Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Kriteria Apartemen yang Layak Untuk Investasi

Apakah kamu sedang mencari apartemen untuk investasi? Apakah kamu ingin tahu mengenai kriteria apartemen yang layak untuk dijadikan investasi?

Bila iya, maka kamu telah membaca artikel yang tepat. Kali ini saya akan sharing bagaimana cara memiliki apartemen yang layak untuk investasi. Simak baik-baik ya!

Perhatikan Tujuan Investasimu Terlebih Dahulu

Namun hal yang harus kamu perhatikan pertama kali adalah tujuan investasi. Kamu investasi apartemen untuk apa? Tujuannya apa?

Karena kamu harus memiliki tujuan yang benar saat hendak investasi apartemen. Kalau tujuan investasimu salah, maka inilah yang membuatmu merasa rugi.

Kalau kamu investasi apartemen secara sembarangan dan tanpa perencanaan yang jelas, maka besar kemungkinan kamu akan merugi.


7 Kriteria Apartemen yang Bagus Untuk Investasi

Baiklah, sekarang saatnya saya sharing mengenai kriteria apartemen yang bagus atau yang layak untuk dijadikan investasi. Simak baik-baik ya!

1. Lokasi Strategis

Usahakan ini menjadi kriteria utama saat kamu hendak investasi. Carilah apartemen yang lokasinya di tempat-tempat bagus alias strategis.

Kalau kamu punya apartemen di lokasi yang bagus, maka kamu akan mendapatkan capital gain. Bahkan kamu tidak susah bila hendak menyewakan apartemen karena lokasinya yang strategis.

Perhatikan juga akses jalan dan transportasi umum. Kalau dilewati jalan besar, biasanya orang-orang tertarik untuk sewa apartemen di sana. 

Apakah di dekat sana ada stasiun KRL, halte bus, stasiun MRT, dan lainnya. Karena orang-orang sewa apartemen itu butuh tempat yang strategis dan dekat kalau mau kemana-mana.

2. Konsep Apartemen

Konsep apartemen itu penting saat memilih investasi. Apa yang dimaksud dengan konsep apartemen?

Coba kamu cek dulu. Apakah di bawah atau di atas apartemen ada mall? Apakah ada lapangan golfnya? Apakah ada bioskop atau tempat hiburan? Apakah ada restoran atau kafe di sini?

Bila ada, tentu saja penghuni apartemen akan betah tinggal di sana. Sebab, fasilitas telah tersedia semua.

Kalau konsepnya selengkap ini, besar kemungkinan kamu akan mendapatkan keuntungan kala investasi. Jangan kaget bila 5 tahun ke depan, harga jual apartemenmu naik 2x lipat karena fasilitas yang lengkap.

Nggak hanya fasilitas umum yang kamu perhatikan sebagai konsep apartemen. Perhatikan juga tipe apartemen dan pelayanan di dalamnya.

Mulai dari studio, 1 bedroom, 2 bedroom, dan lainnya. masing-masing memiliki kebutuhan yang berbeda.

Namun supaya kamu nggak merasa rugi, belilah unit yang sesuai dengan kebutuhanmu. Supaya kalau sewaktu-waktu kamu butuh, kamu bisa langsung menggunakannya.

3. Struktur Bangunan yang Kokoh

Karena akan digunakan sebagai tempat tinggal dan investasi, pastikan kekuatan struktur bangunannya. Coba lihat apakah sudah ada retakan atau belum. Apakah bangunanya kokoh.

Supaya lebih aman, kamu bisa ajak temanmu yang profesional di bidang bangunan. Untuk mengecek kondisi plafon, material dinding, keretakan, dan lain-lain.

Kalau sudah muncul satu garis retakan. Sudah. Pulang saja dan lupakan. Retak setitik bisa membuat roboh 1 bangunan. Apalagi apartemen adalah rumah susun yang akan ditempati oleh banyak orang secara vertikal.

Jadi jangan sampai kamu mengorbankan harta benda maupun jiwa saat membeli apartemen. Pastikan kamu membeli apartemen dengan struktur bangunan yang kokoh.

4. Rencana Pembangunan di Sekitar Apartemen

Ini juga bisa menjadi salah satu faktor pendukung naiknya nilai apartemenmu. Dengan adanya rencana pembangunan di sekitar apartemenmu, menunjukkan bahwa lokasi tersebut strategis.

Juga menunjukkan bahwa akan ada banyak orang di sana. Bisa jadi akan ada banyak karyawan baru yang membutuhkan tempat tinggal terdekat, yaitu apartemen.

5. Perhatikan Supply dan Demand

Saat melakukan investasi apartemen, perhatikan juga supply dan demand-nya. Kalau terlalu banyak unit apartemen yang disewakan, maka harga sewa akan cenderung turun.

Kalau kamu memang nggak tahu mengenai supply dan demand mengenai investasi properti ini, cobalah cari orang-orang yang expert atau ahli dalam menilai: Apakah supply dan demand berimbang?

Tingkat ketersewaan ini memberikan andil yang besar untuk nilai investasimu. Jadi kamu bisa mengira-ngira keuntungan dari apartemen yang kamu sewakan.

6. Cek Kredibilitas dan Legalitas

Pastikan kamu cari tahu dulu ya tentang legalitas apartemen tersebut. Jangan asal deal-deal aja. Apalagi kalau kamu beli saat soft launching dan gedung apartemennya belum dibangun.

Jadi kamu harus tahu terlebih dahulu mengenai kredibilitas developer. Kamu bisa cari tahu review properti yang dibangun developer itu melalui media sosial maupun google review.

Kalau ingin lebih akurat, kamu bisa mencari informasi lewat Asosiasi Perhimpunan Penghuni Rumah Susun Seluruh Indonesia (APERSSI). Tujuannya, supaya kamu terhindar dari developer nakal.

Usai mengetahui kredibilitas developer, selanjutnya coba kamu tanyakan mengenai sertifikat legalitas. Sertifikat yang harus ada yaitu HGB, IMB, dan SIPPT dan pemerintah setempat.

Jadi kamu bisa tenang saat berinvestasi. Kalau mereka bilang bahwa mereka masih mengurus perizinan, sungguh jangan percaya.

7. Hitung Pajak dan Biaya Lain

Kalau membeli apartemen, akan ada biaya bulanan dan tahunan yang harus kamu tanggung meskipun apartemen itu kosong.

Supaya kamu nggak merasa rugi, coba hitung dulu pajak dan biaya yang dibutuhkan. Seperti biaya parkir, biaya keamanan, biaya air, biaya listrik, dan lainnya. Hitung juga berapa pajaknya.

Jadi, apartemen yang kamu miliki itu memang bisa dijadikan investasi yang memiliki nilai tambah dalam beberapa tahun ke depan.

Kalau dalam perhitungan tersebut kamu merasa rugi, nggak perlu diteruskan. Coba cari di tempat lain saja. 

Rekomendasi Apartemen Untuk Investasi

Ada banyak apartemen di Jakarta yang bisa kamu pilih. Namun apakah semuanya cocok untuk dijadikan investasi? Apakah kamu sudah tahu kredibilitas developer?

Supaya kamu nggak bingung mencari apartemen di Jakarta yang cocok untuk investasi, mungkin apartemen permata senayan bisa menjadi alternatif pilihanmu. Ini adalah apartemen yang sering direkomendasikan oleh para investor. 

Nggak percaya? Coba saja cari tahu lebih lanjut!


Posting Komentar untuk "7 Kriteria Apartemen yang Layak Untuk Investasi"