Laman

Monday, 12 December 2016

PESONA KEINDAHAN GOLDEN SUNSET PUNCAK BECICI

Yogyakarta kembali menawarkan sebuah spot wisata alam baru yang menyimpan panorama keindahan alamnya yang luar biasa. Memang pariwisata Yogyakarta semakin berkembang dari waktu ke waktu terutama dalam kurun waktu 3 tahun ini. Banyak sekali spot-spot wisata baru yang satu demi satu bermunculan dan menjadi populer lewat foto-foto yang diposting oleh para pengunjung.

Puncak Becici; Dlingo, Bantul, Yogyakarta

Salah satu spot wisata yang ada di Yogyakarta adalah Puncak Becici. Jika berbicara mengenai puncak, tentu yang ada di dalam benak adalah sebuah puncak yang berada di atas sebuah gunung setinggi ribuan meter di atas permukaan laut dengan jarak tempuh berjalan kaki selama berjam-jam. Akan tetapi Puncak Becici tidaklah demikian karena aksesnya cukup mudah dan dapat ditempuh menggunakan kendaraan dengan jarak tempuh yang singkat dari Kota Yogyakarta.


Menuju Puncak Becici

Mengunjungi Puncak Becici bukanlah merupakan hal yang sulit, meskipun letaknya berada di tengah hamparan pegunungan selatan Yogyakarta. Akses jalan yang sudah baik dengan lapisan aspalnya membuat kekhawatiran mengenai masalah prasarana penunjang berupa akses jalan menjadi sirna.

Kendaraan mulai dari sepeda motor hingga bus besar semuanya dapat menjangkau kawasan Puncak Becici. Satu hal yang perlu diperhatikan adalah jalan menuju Puncak Becici cukup berkelok dan menanjak sehingga diperlukan kondisi kendaraan yang optimal. Tentu semua orang tidak ingin rencana berwisata untuk bersenang-senangnya menjadi sirna karena masalah pada kendaraannya.

Bukit Bintang - Puncak Becici

Puncak Becici dapat dicapai hanya dalam waktu kurang-lebih satu jam dari Kota Yogyakarta. Rute termudah yang dapat digunakan adalah melalui jalan utama Yogyakarta-Gunung Kidul yang melewati Kecamatan Pathuk yang mana terdapat Bukit Bintang dengan panorama spektakulernya berupa kerlap-kerlip cahaya lampu Yogyakarta seperti bintang di atas permukaan bumi. Cukup terus melaju ke arah Gunung Kidul dari kawasan Bukit Bintang kemudian usai melewati gapura selamat datang di Gunung Kidul, perjalanan dilanjutkan dengan berbelok ke arah kanan pada percabangan pertama ke arah kanan menuju Dlingo.

Gapura Selamat Datang di Gunung Kidul

Terus saja mengikuti jalan tersebut yang sudah diaspal dengan baik. Akan ditemukan banyak plang penunjuk yang akan mengarahkan pengunjung menuju Puncak Becici. Seperti yang sudah dijelaskan tadi, kondisi jalan sudah cukup baik dan juga cukup luas untuk dilalui. Usai melewati jalan aspal yang berkelok dengan dipandu oleh plang penunjuk arah yang dijumpai di beberapa titik, sampailah perjalanan di Puncak Becici. Sebuah tulisan cukup besar yang menempel di lereng bukit menjadi penanda bahwa perjalanan telah sampai di Kawasan Puncak Becici.


Puncak Becici

Puncak Becici sendiri tepatnya terletak di Gunungcilik RT. 07 / RW. 02, Muntuk, Dlingo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Letak Puncak Becici sendiri cukup tersembunyi di antara pegunungan dan hutan pinus sehingga memunculkan suasana alam yang asri. Suasana hutan khas hutan pinus dengan pepohonannya yang menjulang tinggi dan rindang menyambut kedatangan pengunjung setelah memarkirkan kendaraan di area parkir yang disediakan.

Hutan Pinus

Mengenai biaya, pengunjung tidak perlu khawatir karena tarif yang harus dibayarkan adalah tarif parkir kendaraan yaitu hanya sebesar Rp3.000,00 untuk sepeda motor. Sementara untuk tiket masuknya sendiri pengunjung hanya perlu membayar seikhlasnya pada tempat semacam kotak infaq yang terdapat di tengah pintu masuk. Dana yang terkumpul nantinya akan digunakan untuk terus membenahi kawasan wisara Puncak Becici tersebut.

