pengetahuan mengenai kehidupan purbakala sebesar Rp60.000,00 per pemutaran untuk 60-70 orang. Tersedia pula jasa pemandu wisata untuk membantu menjelaskan kepada pengunjung mengenai informasi koleksi-koleksi yang ada dengan biaya sebesar Rp50.000,00 saja.

Tarif Museum Purba Sangiran

Museum Purba Sangiran selalu ramai oleh pengunjung terutama pada akhir pekan atau hari libur. Pengunjungnya pun dari berbagai kalangan, seringkali pada akhir pekan rombongan besar pelajar sekolah dasar datang dengan menggunakan bus untuk menambah wawasan mengenai kehidupan pra sejarah. Banyak pula pengunjung asing yang mengunjungi museum ini, mereka sangat tertarik dengan ilmu pengetahuan yang dapat dipelajari di museum ini.

Fosil Banteng Purba

Tiket masuk domestik
  • Rp5.000,00

Tiket masuk asing
  • Rp11.500,00

Parkir roda dua
  • Rp2.000,00

Parkir mobil
  • Rp5.000,00

Pemutaran film
  • Rp60.000,00 per pemutaran (60-70 orang)

Guide
  • Rp50.000,00

Alamat web resmi

HARI SENIN TUTUP

Museum Purba Sangiran

No comments:

Post a Comment