Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Cara Potong Rambut Sendiri dengan Gunting Model Segi

Memang ya, potong rambut sendiri itu memberikan sensasi yang berbeda. Mungkin ada yang pengen potong rambut sendiri karena baru putus dari si mantan. Ada juga yang potong rambut sendiri karena pengen coba-coba ala DIY-DIY di Tiktok gituu.

Ya apapun alasannya, marilah kita belajar memotong rambut sendiri dengan gunting. Iya, dengan gunting. Mau pakai apalagi. Kalau ternyata hasilnya bagus, wuah bisa jadi nanti kita punya salon potong rambut sendiri. Mantaaap.


5 Cara Potong Rambut Sendiri Model Segi

Kali ini saya akan sharing tentang cara memotong rambut sendiri dengan menggunakan gunting. Inshaa Allah cara ini aman dan memberikan hasil yang rapi. 

Oh ya, model rambut yang hendak saya contohkan adalah model segi ya. Iya, model segi memang laris di pasaran, hoho. Yuk simak baik-baik cara berikut ini.

1. Siapkan Alat dan Bahan

Pertama-tama, siapkan alat dan bahan. Alat yang kamu butuhkan antara lain:

  • Gunting (yang tajam ya, jangan yang tumpul)
  • Sisir
  • cermin
  • Baskom (untuk menampung rambut yang telah dipotong)

Adapun bahan yang kamu butuhkan antara lain:

  • Air
  • Shampo dan kondisioner (disarankan merk Dove)

2. Basahi Rambut

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah basahi rambut. Bisa kok kalau keramas sekalian. Direkomendasikan menggunakan shampo Dove ya soalnya lebih lembut dan lebih nyatu dengan rambut.

Setelah menggunakan shampo, bilas dengan air bersih. Lalu tambahkan kondisioner ya supaya rambutnya ternutrisi.

3. Anginkan Rambut Setengah Kering

Eh jangan tiba-tiba dipotong dulu, apalagi dalam keadaan basah banget. Sebaiknya angin-anginkan sebentar. Keringkan rambut setengah matang supaya nggak basah banget.

Sekalian sisir yang rapi. Disisir pelan-pelan ke arah bawah supaya rapi. Nyisir rambutnya pelan-pelan saja. Dinikmati sambil nonton Youtube.

4. Ikat Rambut Seperti Kuda Poni

Kalau rambut sudah setengah kering dan sudah disisir rapi, marilah mulai eksekusi. Ikatlah rambut dengan kuncir yang mirip kuda poni. Pastikan semua rambut masuk ke dalam kunciran tersebut ya. Kuncirlah rambut tepat berada di atas kepala loh ya. 

Lalu ambil posisi rukuk (seperti sholat). Otomatis rambut akan jatuh ke bawah. Kemudian potonglah rambut sesuai panjang yang kamu mau. 

Gunakan cermin untuk melihat posisi potongan rambutmu. Potonglah secara lurus lalu mulai dengan cropping ujung rambut. Potong rambut ke atas sedikit demi sedikit bagian ujungnya supaya terbentuk model segi.

5. Pisahkan Rambut Menjadi 2 Bagian

Selanjutnya, rambut bagian belakang uraikan, sedangkan rambut bagian depan diikat kuncir kuda. Potong lagi bagian depannya secara perlahan.

Bila sudah selesai, maka silakan buka kuncirannya. Kalau masih kurang maksimal, potong lagi sesuai kehendakmu. Kalau hasilnya sudah bagus, wuah selamat ya akhirnya kamu bisa potong rambut sendiri model segi.

Rahasia Potong Rambut Model Segi

Itulah 5 cara sederhana yang bisa kamu lakukan untuk potong rambut sendiri model segi. Mudah banget bukan? Ah ya, sebelum memulai potong rambut, saya ada rahasia supaya hasil potongan rambutmu bagus.

Cobalah potong rambutnya pelan-pelan. Jangan tiba-tiba langsung potong 5-10 cm. Cukup potong 1-2 cm terlebih dahulu. Bila bagus, lanjutkan. Berarti kamu sudah mahir.

Setelah itu, ada baiknya kamu merapikan rambut model segimu. Kamu bisa menjadikannya lebih rapi dengan memotong secara acak tipis-tipis di bagian ujungnya. Tujuannya, supaya rambut segimu semakin terbentuk. Selamat mencoba!

Posting Komentar untuk "5 Cara Potong Rambut Sendiri dengan Gunting Model Segi"