Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Rekomendasi Makanan Khas Malaysia yang Sayang Dilewatkan Jika Berkunjung

Malaysia atau yang memiliki julukan Negeri Jiran merupakan salah satu destinasi wisata yang cukup dekat dengan Indonesia. Daya tarik yang ditawarkan cukup banyak, salah satunya adalah makanan khasnya. 

Tidak bisa dipungkiri, kuliner merupakan salah satu surga tersendiri bagi para pengunjung. Selain mendapatkan pengalaman mencicipi citarasa masakan baru, bisa menjadi referensi cara mengolah masakan di dapur sendiri.

5 Makanan Khas Malaysia Recommended

Bagi Anda yang memiliki agenda untuk berkunjung ke sana dan sudah tahu syarat masuk Malaysia 2021, baik itu dalam waktu dekat atau masih rencana, inilah deretan makanan khas Malaysia yang patut dicicipi nantinya.

1. Nasi Lemak

Salah satu kuliner khas Malaysia yang sangat kondang dan sayang sekali jika absen untuk dicicipi adalah Nasi Lemak. Banyak yang menyebutkan jika nasi lemak mirip dengan nasi uduk di Tanah Air. Tidak bisa dipungkiri memang citarasa nasinya mirip dengan tambahan santan, rasanya menjadi gurih.


Bedanya dengan nasi uduk, adalah lauk pendampingnya. Lauk pendamping nasi uduk identik dengan jengkol sampai dengan semur tahu tempe. 

Namun berbeda dengan nasi lemak yang memiliki lauk pauk yang lebih kaya seperti halnya daging rendang, telur balado, perkedel, teri kacang, irisan mentimun. Untuk lauk utamanya menyesuaikan, bisa rendang, ayam, bahkan telur balado saja.

2. Mee Goreng Mamak

Selain nasi lemak, Mee Goreng Mamak juga merupakan kuliner khas Negeri Jiran yang sayang untuk dilewatkan. Disebut juga dengan Mee Mamak. 

Ini merupakan hidangan berupa mie goreng yang menggunakan bahan baku mie lidi kuning atau mie hokkian yang memiliki bentuk tebal. Untuk citarasanya sendiri gurih, sedikit manis, dengan sedikit asam dari jeruk nipis.


Mie goreng ini biasanya dipadukan dengan beragam isian. Mulai dari daging ayam, udang, sampai dengan bakso ikan. Cara penyajiannya gampang banget! 

Mie goreng dengan warna kecoklatan akan dihiasi dengan irisan jeruk nipis dan irisan mentimun. Tidak jarang akan diberi hiasan tambahan seperti irisan cabai besar atau daun bawang.

3. Nasi Kandar

Seperti Indonesia, Malaysia juga memiliki banyak ragam olahan nasi. Selanjutnya ada Nasi Kandar yang sekilas mirip nasi rames namun rasanya berbeda. Nasi kandar ini merupakan nasi putih yang nantinya diguyur dengan kuah kari kental ditambah dengan ragam lauk. 

Misalnya saja olahan sotong, ayam goreng, sayuran, sampai lalapan okra muda yang direbus. Rasanya akan sangat kaya membuat orang ingin mencicipinya lagi dan lagi.


4. Nasi Kerabu

Jika ingin mencicipi nasi dengan aneka warna namun sehat di Malaysia, Nasi Kerabu bisa masuk ke dalam list. Ini merupakan masakan khas Malaysia yang awalnya memiliki warna biru yang berasal dari sari bunga telang atau Clitoria Ternatea. 

Belakangan, bunga telang ini juga sudah banyak dibuat untuk teh atau untuk pewarna makanan lainnya.


Untuk lauknya bisa ayam goreng, ikan, olahan cumi-cumi, sampai dengan telur asin. Dewasa ini nasi kerabu tidak hanya dihidangkan dengan warna biru, namun juga putih, kuning, abu-abu, bahkan hitam. 

