MOUNT K2 : THE DEADLY BLACK PYRAMID

Posting Komentar
Konten [Tampil]

Gunung K2, pernahkah teman-teman mendengarnya? Kalau Gunung Everest pastilah sudah tahu bahwa ia adalah gunung tertinggi di seluruh dunia. Lantas apa itu gunung K2..? Kalau gunung Everest adalah gunung tertinggi di dunia, maka K2 adalah gunung tertinggi ke-2 di dunia dan yang paling penting adalah dia adalah gunung terkejam di dunia. 

 The Black Pyramid


Gunung K2 terletak di rangkaian Karakoram dari pegunungan Himalaya antara Pakistan dan Republik Rakyat China, dan merupakan pegunungan nasional di Pakistan. Tinggi pegunungan ini mencapai 8611 meter.

 Letak

Dalam urusan “MEMBUNUH” gunung ini memang menempati urutan ke-2 sebagai gunung pembunuh, tapi bukan bererti lantas ia kalah oleh kesangaran gunung Annapurna yang merupakan gunung pembunuh terbanyak. Hal tersebut karena hanya sedikit orang yang berani untuk menaklukkan gunung ini, selain gunung ini mempunyai puncak tersulit untuk didaki, kondisi cuaca juga sangat ekstrim, badai bisa saja tiba-tiba dating dan berlangsung selama 2 hari lamanya. K2 benar-benar merupakan sebuah tantangan serius, tidak seperti gunung Everest yang berdiri berdampingan dengan kerimbunan pegunungan Himalaya lainnya, K2 berdiri menjulang tegak seorang diri bagaikan sebuah pyramid yamg terbuat dari karang-karang es dengan arsitektur berupa tebing, bongkahan, lembah dan retakan seracs (es yang mudah pecah) dan glacier menggelantung yang sangat tidak stabil. Seracs dapat pecah tiba-tiba tanpa peringatan dan menyebabkan longsoran salju hebat yang siap untuk mengubur impian para pendaki untuk menggapai puncak maut itu selamanya. Letaknya juga yang lebih ke utara daripada Everest sehingga  membuat udaranya jauh lebih dingin dan lebih ekstrim pula.

 Annapurna, Himalaya


NAMA

Nama K2 diambil dari perjalanan Thomas Montgomerie ketika melakukan survey ketinggian puncak2 pegunungan Himalaya khususnya di daerah Karakoram. Ia membuat sketsa puncak yang paling menonjol yaitu K1 dan K2. 

Sketsa Thomas Montgonerie
K2 juga memiliki berbagai nama lokal, dan salah satunya di usulkan untuk menamainya Gunung Godwin Austen untuk menghormati Henry Godwin-Austen, org yg pertama kali menjelajahi area K2. Namun se-iring waktu banyak yang menolak karena gunung ini dianggap bukan "kawasan manusia" maka tidak ada nama manusia yang pantas disematkan pada gunung ini. "K2 is God's Territory".  

PENDAKIAN

 Mountaineering

Mendaki gunung khususnya gunung salju bisa jadi adalah kegiatan "gila". Seorang pendaki gunung akan mengalami berbagai macam rintangan. Begitu pun yang dialami oleh Oscar Eckenstein and Aleister Crowley pada pendakian K2 pada tahun 1902. Mereka mengalami kelelahan fisik, serangan mental dan badai yang dahsyat. Tanpa bantuan peralatan modern mereka membutuhkan waktu 14 hari hanya untuk sampai di kaki Gunung K2, dan harus bertahan selama 68 hari pada ketinggian 6rb meter. Pendakian ini adalah pendakian pertama K2 setelah Perjalanan survey Montgomery.  

