Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ini 5 Alasan Mengapa Orang Startup Menggunakan Metode Scrum

Akhir-akhir ini lingkungan startup sedang keasyikan membahasa metode scrum. Sebuah metode baru yang dapat memberikan berbagai kemudahan dalam software development.

Sebelum kamu mengetahui apa saja alasan mengapa orang-orang menggunakan metode scrum, sebaiknya kamu harus pahami dulu apa itu metode scrum. 

Metode scrum adalah kerangka kerja yang diadaptasi untuk menerapkan pengembangan agile. Adapun elemen penting ini mencakup kolaborasi, pengorganisasian yang dilakukan sendiri oleh setiap anggota tim dan tim yang lintas fungsi.


Sebenarnya metode scrum sudah ada sejak zaman dahulu, lebih tepatnya pada tahun 1986. Namun akhir-akhir ini metode scrum sedang booming lagi di kalangan pegiat startup.

Lantas, timbul pertanyaan: mengapa orang-orang startup kini berbondong-bondong menggunakan metode scrum? Apa hebatnya metode scrum? Apa keunggulan metode scrum? 

5 Alasan Mengapa Orang Startup Menggunakan Metode Scrum

Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, maka berikut ini telah dirangkum 5 alasan mengapa orang-orang memilih menggunakan metode scrum dalam software development mereka.

1. Hemat Biaya 

Ini adalah alasan utama mengapa orang-orang memanfaatkan kembali metode scrum. Orang-orang menilai bahwa metode scrum lebih hemat biaya. Biaya overhead dari proses dan manajemen dapat diminimalkan namun tetap bisa memberikan hasil yang maksimal.

2. Hemat Waktu

Orang-orang juga menilai bahwa menggunakan metode scrum cenderung lebih hemat waktu. Diketahui bahwa metode scrum juga menerapkan teknik sprint di dalamnya. 

Nah, teknik sprint ini memiliki batasan waktu saat mengembangkan sebuah produk. Tentu saja hal ini memberi keuntungan sehingga metode scrum dapat membuat waktu lebih efisien. 

3. Mudah Mengukur Produktifitas Tim

Metode ini dinilai dapat mengukur tingkat produktifitas setiap individu di dalam tim. Pekerjaan dapat dimulai dari rapat pertemuan seluruh tim scrum yang selanjutnya dibagi sesuai dengan job desk masing-masing.

Masing-masing pekerjaan dikontrol setiap hari. Paling tidak, ada obrolan dalam 1 tim untuk mendiskusikan progress yang sedang dikerjakan. Kalau ada masalah, bisa disampaikan dan sama-sama saling bantu.

4. Mengikuti Perkembangan Teknologi dan Bahasa Pemrograman

Alasan lain yang menguatkan orang-orang menggunakan metode scrum adalah adanya perkembangan teknologi dan bahasa pemrograman secara terus menerus. 

Adaptasi yang dilakukan oleh metode scrum memberikan keuntungan tersendiri karena berbagai produk dapat dikembangkan dengan metode yang sama. 

5. Pekerjaan Lebih Detail dan Rapi

Perkerjaan yang memuaskan adalah pekerjaan yang tersusun secara detail, sistematis, dan rapi. Sangat memudahkan untuk bekerja hingga mendapatkan hasil yang maksimal.

Dalam menjalankan metode scrum, maka tim scrum minimal terdiri pemilik produk, tim development, dan scrum master.

Tim scrum ini mempunyai kebebasan dalam memilih cara terbaik untuk mengerjakan job desk mereka. Metode ini memang dirancang untuk mengoptimalkan fleksibilitas para pekerjanya.

Sebab, kreatifitas adalah kunci dari suksesnya sebuah startup yang dikembangkan. Kalau diberikan area kreatifitas dan inovasi yang seluas-luasnya, maka tidak mengherankan bila hasil akhirnya akan memuaskan.

Itulah 5 alasan orang-orang menggunakan metode scrum untuk mengembangkan startup mereka. Sekarang orang-orang sepakat bahwa metode scrum tidak hanya terbatas pada engineer maupun developer. Melainkan juga bisa untuk mengembangkan proyek lain seperti mengembangkan bisnis start up. 

Dengan kelima alasan yang telah dipaparkan secara gamblang di atas, apakah kini kamu semakin tergugah untuk mulai menggunakan metode scrum?

Coba saja dulu. Tidak ada yang salah dari mencoba. Namun pastikan kamu menerapkan 1 tips penting, yaitu temukan tim yang tepat untuk memulai metode scrum. Selamat mencoba!


Posting Komentar untuk "Ini 5 Alasan Mengapa Orang Startup Menggunakan Metode Scrum"