Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Silancur Highland Magelang, Tempat Terindah di Lereng Gunung Sumbing

MENGGAPAIANGKASA.com - Magelang selalu memikat dengan perbukitannya. Panorama pegunungan yang dimiliki Kota Sejuta Bunga (julukan Magelang) ini menjadi daya tarik tersendiri. Salah satu tempat indah yang sedang ramai diperbincangkan adalah Silancur Highland.

wisata-silancur-highland-magelang

Alhamdulillah pada Minggu 19 Januari 2020, saya berkesempatan mengunjunginya. Demi mendapatkan sajian pemandangan sunrise yang indah, saya rela menembus dinginnya Magelang dini hari seorang diri. 

Rute Menuju Silancur Highland

Silancur Highland berada di Desa Mangli, Kecamatan Kaliangkrik, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Berada di tenggara kaki Gunung Sumbing dan terletak di ketinggian 1.300 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Tempat wisata ini berjarak sekitar 15 km dari Kota Magelang. Waktu tempuh yang dibutuhkan kira-kira  35 menit.

Menikmati Sunrise dalam Timelapse

Pukul 5 pagi, saya tiba di Silancur Highland. Cuaca yang cukup cerah saat itu, mengajak saya untuk berburu sunrise di Silancur Highland.


Cerah di musim hujan merupakan suatu keberuntungan. Saya pun tidak membuang waktu dan segera memasang smartphone untuk melakukan timelapse. Selanjutnya saya hanya bisa menunggu sampai matahari keluar, sambil menjaga smartphone agar tidak goyang, supaya timelapse bisa maksimal.

Pemandangan Indah di Sisi Timur dan Barat

Bentang alam di Silancur Highland sangat indah. Para pengunjung dapat melihat deretan pegunungan di sisi timur dan barat. 

Di sisi timur, tersaji pemandangan cantik mulai gari Gunung Merapi, Merbabu, Andong, Telomoyo dan Ungaran. Sementara di sisi barat, pemandangan Gunung Sumbing berdiri dengan megah.

taman-silancur-highland-magelang
Keindahan panorama di Silancur Highland Magelang

Sementara itu di sisi barat, Gunung Sumbing dengan ketinggian 3.371 meter di atas permukaan laut (mdpl) akan tampak menjulang tinggi di angkasa.

Saat musim pendakian tiba, kita akan bertemu para pendaki yang hendak menuju Gunung Sumbing via Magelang.

Pesona Sunrise di Silancur Highland

Dini hari menjadi waktu yang pas untuk berkunjung ke Silancur Highland. Saat langit masih gelap, gemerlap lampu Kota Magelang menjadi obyek foto yang yang sangat indah untuk dibingkai oleh para fotografer malam.

pemandangan-silancur-highland-magelang
Panorama alam di Silancur Highland Magelang


Saat sunrise tiba, para pengunjung jangan sampai terlewat menyaksikan momen matahari terbit. Proses kemunculan sunrise juga sangat pas diabadikan menjadi timelapse.

Pada pagi yang cerah di musim hujan, timelapse semakin menawan dengan pergerakan awan dan kabut yang menghiasi panorama langit sisi timur.

Makin Siang, Makin Menawan

Waktu sudah menunjukkan pukul 5.40. Semakin lama, langit semakin terang. Pertanda sunrise akan segera terbang.

Ketika momen sunrise berlalu, bukan berarti keindahan Silancur Highland sirna begitu saja. Sebaliknya panorma yang sebelumnya tidak terlihat karena gelap, kini menunjukkan keelokannya. Keindahannya sangat memanjakan mata.

Keindahan Silancur Highland Menarik Minat Wisatawan

Saya tidak sendiri di sini. Banyak juga orang yang menanti sunrise, terlebih pada hari Minggu.

Di Silancur Highland terdapat taman bunga yang diatur sedemikian rupa untuk menambah keindahan alam. Bunga-bunganya begitu cerah sehingga membuat obyek wisata ini tampak semakin menawan.

Tentu saja keindahan yang tersaji di Silancur Highland, membuat siapapun seolah gatal untuk berfoto. Pengunjung bisa berfoto di spot foto yang tersedia dengan latar belakang pemandangan yang memesona.

Menikmati Silancur Highland dengan Camping Ceria

Segala keindahan di Silancur Highland sudah bisa didapat hanya dengan 10.000 rupiah saja. Cukup terjangkau untuk menikmati panorama alam yang sangat komplit.

Di sini juga tersedia jasa foto sehingga para pengunjung yang tidak membawa perlengkapan fotografi, bisa menggunakan jasa tersebut. Tarifnya cukup terjangkau. Hanya 2.000 rupiah per file foto yang dibawa pulang.

Tempat ini juga cocok bagi mereka yang sekadar ingin camping ceria. Bagaimana tidak, di pagi hari, para wisatawan yang bermalam akan disuguhkan dengan keindahan bintang-bintang dan panorama sunrise yang begitu indah. 

Bermalam di Silancur Highland, merupakan sebuah paket komplit untuk menikmati keindahan Magelang dari sisi tertinggi.

Keindahan Silancur Highland di Magelang telah saya abadikan dalam bentuk video. Kamu bisa saksikan di video Youtube berikut ini. Dan jangan lupa untuk subscribe channel Youtube saya ya... 

--

Info Lengkap Silancur Highland

Tiket masuk: Rp 10.000/orang

Tiket camping: Rp 15.000/orang

Sewa tenda kap 4-5 orang: Rp 40.000

Sewa sleeping bag: Rp 10.000

Sewa matras: Rp 5.000

Kayu bakar: Rp 15.000

Paket komplit (1 tenda, 4 matras, 4 sleeping bag, dan bongkar pasang) = Rp 150.000

6 comments for "Silancur Highland Magelang, Tempat Terindah di Lereng Gunung Sumbing"

  1. MaasyaaAllaah, bener-bener indah mas. Wah, masuk bucket list nih kalo kondisi udah aman. Lama banget ga ke daerah puncak seperti ini, jadi kangen rasanya. Tiketnya terjangkau banget pula. Bayangin nunggu pagi di sana sambil makan snack aja udah seneng, apalagi datang langsung hehe.

    Makasih tulisannya mas, saya simpan dulu di maps lokasi ini :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Satu pesan adalah: Jangan pas weekend atau hari libur.. hehe.. Rame

      Delete
  2. foto-foto gunungnya selalu cakep masbro. menurutku, tanah jawa memiliki pemandangan gunung-gunung terindah dibanding pulau-pulau lainnya di Indonesia..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Karena barisan gunung apinya ada di tengah pulau, ms.. Jadi bikin tanah subur, sehingga dimanfaatkan masyarakat untuk lahan pertanian di sekitarnya..

      Enggak terlalu terisolasi dari peradaban..

      Di luar Jawa pun bagus" gunungya, seperti Kerinci atau Rinjani..

      Delete
  3. dilihat dari foto dan video nampaknya uwenak tenan udara disitu nih

    ReplyDelete