 K2 dari sebelah timur saat ekspedisi tahun 1909

 
Ekpedisi K2 berikutnya dilakukan pada tahun 1909 yang dipimpin oleh Luigi Amedeo, Duke Of the Abruzzi yang berhasil mencapai ketinggian 6.250meter melalui jalur South East. Jalur yg ditempuh ini, menjadi jalur standart pendakian K2 yg dinamai Abruzzi Spur (atau Abruzzi Ridge).  Namun karena kesulitan dan kurangnya tempat pijakan jalur ini jarang dipakai lagi. Setelah berusaha dan selalu gagal menemukan jalur kepuncak, The Duke berkata bahwa K2 tidak akan pernah bisa didaki. Team kemudian mengalihkan tujuan ke Puncak Gunung Chogolisa sebelum pulang karena dihantam badai.

 Luigi Amedeo, Duke Of the Abruzzi

Pendakian selanjutnya selalu dihantam kegagalan dan kematian. Seperti Team Dudley Wolfe, Pasang Kikuli, Pasang Kitar dan Pintso yang hilang di ketinggian K2. Juga Art Gilkey yang merelakan nyawanya agar tidak menjadi beban bagi kawan2nya ketika tersapu badai dan longsor yang hebat. Pengorbanan dan keberanian Gilkey menjadikan ia sebagai icon pendakian.

KESUKSESAN
            Team pendaki asal Italia akhirnya sukses mencapai puncak K2 melalui jalur Abruzzi Spur pada tanggal 21 July 1954. Ekpedisi dipimpin oleh Ardito Desio, namun yang berhasil ke puncak ialah 2 pendaki yaitu Lino Lacedelli dan Achille Companoni. Anggota team lainnya yaitu Kolonel Muhammad Ata-ullah org Pakistan yang juga menemani team ekpedisi Amerika pada tahun 1953. Sayang anggota tim mereka seorang potter asal Pakistan harus kehilangan kedua kakinya karena Frosty Bite.
Menyusul Tim Italia, Seorang warna negara jepang pun tidak mau kalah. Ichiro Yoshizawa merupakan org kedua yang berhasil mendaki K2 setelah membawa sedikitnya 1500 Porter pada tahun 1977. Di-ikuti pada tahun 1978 oleh tim Amerika. Pendakian ini juga mencatatkan rekor sebagai Bivouac tertinggi yang pernah dilakukan. Pencapaian puncak juga dicatatkan oleh tim pendaki asal Jepang lainnya. Namun sayang salah satu pendakinya yaitu Yukihiro Yanagisawa jatuh dan meninggal sehari sebelum 4 org kawannya berhasil mencapai puncak.

PENDAKIAN SAAT INI
Pada bulan July 2010, hanya 302 orang yang berhasil menyelesaikan pendakian K2, sangat sedikit jika dibandingkan dengan 2.700an org yg telah mencapai Everest. Setidaknya 80 orangtelah meninggal dalam percobaan pendakian. Terakhir pada tanggal 1 Agustus 2008, sekelompok pendaki hilang setelah tertimpa longsor es. Longsor ini terjadi sesaat ketika beberapa org berhasil mencapai bagian puncak K2. Longsor menghantam kelompok yg tepat berada dibawah puncak. 4 Org berhasil diselamatkan namun 11 org lainnya dinyatakan tewas. Graham Bowley menuliskan buku yang berjudul No Way Down: Life and Death on K2.Kisah ini tentang perjalanan tim pendaki 2008. Ia menuliskan bahwa tidak ada "jalan pulang" bagi mereka yang mendaki K2.



RUTE PENDAKIAN

K2 memiliki beberapa jalur pendakian dan Kesulitan tersendiri pada masing-masing jalurnya. A:West Ridge B:West Face C:Southwest Pillar D:South Face E:South-southeast Spur F: Abruzzi Spur.

Sedikit Gambaran jalur pendakian K2 :
Abuzzi Spur

 Bottleneck

Seracs

 KESEMPATAN
Bagi yang ingin menaklukkan K2, masih terbuka melalui jalur EAST FACE atau mendaki pada musim dingin..
Beranikah Anda..??

SUMBER: http://www.kaskus.us/showthread.php?t=8919635
















Anggarawepe
Setitik debu di tengah besarnya alam semesta dibawah kuasa kebesaran Allah SWT

Related Posts

Posting Komentar