Laman

Friday, 17 February 2017

KALIBIRU; SANG PERMATA PEGUNUNGAN MENOREH

Kabupaten Kulon Progo merupakan kabupaten yang terletak di sisi paling barat dari Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Kabupaten yang berpusat di Kota Wates ini berbatasan dengan Kabupaten Purworejo di sisi barat dan Kabupaten Magelang di sisi utara yang merupakan bagian dari Provinsi Jawa Tengah. Kulon Progo bersal dari kata kulon yang berarti barat dan progo yaitu nama sungai besar di Yogyakarta, yang mana arti Kulon Progo adalah barat Sungai Progo.

Kawasan Wisata Kalibiru

Topgrafi Kabupaten Kulon Progo sebagian besar didominasi oleh pegunungan di sebelah utara yang merupakan jajaran Pegunungan Menoreh yang membentang di sisi barat Yogyakarta. Sementara itu wilayah yang merupakan dataran rendah menjadi rute jalan utama yang menghubungkan Yogyakarta dengan Jawa Tengah. Perkembangan sektor Pariwisata yang di Kulon Progo juga turut menggeliat seiring dengan pesatnya perkembangan wisata di DIY.

Kulon Progo


Profil Kalibiru

Nama Kalibiru mulai mencuat di kalangan para traveller dalam beberapa tahun ini. Peran media sosial yang juga semakin pesat perkembangan teknologinya membuat tempat-tempat baru semakin mudah untuk diekspos oleh masyarakat luas. Letak Kalibiru ada di tengah hamparan Pegunungan Menoreh di sisi selatan. Mungkin tidak ada yang menyangka sebelumnya bahwa terdapat spot keren di tengah hamparan hijau pegunungan tersebut.

Kalibiru

Kalibiru adalah obyek wisata yang terletak di kawasan Hkm (Hutan Kemasyarakatan) petak 29/30, Hargowilis, Kokap, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta. Berada di ketinggian 450 meter di atas permukaan laut, Kalibiru berjarak sekitar 33 km dari Kota Yogyakarta dan sekitar 10 kilometer dari Kota Wates. Kawasan wisata ini dibangun atas inisiatif masyarakat sekitar hutan negara yang menginginkan kawasan hutan tersebut tetap lestari. Pengembangan kawasan wisata Kalibiru dimulai sejak tahun 2008 dengan melewati proses yang panjang dari awal dikembangkan hingga akhirnya ramai pengunjung seperti sekarang ini.


Bersama Pak Sariman; Pengelola Kalibiru

Saat ini kawasan wisata Kalibiru telah berhasil memberdayakan masyarakat setempat. Keberadaan Kalibiru yang selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan membuat masyarakat dapat mencari rezeki dengan berdagang atau menjadi karyawan. Kawasan wisata Kalibiru kini memiliki 80 karyawan tetap dan 40 karyawan freelance yang mana mereka mendapatkan gaji sesuai UMP Kabupaten Kulon Progo.


Menuju Kalibiru

Menuju Kalibiru dari Kota Yogyakarta pertama-tama adalah dengan mengikuti jalan utama menuju Wates. Usai melewati jembatan besar yang melintas di atas Kali Progo yang mana otomatis telah memasuki Kabupaten Kulon Progo, maka hendak bersiap untuk berbelok kanan meninggalkan jalan utama tersebut. Perhatikan plang arah yang menunjukkan jika lurus menuju Purworejo dan jika belok kanan ke Pengasih dan Sermo. Ambil belokan ke arah Pengasih dan Sermo tersebut.

Plang Arah Pengasih/Sermo dari Jalan Raya

Cukup ikuti jalan tersebut hingga nantinya kembali dijumpai plang yang menunjukkan jika lurus adalah ke Kota Wates, Waduk Sermo, dan Pengasih, sementara jika belok kanan akan menuju ke Clereng. Ambil jalan ke arah kanan tersebut dan kembali lagi ikuti jalan tersebut yang kondisinya sudah cukup baik. Nantinya akan banyak dijumpai plang penunjuk arah untuk menuju ke Kalibiru.



Satu hal yang perlu diperhatikan adalah kondisi jalan saat mulai memasuki wilayah Perbukitan Menoreh cukup menanjak. Keadaan kendaraan baik itu motor maupun mobil haruslah cukup prima untuk bisa melewati tanjakan tersebut. Kendaraan paling besar yang bisa digunakan untuk mengakses Kalibiru adalah bus kecil, tentu saja juga harus berkonsultasi dengan pemilik armada terlebih dahulu apakah bisa untuk mencapai Kalibiru.

Kondisi jalan menjelang Kalibiru juga tidaklah terlalu luas sehingga di beberapa belokan tajam yang menanjak cukup rawan untuk dilewati. Akan tetapi dari pihak Kalibiru menempatkan petugasnya di belokan tajam tersebut untuk membantu memandu pengunjung melintasinya sekaligus menangani persimpangan dengan kendaraan lain.


Kawasan Wisata Kalibiru

Tak lama kemudian perjalanan akan sampai di tempat tujuan yaitu Kawasan Wisata Kalibiru. Kawasan parkir bukanlah masalah karena telah tersedia banyak lahan parkir yang ada. Pengelolaan lahan parkir juga sudah begitu baik dengan tiket dan petugas yang berjaga di sana. Lahan parkir yang tersedia juga cukup luas sehingga dapat menampung banyak kendaraan pengunjung.