Hutan Pinus

Pengunjung harus berjalan kaki menyusuri jalan setapak di tengah-tengah hutan pinus untuk mencapai Puncak Becici selama kurang-lebih 5 menit saja. Jangan dibayangkan bahwa perjalanan tersebut akan berat dengan tanjakan yang terjal, malah sebaliknya karena jalan kaki di tengah hutan pinus tersebut akan sangat menyenangkan dengan suasana hutan yang rimbun dan sejuk. Tentu jangan khawatir tersesat karena jalan setapak sudah jelas dan dilengkapi dengan papan petunjuk arah yang cukup jelas.


Jalan Setapak

Setelah berjalan menyusuri jalan setapak di tengah hutan pinus. Sampailah kedua kaki di tempat dengan pemandangan terbuka yang membentang luas di sisi barat dan utara. Ya, itulah Puncak Becici yang tentu pemandangannya akan membuat takjub siapapun yang baru saja sampai di sana. Pemandangan berupa hamparan luas pegunungan dan persawahan yang menghijau akan mendamaikan hati siapapun yang sedang galau.

Puncak Becici

Pemandangan akan semakin dipercantik dengan bentang Kota Yogyakarta berupa gedung-gedung dan bangunannya yang terlihat sangat kecil dari Puncak Becici. Tidak ketinggalan 2 gunung besar yaitu Gunung Merapi dan gunung Sumbing yang menghiasi ujung langit utara dan barat laut di atas Puncak Becici. Jika beruntung, saat cuaca cerah lautan di sebelah tenggara juga akan terlihat indah dengan memantulkan sinar matahari yang mendamaikan hati.

Kota Yogyakarta

Golden Suset

Hanya dengan membayangkan saja pemandangan-pemandangan yang sudah dijelaskan tadi, tentu rasanya seakan itulah atraksi utama yang disajikan di Puncak Becici. Akan tetapi atraksi utama di Puncak Becici baru akan terjadi pada saat sore hari dengan catatan cuaca saat itu cerah terutama di sebelah barat.

Pemandangan Sore

Ketika sore hari jelas saja matahari mulai bergerak ke ufuk barat yang mana tentu akan memancarkan sinar oranye syahdunya. Beruntung karena dari Puncak Becici pemandangan ke arah tempat peraduan sang surya terlihat jelas. Pemandangan matahari yang perlahan-lahan turun menuju kaki langit sebelah barat terlihat sangat begitu indah.

Menuju Senja

Sore hari pun menjadi waktu yang paling pas untuk berkunjung ke Puncak Becici karena pada waktu inilah atraksi utama di Puncak Becici disajikan. Jika biasanya keindahan matahari terbenam kebanyakan hanya bisa disaksikan di atas gunung-gunung tinggi yang membutuhkan perjuangan, maka keindahan golden sunset di Puncak Becici dapat dengan mudah dinikmati.

The Golden Sunset of Yogyakarta

Usai matahari menghilang pun masih ada atraksi keindahan lain yang dapat dinikmati di Puncak Becici. Usai sayup-sayup kumandang adzan maghrib yang bersahut-sahutan, cahaya lampu Kota Yogyakarta mulai tampak bagaikan bintang-bintang yang bertaburan di permukaan bumi. Pukul 19.00 WIB adalah saat di mana kunjungan wisata ke Puncak Becici harus diakhiri karena sudah waktunya untuk tutup.

Bintang Dunia (Duh, Tripodku Ketinggalan)


Info

Tarif parkir
Rp3.000,00 (Sepeda Motor)

Tarif Masuk
-Seikhlasnya-

Jam Buka
05.00 WIB - 19.00 WIB

Waktu Kunjungan Terbaik
Sore hari menjelang matahari terbenam

Bonus

Video Pesona Puncak Becici

4 comments:

  1. Pemandangannya memang bagus ketika sunset, ya kalau ada waktu aku akan kesini lagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yoi bung.. Emang sunsetnya keren abis, jadi wajib buat ke sini lagi buat lihat sunset...

      Terima kasih sudah berkunjung...

      Delete
  2. Alhamdulillah, bisa posting golden sunset yg keren nih
    Uti seneng banget liatnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Monggo mampir ke Puncak Becici sewaktu sore untuk menikmati indahnya sunset...

      Delete