My First Mountain

Posting Komentar
Konten [Tampil]

Hari itu, Sabtu 17 Juli 2010. Hari itu bukanlah hari biasa bagi saya karena pada hari itu merupakan pertama kalinya TS melakukan pendakian ke sebuah gunung dan gunung yang akan menjadi tujuan saya dan kawan-kawan adalah Gunung Merbabu yang terletak di  Salatiga, Boyolali, dan Magelang. 




 
 Merbabu from Selo Pass, Boyolali


Pendakian kali ini saya dan kawan-kawan memutuskan untuk lewat jalur utara yaitu Kopeng, Salatiga dan turun melalui Selo, Boyolali agar perjalanan naik dan turun bisa bervariasi. Transport dari Solo ke Kopeng bisa ditempuh dengan naik bus jurusan Solo-Semarang dan turun di Salatiga lalu transit dengan bus kecil jurusan Kopeng. Agar berhenti tepat di tempat transit hendaknya bilang kepada kondektur bus bahwa kita akan menuju Kopeng, maka kondektur akan memberitahu kita saat akan tiba. (Jangan seperti  kami yang salah turun sehingga harus naik bus lagi)

Sesampainya di gapura Kopeng, ada 3 base camp yang bisa kita gunakan untuk memulai pendakian. Tiga base camp tersebut adalah Thekelan, Cunthel, dan Wekas. Kita bisa menanyakan kepada warga setempat jalan menuju base camp tersebut. Base camp yang menjadi tempat awal saya dan kawan-kawan mendaki adalah Cunthel. Perjalanan dari gapura Kopeng hingga base camp ditempuh melalui jalan berbatu. 

Pemandangan menuju base camp Cunthel

Gunung Telomoyo

Pemandangan menuju base camp Cunthel

Pemandangan menuju base camp Cunthel

Pemandangan menuju base camp Cunthel

Di base camp Cunthel hendaknya kita melapor kepada petugas di situ dan juga re-packing untuk lebih mempersiapkan pendakian. Informasi mengenai pos-pos selama perjalanan nanti juga ada. (Maaf g ada foto base campnya)
            Saya dan kawan-kawan pun memulai perjalanan ke puncak Gunung Merbabu :













Gunung Sumbing-Sindoro


            Foto-foto di atas adalah foto di lereng utara Merbabu. Sayang setelah itu cuaca berkabut dan medanya semakin  terjal sekaligus berbahaya, sehingga teman saya tidak jeprat-jepret lagi.


Perjalanan turun, lereng selatan :

Merapi







Akhirnya ST dan kawan-kawan tiba di base camp Selo dengan selamat, namun karena sudah terlalu sore maka kami memutuskan untuk bermalam di base camp saja. Itulah sedikit cerita mengenai pendakian pertama TS menuju puncak gunung. 


Bonus :

Gunung Lawu mengintip di balik awan



"PHOTO BY SHALA SYRA"


Anggarawepe
Setitik debu di tengah besarnya alam semesta dibawah kuasa kebesaran Allah SWT
Lebih baru Terlama

Related Posts

There is no other posts in this category.

Posting Komentar