Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menghilangkan Kuning di Gigi yang Sudah Lama

Banyak banget yang ingin tahu bagaimana cara mengatasi gigi kuning, cara menghilangkan gigi kuning yang sudah lama, cara menghilangkan kuning di gigi, dan lainnya.

Memang ya, warna kuning di gigi itu sangat mengganggu. Apalagi kalau ada karangnya, hadeh bikin males dan mengganjal loh di mulut.

Maka nggak heran kalau banyak di antara kita yang mencari cara menghilangkan kuning di gigi, apalagi yang sudah lama. Memangnya, bagaimana sih cara menghilangkan gigi kuning?


5 Cara Alami Menghilangkan Gigi Kuning yang Sudah Lama

Berikut ini, saya akan sharing bagaimana cara menghilangkan gigi kuning. Simak baik-baik ya.

1. Coba Gunakan Siwak

Rajin sikat gigi mungkin sudah kita lakukan. Namun sepertinya butuh effort lebih supaya kuning di gigi lekas hilang. Maka cobalah gunakan siwak. 

Alat tradisional pembersih gigi yang sudah ada sejak zaman dulu kala, dinilai mampu memutihkan gigi secara alami. Kamu bisa melakukannya 2-3 kali sehari.

2. Kumur dengan Garam

Kalau butuh menghilangkan gigi kuning dengan cepat, maka cobalah berkumur-kumur dengan larutan air garam. Kandungan antibakteri pada garam dapat mengikis kuning di gigi dan membunuh kuman penyebab gigi berlubang.

Setelah menggosok gigi, kamu bisa melanjutkannya dengan berkumur menggunakan garam. Sehingga kamu bisa menghilangkan gigi kuning yang sudah lama.

3. Arang Kayu

Kalau mau coba cara yang agak ekstrim, maka kamu bisa menggunakan arang kayu. Arang kayu mengandung alkali tinggi ini mampu mengikis dan membersihkan noda kuning pada gigi.

Pilihlah arang kayu yang bersih. Cuci dengan air terlebih dahulu. Haluskan. Lalu tambahkan dengan perasaan air lemon. Kemudian letakkan di sikat gigi kemudian gosoklah gigi. Lakukan secara teratur.

4. Lemon

Lemon yang memiliki kandungan asam cukup tinggi, dinilai mampu mengangkat bakter yang dapat menyebabkan gigi kuning. Seimbangnya kadar pH, menjadikan lemon sebagai alternatif untuk membersihkan kuning di gigi.

Caranya gampang banget kok. Peras 1 buah lemon yang segar. Lalu campurkan dengan 1 sendok teh baking soda. Kemudian letakkan di sikat gigi yang menjadi alat untuk menggosok gigi.

5. Baking Soda

Kalau kamu mempunyai stok baking soda di dapur, maka gunakan saja baking soda ini. Baking soda dinilai ampuh untuk menghilangkan noda kuning di gigi.

Caranya mudah kok. Letakkan baking soda di atas sikat gigi. Basahi dengan sedikit air. Lalu gosokkan ke gigi. Kemudian diamkan selama 3-5 menit supaya baking soda bekerja. Lalu berkumur-kumur.

5 Cara Cepat Menghilangkan Kuning di Gigi 

Kalau kurang sreg dengan cara alami dalam menghilangkan kuning di gigi, maka kamu bisa menggunakan cara instan loh. tenang saja, cara instan ini aman kok. Asalkan kamu tahu takarannya dan tahu bagaimana cara melakukan dengan benar. 

Berikut ini adalah 5 cara instan untuk mengatasi gigi kuning. Simak baik-baik ya.

1. Veneer Seperti Artis-Artis

Kamu bisa datang ke dokter gigi untuk melakukan veneer. Veneer adalah lapisan tipis dari bahan khusus yang berguna untuk melapisi permukaan gigi. Lapisan buatan ini dapat membuat warna gigi kita menjadi lebih putih. Bisa 2-3 tingkat lebih cerah. 

Dampak negatifnya, lapisan veener rentan mengalami kerusakan. Sebab, proses pemasangan veneer mengharuskan dokter mengikis beberapa milimeter enamel gigi kita. Kalau kita mengunyah atau menggigit benda keras, ya wasallam. Lapisan veneer bisa longgar atau rontok. 

2. Gunakan Gel Pemutih

Kalau mau cari cara instan yang lebih aman, maka kamu bisa gunakan gel pemutih. Gel pemutih biasanya diresepkan oleh dokter gigi untuk memutihkan gigi sementara.

Gel pemutih gigi mengandung Hidrogen Peroksida yang dapat memutihkan gigi secara cepat. Kalau kamu rutin menggunakan gel pemutih gigi, kemungkinan akan bertahan dalam 4 bulan ke depan.3

3. Strip Pemutih

Strip pemutih gigi adalah lembaran tipis transparan yang mengandung hidrogen peroksida. Salah satu cara instan untuk menghilangkan kuning di gigi.

Caranya gampang kok. Tempelkan lembaran strip gigi di gigi kita. Diamkan selama 30 menit. Lalu gunakan 2x sehari selama 2 pekan berturut-turut. Kemudian lihat hasilnya!

4. Pasta Gigi Pemutih Resep Dokter

Kita tuh memang wajib menggosok gigi 2x sehari. Saking banyaknya iklan pemutih gigi di media sosial, sampai-sampai kita bingung: mana sih pasta gigi yang ampuh.

Kalau kamu bingung, maka kamu bisa datang ke dokter gigi langgananmu. Mintalah resep pasta gigi yang paling recommended supaya kuning di gigi bisa hilang.

5. Dental Bonding

Awal mulanya, dokter akan mengikir gigi supaya permukaan gigi menjadi kasar. Lalu diolesi dengan cairan khusus sebagai zat pengikat. Kemudian diletakkan resin komposit untuk menggantikan struktur gigi yang hilang sekaligus memperbaiki warna dan kontur gigi. Setelah resin komposit berhasil, maka akan digunakan sinar ultraviolet untuk mengeraskannya.

Itulah cara kerja dental bonding. Secara nggak langsung, dental bonding dapat memperbaiki kerusakan gigi sekaligus memutihkan gigi secara cepat. Gampang kan?

Itulah 5 cara tradisional dan 5 cara instan untuk mengatasi gigi kuning. Kalau kamu tidak terburu-buru untuk memutihkan gigi, maka kamu bisa gunakan cara tradisional. 

Namun bila kamu butuh cara cepat atau instan untuk memutihkan gigi, maka pergilah ke dokter gigi untuk mendapatkan perawatan gigi secara maksimal.

Selamat mencoba!

Posting Komentar untuk "Cara Menghilangkan Kuning di Gigi yang Sudah Lama"