Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Dimsum Ins Bhayangkara, Dimsum Enak dan Murah di Solo

MENGGAPAIANGKASA.com – Assalamualaikum Wr. Wb. Postingan kali ini mungkin cukup berbeda dari postingan-postingan sebelumnya. Jelas saja, postingan kali ini dibuat oleh founder blog ini. Siapa lagi kalau bukan Anggara W. Prasetya.. hehe

dimsum solo
Dimsum Ins Bhayangkara, Kota Surakarta

Sebelumnya, pandemi Covid-19 yang dimulai tahun 2020 lalu memang benar-benar mengubah segalanya, termasuk Komunitas Blogger Solo. Jika biasanya kami cukup sering berkumpul dalam satu acara, semenjak pandemi semua itu seolah sirna.

Namun, syukur Alhamdulillah pada tahun 2021 ini semuanya bangkit kembali meski perlahan. Tepatnya Kamis (29/4/2021), Blogger Solo seolah terbangun dari tidurnya dengan mengadakan acara buka bersama di Dimsum Ins Bhayangkara, Kota Surakarta.

Mungkin karena masih dalam suasana pandemi Covid-19, acara kali ini tidak banyak dihadiri anggota Blogger Solo. Padahal, biasanya banyak yang antusias dengan acara seperti ini. Terakhir kali acara buka bersama Blogger Solo yang ramai adalah di Hotel Alana tahun 2019 silam.

Kamis itu, hanya lima anggota Blogger Solo yang hadir, yakni Mas Danang beserta anak dan istrinya, Andri Asedino, Eko PR, Stafana, juga saya. Sebenarnya master tekno Ditya Tuxlin juga akan hadir, tetapi ternyata ada halangan mendadak.

Dimsum Ins Bhayangkara, Surakarta

Adapun, tempat kami buka bersama saat itu adalah di Dimsum Ins Bhayangkara, Kota Surakarta. Lokasinya ada di Jalan Bhayangkara nomor 40, Panularan, Kecamatan Laweyan, Kota Surakarta.

Sebagai informasi, ada restoran serupa yang terletak di Jalan Mohammad Husni Thamrin, nomor 71, Manahan, Kecamatan Banjarsari, Kota Surakarta. Keduanya berada di bawah manajemen yang sama.

Jika hendak berkunjung ke Dimsum Ins Bhayangkara, maka lokasinya berada di sebelah selatan Balai Latihan Kerja (BLK) Surakarta. Bentuk bangunannya tampak mencolok yang terdiri dari kaca, membuat siapa pun kemungkinan besar tidak akan melewatkannya.

Sore itu, saya mulai berangkat dari rumah sekitar pukul 16.00 WIB melintasi jalanan Kota Solo yang ternyata cukup padat dan ramai. Sekitar pukul 16.30 WIB, saya sampai di sana dan bertemu Mas Eko yang pertama kali datang.

Menu lezat buka puasa di Dimusm Ins Bhayangkara

Makin sore, kelima personel Blogger Solo yang sudah saya sebutkan tadi pun tiba. Menjelang buka puasa, petugas restoran mulai menyajikan beragam menu untuk kami berbuka puasa. Jelas saja, ini adalah kesempatan langka saya yang biasanya hanya berbuka dengan gorengan.

dimsum solo
Menu dimsum siomay di Dimsum Ins Bhayangkara

Bebeberapa menu yang tersaji di hadapan kami saat itu adalah dimsum siomay, cakwe udang, cumi rambutan, ceker ayam, bakpao salted egg, lumpia saus tiram, spicy eggplat (terong pedas), dan bubur claypot dengan aneka topping, seperti telur, ayam, atau daging.

dimsum solo enak
Cakwe udang di Dimsum Ins Bhayangkara

Untuk minuman, kami disajikan teh hangat. Namun, saya akhirnya memesan dua tambahan es lemon tea karena memang sangat haus saat itu akibat travelling mendaki bukit di Wonogiri pada siang harinya.

Di bukit mana kah perjalanan saya itu dan seperti apa perjalanannya? Monggo kunjungi CHANNEL YOUTUBE saya dan jangan lupa subscribe dan tekan tombol loncengnya ya, supaya kamu enggak ketinggalan perjalanan saya menjelajah indahnya Indonesia.

wonogiri siang hari
Perjalanan saya di Wonogiri siang harinya

Begitu azan Maghrib berkumandang, kami langsung menyantap hidangan yang tersaji di atas meja. Dan meski terkesan sedikit, semua sajian mampu membuat kami kenyang. Memang jika berbuka puasa, makan sedikit saja sudah kenyang.

Tentu saja kami tidak lupa untuk melakukan kewajiban shalat Maghrib. Beruntung Dimsum Ins Bhayangkara ini memiliki mushala yang bisa digunakan umat Muslim untuk melaksanakan ibadah shalat.

Harga menu dan jam buka Dimsum Ins Bhayangkara

Adapun, harga menu makanan dan minuman di Dimsum Ins Bhayangkara termasuk terjangkau. Harga makanan berkisar mulai Rp 13.000 sampai Rp 25.000. Selain dimsum, ada pula sajian makanan berat, seperti nasi goreng dan bakmi ayam Hainan.

bubur enak solo
Bubur claypot di Dimsum Ins Bhayangkara

Sementara itu untuk minuman, harganya berkisar mulai Rp 4.000 sampai Rp 15.000. Beragam menu minuman, antara lain adalah es teh, es kopi susu, es cokelat, hingga jus semangka.

Untuk jam buka, owner Dimsum Ins yakni Mas Dede yang merupakan orang Solo mengatakan bahwa jam buka Dimsum Ins Bhayangkara adalah pukul 07.00-23.00 WIB.

menu dimsum solo
Menu makanan di Dimsum Ins Bhayangkara

Selain itu Dimsum Ins Bhayangkara juga termasuk anyar karena baru buka sekitar dua bulan yang lalu. Khusus di Dimsum Ins Bhayangkara, ada menu tambahan yang berbeda dari Manahan, yakni terong pedas.

harga dimsum solo
Menu makanan di Dimsum Ins Bhayangkara

Kemudian, konsep bangunan Dimsum Ins Bhayangkara juga minimalis dan friendly, sekaligus instagramable dengan konstruksi bangunan seolah berdinding kaca. Pengunjung dapat memilih untuk menikmati suasana indoor dan outdoor

Singkat cerita, kami pun akhirnya saling berpamitan sekitar pukul 18.30 WIB, sehingga saya masih sempat melaksanakan shalat Isya dan tarawih di masjid begitu sampai rumah.

dimsum ins bhayangkara
Foto bareng owner Dimsum Ins Bhayangkara

Dan syukur Alhamdulillah, setidaknya acara sederhana Kamis itu bisa sedikit mengobati rasa kangen berkumpul bersama kanca-kanca Blogger Solo. Memang, saat pandemi tidak sedikit mereka yang lebih memilih untuk tidak ikut dan keputusan itu tetap harus dihormati.

Yah, semoga pan-demit koped 19 ini segera berakhir secepatnya dan Blogger Solo bisa kumpul ramai-ramai lagi seperti sedia kala.. Aamiin

4 komentar untuk "Dimsum Ins Bhayangkara, Dimsum Enak dan Murah di Solo"