Aneka warna tersebut didapatkan dari bahan-bahan alami, sehingga membuat citarasa nasi jadi lebih nampol.

5. Air Batu Campur Durian (Es ABCD)

Bagi Anda yang gemar menonton Upin Ipin atau menemani anak bisa keponakan menyaksikannya pasti sudah tidak asing dengan dengan es ABCD yang dijual oleh uncle Muthu. Dan itu ternyata berdasarkan makanan khas Malaysia yang sebenarnya. 

Es ABCD merupakan singkatan dari Air Batu Campur Durian yang memang terkenal seantero Malaysia, bahkan dunia berkat animasi Upin Ipin.


Meski namanya sederhana namun bahan pembuatnya cukup beragam, mulai dari susu kental manis, susu cair, jagung manis, cendol, kacang merah, kacang tanah, cincau, bisa juga nata de coco diberi es serut lalu disiram dengan air gula merah kental.

Untuk campuran menyesuaikan, bisa ditambahkan dengan buah-buahan, es krim, dan lainnya. Mirip dengan es campur di Indonesia. Kuliner ini banyak bertebaran di berbagai tempat di Malaysia. Tinggal siapkan saja budget untuk bisa mencicipi ragam kuliner khas Negeri Jiran.

Syarat Masuk Malaysia 2021

Malaysia menjadi salah satu negara yang masih memperbolehkan masyarakat Indonesia untuk berkunjung. Bagi Anda yang memiliki kepentingan, baik itu pekerjaan dan lainnya harus mengetahui terlebih dahulu syarat masuk Malaysia terbaru. Karena setiap negara memiliki aturan sendiri-sendiri terkait masuknya warga asing saat pandemi.

Beberapa syarat untuk bisa masuk Malaysia terbaru adalah menunjukkan kartu vaksinasi dosis lengkap, menunjukkan hasil tes Covid-19 negatif dengan tes PCR, visa, melakukan karantina wajib selama 14 hari, khusus untuk Warga Negara Indonesia. 

Satu lagi yakni memasukkan data di My TravelPass yang dibuat Pemerintah malaysia. Nantinya biaya karantina wajib selama 14 hari akan dibebankan kepada pengunjung. Informasi lebih lengkap lagi bisa hubungi Kedutaan Besar Malaysia yang ada di Jakarta.

Nah bagi Anda yang sudah memenuhi berbagai syarat tersebut, bisa segera mencari tiket dengan mudah di Traveloka. Sudah bertahun-tahun Traveloka menjadi ‘teman’ setia untuk jalan-jalan ke berbagai tempat. 

Selain sangat memudahkan, banyak sekali promo-promo yang ditawarkan. Proses pembelian tiket mudah, pembayaran terpercaya, tinggal duduk di rumah dan tiket dikirim melalui email atau SMS.

Sampai di sini informasi mengenai berbagai makanan khas Malaysia yang wajib dicicipi saat berkunjung plus syarat masuk Negeri Jiran terbaru tahun 2021. 

Sebelum berkunjung penuhi terlebih dahulu syaratnya, dan saat sudah sampai di sana terus lakukan prokes dan patuhi berbagai peraturan yang telah ditetapkan.

2 komentar untuk "5 Rekomendasi Makanan Khas Malaysia yang Sayang Dilewatkan Jika Berkunjung"

  1. Ya ampun tergiur banget aku ngeliat menu-menu makanan di negeri Jiran. Es ABCD nya bikin pingin cobain karena ada campuran gula merahnya yang pasti udah kebayang rasa manisnya kayak gimana..

    Nasi lemaknya bikin penasaran sama rasa sambalnya. Sambalnya mirip sambal indo kah atau cita rasanya bener-bener beda yaa

    BalasHapus
  2. Es ABCDnya bikin ngiler. Why? Krn ad durennya itu loh.

    BalasHapus