Tanjakan Memasuki Kawasan Wisata Kalibiru

Usai memarkir kendaraan, yang harus dihadapi selanjutnya adalah tanjakan yang cukup tajam sehingga membutuhkan kekuatan fisik untuk melaluinya. Setelah beberapa saat berjalan maka akan dijumpai ticket box untuk memasuki Kawasan Wisata Kalibiru. Harga tiket juga sangat terjangkau yaitu Rp5.000,00 saat hari biasa dan Rp10.000,00 saat hari libur atau akhir pekan. Masih ada jalan menanjak yang harus dilalui usai ticket box, akan tetapi tidak perlu khawatir karena perjalanan sudah sangat dekat dengan lokasi utama kawasan wisata Kalibiru.

Selamat Datang di Kalibiru

Sebuah air mancur yang berbentuk unik menjadi spot pertama yang menyambut pengunjung. Air mancur ini biasa digunakan oleh pengunjung sebagai spot foto karena terdapat tulisan “KALIBIRU” sebagai penanda pernah mengunjunginya. Sedikit menaiki tangga maka sampailah juga di tempat yang terdapat atraksi utama Kalibiru. Tempat ini merupakan sebuah puncak bukit yang memiliki pemandangan spektakuler. Bentang alam berupa hamparan pegunungan hijau tentu akan mendamaikan hati siapa pun yang melihatnya. Pemandangan paling spesial dari Kalibiru adalah Waduk Sermo dari ketinggian yang terlihat begitu memesona.

Spot Foto Hitz Kalibiru

Lokasi ini menjadi salah satu tempat berfoto yang hit di Daerah Istimewa Yogyakarta. Pengelola pun begitu jeli memanfaatkan potensi yang ada dengan menambahkan spot-spot khusus untuk berfoto dengan latar belakang yang spektakuler. Selain memiliki latar belakang yang bagus, pengelola juga turut mengutamakan faktor keselamatan dengan melengkapi spot-spot tersebut dengan tali pengaman dan juga menempatkan pemandu untuk memastikan keamanan pengunjung.

Hitz dan Romantis

Total terdapat 5 spot yang khusus disediakan oleh pihak pengelola untuk berfoto. Kelima spot tersebut berlatar belakang Pegunungan Menoreh dan juga pemandangan Waduk Sermo dari ketinggian. Cukup membayar Rp15.000,00 untuk berfoto di spot-spot dengan latar belakang yang indah tersebut. Fasilitas fotografer juga telah tersedia di Kalibiru dengan perangkat kamera dan lampu flash yang canggih sehingga akan menghasilkan foto yang bagus. Tarif untuk fotografer adalah Rp20.000,00 yang mana nantinya pengunjung akan mendapatkan soft file. Pengunjung juga bisa untuk berfoto sendiri tanpa menggunakan jasa fotografer tersebut.

Papan Informasi Wahana Wisata Kalibiru

Memang spot-spot foto tersebut menjadi tujuan utama pengunjung yang datang ke Kalibiru mengingat indahnya hasil foto yang dihasilkan nanti. Akan tetapi perlu diketahui bahwa jika banyak pengunjung, maka pengunjung harus rela mengantre untuk mendapatkan giliran berfoto di spot-spot tersebut. Bahkan jika akhir pekan pengunjung harus rela untuk mengantri hingga 6 jam lamanya dan antrean untuk spot-spot tersebut sudah ditutup sejak pukul 11.00 WIB.

Foto Hitz

Fasilitas-fasilitas yang ada di Kalibiru sudah termasuk lengkap. Terdapat pondok wisata yang dibangun pengelola dan disewakan untuk tempat menginap wisatawan. Toilet dan kamar mandi pun sudah tersedia dan keadaannya bersih karena dirawat dengan baik. Pengunjung pun tidak perlu khawatir apabila lapar dan haus karena warung-makan sudah banyak berdiri di sekitar kawasan wisata. Terdapat pula bangunan berbentuk joglo yang bisa disewa untuk mengadakan pertemuan.

Pondok Wisata

Pihak pengelola juga menyediakan paket wisata petualangan (trekking) dengan pilihan sebagai berikut:
  • Trekking jalur pendek 2-3 km, melalui jalan setapak kawasan hutan-masuk permukiman-lokasi wisata.
  • Trekking jalur pendek 2-4 km, melalui jalan setapak kawasan hutan-lewat sungai kecil-permukiman warga-lokasi wisata.
  • Trekking jalur pendek 4-6 km, merupakan jalan setapak dengan jalan setapak berbatu tumpul menuju kawasan hutan-melalui sungai-masuk kawasan Waduk Sermo.

Pihak kawasan wisata Kalibiru juga menyediakan fasilitas outbond bagi wisatawan dari kalangan mahasiswa atau instansi yang ingin mengadakan malam keakraban. Pelatihan outbond akan dilakukan oleh trainer yang ahli dengan didukung oleh suasana alam yang aman, tenang, luas, sejuk, dan berada dekat dengan alam.


Info

Jam Buka
07.00-16.00 WIB (weekdays)
07.00-18.00 WIB (weekend)

Harga Tiket
Rp5.000,00 (weekend)
Rp10.000,00 (weekdays)

Tarif Wahana Wisata
Rp15.000,00 (spot foto)
Rp35.000,00 (High Rope Games)
Rp20.000,00 (Fotografer)

Fasilitas
Mushalla
Warung makan
Pondok wisata
Joglo
Outbond
WIFI

Waktu Kunjungan Terbaik
Sore hari menjelang matahari terbenam atau pagi hari

Kontak
085292041201
08139294749
087738769005

2 comments:

  1. Hallo Pak Anggara Wikan Prasetya.
    Senang bisa mengunjungi blog ini. Keren. Informasinya sangat lengkap.

    Salam Traveler,

    Keluarga Suwanto
    http://jelajahsuwanto.blogspot.co.id/

    ReplyDelete