Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Makanan Protein Tinggi dan Manfaatnya yang Luar Biasa

Ada banyak jenis makanan yang bisa kita pilih di dunia ini. Masing-masing memiliki kandungannya tersendiri seperti karbohidrat, vitamin, lemak, dan juga protein.

Makanan dengan protein tinggi dinilai lebih menyehatkan dan sangat dicari oleh orang-orang. Hal ini dikarenakan makanan berprotein tinggi dapat membantu memelihara dan memperbaiki jaringan tubuh.

Selain itu, makanan berprotein tinggi dinilai mampu meningkatkan massa dan kekuatan otot. Sekaligus membantu menurunkan berat badan.

makanan protein tinggi
Sumber gambar: lifestyle kompas


Makanan Protein Tinggi Untuk Sehari-Hari

Berikut ini adalah 7 jenis makanan yang proteinnya tinggi beserta manfaatnya masing-masing. Semoga bisa menjadi panduanmu untuk memilih makanan yang tepat ya.

1. Telur

Ini adalah lauk pauk yang terkenal memiliki kandungan protein paling tinggi. 1 butir telur yang beratnya 6 gram mengandung 78 kalori. 

Tak hanya memiliki protein tinggi, telur juga mengandung banyak vitamin, mineral, lemak, dan nutrisi yang baik untuk otak. Sangat baik bila dikonsumsi saat sarapan pagi.

2. Brokoli

Umumnya sayuran mengandung serat atau vitamin. Namun tenang saja, ada kok sayuran yang kaya akan protein, yaitu brokoli.

Brokoli adalah sayuran hijau yang kaya akan protein dan vitamin lainnya seperti vitamin C dan K. Kabar baiknya, brokoli juga mengangung nutrisi biokatif yang dapat membantu tubuh untuk melawan kanker.

3. Daging Sapi

Daging sapi merupakan salah satu makanan yang kaya akan protein. Namun jangan sampai memakan daging sapi yang ada lemaknya.

Bila benar-benar fokus ingin mendapatkan protein dari sapi, maka cukup makan dagingnya saja tanpa lemak. Kandungan protein pada daging sapi tanpa lemak adalah 25 gram protein per 3 ons gram bahan.

4. Ikan Tuna

Selain daging sapi, kamu bisa memakan ikan tuna untuk memenuhi kebutuhan proteinmu. Kandungan protein dalam ikan tuna mencapai 27 gram protein di setiap 142 gram bahan ikan tuna yang sudah dikalengkan.

Kabar baiknya, ikan tuna termasuk makanan yang rendah lemak namun kaya akan protein. Kamu bisa memasaknya dengan cara memanggang, membakar, menggoreng, dan lainnya.

5. Udang

Selain ikan tuna, hewan laut seperti udang juga menjadi salah satu makanan yang mengandung protein tinggi. Kandungan protein dalam udang mencapai 25 gram protein per 3 ons bahan.

Tak hanya kaya protein, udang juga mengandung banyak nutrisi lain seperti selenium, vitamin B12, asam lemak omega-3 dan lainnya.

6. Kacang

Kalau kamu bosan mengonsumsi protein dari makanan berat, maka kamu bisa mengatasinya dengan makan makanan ringan yang juga kaya akan protein.

Kamu bisa mengonsumsi kacang karena kaya akan protein. Kandungan protein dalam kacang mencapai 7 gram protein per 1 ons bahan.

Namun kita perlu berhati-hati bila mengonsumsi kacang terlalu berlebihan. Sebab, kacang yang kaya protein, juga mengandung kalori tinggi. Maka dari itu, sebaiknya kita mengonsumsi kacang secukupnya.

7. Susu

Apabila merasa bosan dengan makanan namun tetap mencari yang berprotein tinggi, maka cobalah untuk menggantinya dengan minuman susu.

Susu merupakan produk pangan dengan sumber protein berkualitas tinggi. Jadi susu bisa menjadi sajian penutup yang melengkapi kebutuhan nutrisimu.

Kandungan protein dalam secangkir susu sapi adalah sekitar 8 gram. Sedangkan kandungan protein dalam secangkir susu kedelai mencapai 6,3 gram.

Itulah 7 makanan sehari-hari yang kaya akan protein tinggi. Jenis makanan tersebut bisa kamu temukan sehari-hari di mana pun kita berada. 

Dengan mengonsumsi makanan berprotein tinggi, maka akan membuat badan semakin kuat, sehat, dan otak cerdas.


1 komentar untuk "7 Makanan Protein Tinggi dan Manfaatnya yang Luar Biasa"