Laman

Thursday, 29 December 2016

MENGEJAR SENJA DI EMBUNG NGLANGGERAN

Kabupaten Gunung Kidul akhir-akhir ini memang selalu memunculkan pesona-pesonanya yang seakan tidak pernah habis. Jika dahulu tujuan para wisatawan ke Gunung Kidul adalah untuk mengunjungi pantai-pantainya, kini semakin banyak pula destinasi-destinasi wisata lainnya yang menawarkan pemandangan yang indah.

Embung Nglanggeran


Embung Nglanggeran adalah salah satu dari spot wisata di Kabupaten Gunung Kidul. Memang fungsi utama embung adalah sebagai sarana pengairan untuk lahan persawahan dan perkebunan, akan tetapi adanya embung juga berfungsi untuk keperluan wisata. Keberadaan Embung Nglanggeran memang masih termasuk baru karena baru diresmikan oleh Gubernur Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta; Sri Sultan Hamengkubuwono X pada tanggal 19 Februari 2013.

Sri Sultan Hamengkubuwono X


Menuju Embung Nglanggeran

Letak Embung Nglanggeran tidaklah terlalu jauh dari pusat Kota Yogyakarta. Detail lokasinya terletak di Dusun Nglanggeran Wetan, Kelurahan Nglanggeran, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunung Kidul. Embung Nglanggeran menjadi terkenal karena lokasinya yang berdekatan dengan obyek ekowisata Gunung Api Purba Nglanggeran yang terlebih dahulu terkenal.

Gunung Kidul Handayani

Menuju Embung Nglanggeran merupakan suatu hal yang mudah karena waktu tempuh dari Yogyakarta yang relatif singkat, hanya sekitar 1 jam saja. Selain jaraknya dekat, akses jalan menuju lokasi juga sudah baik karena memang berdekatan dengan Gunung Api Purba Nglanggeran yang merupakan destinasi wisata andalan Kabupatenn Gunung Kidul.

Yogyakarta-Embung Nglanggeran

Rute menuju Embung Nglanggeran sama dengan rute menuju Gunung Api Purba Nglanggeran. Cukup mengikuti jalan utama menuju Kota Wonosari melalui jalan utama Yogyakarta-Wonosari melewati Gapura Kabupaten Gunung Kidul. 

Ikuti Plang Penunjuk Jalan

Elanjutnya tinggal ikuti plang petunjuk arah menuju Nglanggeran yang cukup jelas dapat dijumpai di pinggir jalan. Plang penunjuk jalan menuju Embung Nglanggeran juga sudah tersedia saat melewati jalan yang lebih sempit dan berkelok menuju Nglanggeran.

Belok Kiri


Pesona Embung Nglanggeran

Sesampainya di kawasan Embung Nglanggeran, sebuah area parkir kendaraan yang luas telah tersedia untuk memarkirkan kendaraan. Pemandangan dari area parkir kendaraan adalah sambutan pertama yang tersaji di kawasan Embung Nglanggeran ini dengan view Gunung Api Purba Nglanggeran di sisi barat laut, sementara Embung Nganggeran tapak menjulang tinggi di sebelah timur.

Gunung Api Purba Nglanggeran

Area parkir kendaraan memang berada lebih rendah dari Embung Nglanggeran sehingga memerlukan sedikit usaha untuk mencapainya. Jalan yang sedikit menanjak dan anak tangga harus ditempuh untuk mencapai Embung Nglanggeran, tetapi hal ini bukanlah hal yang perlu dikhawatirkan karena jaraknya tidak begitu jauh.

Area Parkir

Usai menapaki anak tangga yang cukup melelahkan, sampailah perjalanan di Embung Nglanggeran. Embung yang membentang seluas 20 hektar seakan memberikan ucapan selamat usai menapaki anak tangga tersebut.

Embung Nglanggeran

Posisi embung yang berada di ketinggian membuat pemandangan menjadi terbuka, terutama di sebelah selatan dan barat. Sementara pemandangan ke arah utara dan timur tidak terlihat karena tertutup oleh bentang pegunungan.

Embung Nglanggeran

Lokasi Embung Nglanggeran menjadi spot favorit untuk melakukan selfie dengan latar pemandangan berupa embung dan Gunung Api Purba Nglanggeran. Waktu terbaik untuk berkunjung adalah saat sore hari. Menikmati senja di Embung Nglanggeran dengan semilir angin yang berhembus akan membawa rasa kedamaian di dalam hati.

Suatu Senja di Nglanggeran

Pemandangan ke arah barat yang terbuka membuat indahnya matahari terbenam dapat dinikmati dengan catatan jika cuaca cerah. Sebaiknya jangan berkunjung saat siang hari karena cuaca akan sangat panas, akan tetapi sudah tersedia banyak tempat berteduh di sekitar embung. Saat kembali ke Yogyakarta usai matahari terbenam, pemandangan indah akan tersaji di Bukit Bintang berupa cahaya lampu Kota Yogyakarta dari ketinggian.

Menuju Senja di Embung Nglanggeran

Info
Tiket masuk
Rp10.000,00 per orang

Parkir motor
Rp2.000,00

Fasilitas
Area parkir, mushalla, toilet, warung makan, kios suvenir

Waktu kunjungan terbaik:
Sore hari menjelang matahari terbenam

Bonus: Bintang Dunia dari Bukit Bintang

2 comments: