Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Manfaat Sepeda Statis Untuk Wanita yang Harus Kamu Tahu

Akhir-akhir ini, banyak orang yang pilihan sepedanya mulai teralihkan ke sepeda statis. Sepeda statis adalah sepeda yang dikayuh di tempat sehingga tidak berjalan ke depan saat dikayuh. Sepeda statis ini banyak digunakan oleh kaum wanita karena memiliki banyak manfaat.

Sepeda statis dinilai lebih bermanfaat bagi para perempuan yang ingin bersepeda tapi tidak mau keluar rumah. Biasanya wanita tidak mau keluar rumah karena takut terpapar sinar matahari dan polusi debu yang kotor. Maka memiliki sepeda statis adalah pilihan yang tepat untuk para wanita, apalagi untuk mereka yang ingin menjaga kesehatan dan bentuk tubuh.

manfaat sepeda


4 Manfaat Sepeda Statis Untuk Para Wanita

Tak dapat dipungkiri bahwa perempuan sangat memperhatikan keindahan di dalam dirinya. Maka tidak mengherankan bila banyak perempuan yang membeli sepeda statis untuk mengecilkan perut, mengecilkan paha, melenturkan lutut, untuk diet, untuk mengatasi osteoarthritis, dan lainnya.

Berikut ini adalah pemaparan mengenai 5 manfaat sepead statis untuk wanita yang harus kamu tahu. Dengan mengetahui 5 manfaat ini, maka akan semakin memantapkanmu untuk memiliki sepeda statis ini.

1. Untuk Diet dan Mengurangi Berat Badan

Alasan utama perempuan membeli sepeda statis adalah untuk diet alias menurunkan berat badan. Hal ini dikarenakan pengguna sepeda statis perlu menggerakkan seluruh bagian tubuhnya untuk mengayuh. Tentu saja, akan berdampak pada keluarnya keringat sehingga berat badan bisa turun apabila dilatih setiap hari.

Cara menurunkan berat badan dengan sepeda statis cukup mudah kok. Kamu hanya perlu konsisten bersepeda setiap pagi dalam kurun waktu yang kamu tentukan. Misalnya, minggu pertama, cukup mengayuh sepeda 15 menit setiap pagi. Lalu minggu kedua cukup 30 menit. Lalu minggu ketiga cobalah 45 menit setiap pagi. Kemudian minggu keempat dan seterusnya 60 menit setiap pagi. Kita menjadi bisa karena terbiasa.

2. Untuk Mengecilkan Perut

Kalau dipikir-pikir, bersepeda itu sepertinya tidak berpengaruh kepada perut. Namun ternyata, olahraga sepeda statis dapat membakar kalori secara bertahap dan pelan-pelan akan mengecilkan perut. Hal ini dikarenakan, saat kaki mengayuh, maka akan ada otot perut yang tertarik oleh kaki sehingga otot perut juga akan berdampak pada pembakaran kalori.

Manfaat sepeda statis juga dapat membakar kalori lebih banyak daripada olahraga lainnya. Apabila kita bersepeda selama 30 menit setiap hari, maka kita telah membakar 300 kalori. Cukup banyak bukan? Jadi kita bisa kurus dengan sepeda statis.

3. Melatih Otot Paha dan Tungkai Agar Lebih Kuat

Saat bersepeda, bagian tubuh yang sangat aktif bergerak adalah kaki, termasuk paha dan tungkai. Dengan mengayuh sepeda, meskipun diam di tempat seperti sepeda statis, namun ia berjasa untuk melatih otot paha dan tungkai agar lebih kuat.

Manfaat sepeda statis untuk paha ini dinilai paling terasa dampaknya apabila dilakukan secara konsisten. Hal ini dikarenakan kaki bergerak terus menerus lalu otot paha akan terbiasa untuk bergerak mengikuti ritme. Dengan otot paha yang mengeluarkan energi, maka kalori akan terbakar sehingga kita bisa memiliki badan ideal.

4. Untuk Menyembuhkan Osteoarthritis

Ostheoarthritis (OA) adalah penyakit yang gejalanya berupa terasa nyeri dan kaku pada sendi-sendi yang biasanya terjadi di lutut, paha, dan tulang belakang. Saat mengalami osteoartritis, tulang rawan tidak lagi bisa menjadi bantal sehingga kedua tulang akan bergesekan yang menyebabkan sendi menjadi bengkak dan nyeri.

Namun tenang saja, osteoartritis dapat disembuhkan dengan cara yang mudah dan murah, yaitu bersepeda. Boleh banget loh, bila ingin menggunakan sepeda statis untuk menyembuhkan osteoarthritis. Sebab bersepeda membuat lutut kita bergerak dan mampu memperkuat otot-otot yang menopang lutut kita.

Itulah manfaat sepeda statis yang akan dirasakan wanita apabila rutin menggunakannya. Memang ada banyak kelebihan dan kekurangan sepeda stais. Namun hal yang harus kita perhatikan adalah usaha diri untuk rajin berolahraga demi kesehatan badan kita. 

Semoga tulisan ini bisa membantu!


Posting Komentar untuk "4 Manfaat Sepeda Statis Untuk Wanita yang Harus Kamu Tahu"