Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Tips Desain Rumah Scandinavian Minimalis

Saat ini sedang ngetrend rumah-rumah minimalis dengan tema scandinavian. Bukan karena apa, melainkan desain rumah scandinavian ini cakep banget. Bikin seger di depan mata. Simple tapi keren.

Maka tak mengherankan bila banyak anak muda yang memimpikan memiliki rumah minimalis namun dengan gaya scandinavian. Apalagi gaya scandinavian ini sangat related atau cukup dekat dengan rumah minimalis.

Apa Itu Rumah Scandinavian?

Sebelum membahas lebih jauh, alangkah baiknya bila kamu tahu apa definisi dari rumah Scandinavian? Mengapa disebut rumah Scandinavian? Sebenarnya Scandinavian itu apa?

Bila pertanyaan-pertanyaan tersebut bergaung di telingamu, berikut ini saya akan mendefinisikan arti rumah scandinavian seefisien mungkin.

Rumah dengan gaya/tema Scandinavian merupakan desain rumah yang mengusung konsep khas negara-negara Scandinavian. Adapun negara yang termasuk wilayah Scandinavian adalah Norwegia, Denmark, Islandia, Finaldnia, dan Swedia.

Gaya rumah khas Scandinavian ini sering dilirik oleh banyak orang karena desainnya yang unik dan minimalis. Maka tak mengherankan bila konsep ini juga sampai di Indonesia.


5 Tips Desain Rumah Gaya Scandinavian Untuk Rumah Minimalis

Namun tidak banyak orang yang tahu, bagaimana cara mendesain rumah minimalis ala Scandinavian. Supaya kamu tidak salah paham dan salah pilih, ada baiknya bila kamu memperhatikan 5 tips berikut ini tentang cara memilih desain interior rumah gaya Scandinavian untuk rumah minimalis!

1. Manfaatkan Bahan Wol

Rumah Scandinavian ini identik dengan kain tekstil atau bahkan kain wol. Hal ini lantaran negara-negara Scandinavian terkenal dengan cuaca dingin. Untuk memenuhi kehangatan, maka mereka sering menggunakan interior berbahan woll atau bulu.

Namun berhubung Indonesia beriklim tropis, sepertinya interior dengan bahan wol cukup berlebihan ya kalau dipasang di jendela. Namun tenang saja, ada solusinya. Kamu bisa memanfaatkan kain-kain itu sebagai karpet, sarung bantal, penutup sofa, dan lainnya. Jadi interior rumahmu akan tetap ala-ala Scandinavian.

2. Warna Netral

Hal yang harus kamu ingat adalah rumah scandinavian ini sangat simple dan biasanya mereka menggunakan warna netral, seperti hitam, putih, dan abu-abu. Hanya berkisar pada ketiga warna itu saja.

Kalau ada warna lain yang keluar dari 3 pakem tersebut, maka rumah tak bisa bilang bergaya Scandinavian lagi. Sebab tone-nya sudah berbeda karena telah dirusak oleh warna lain.

3. Dekorasi Simple

Kalau kamu memang pengen punya rumah minimalis gaya Scandinavian, maka kamu harus tahu bahwa dekorasinya simple saja. Nggak perlu ada banyak pernak-pernik untuk memeriahkan suasana.

Cukup letakkan barang-barang yang memang berguna dan dibutuhkan. Jadi secara tidak langsung kamu akan menghemat pengeluaran dan telah membuat rumah menjadi minimalis.

4. Finishing Berupa Kayu atau Logam

Rumah scandinavian itu sederhana namun berkelas. Untuk menunjukkan kesan berkelas, biasanya mereka menggunakan kayu atau logam sebagai finishingnya.

Mulai dari lantai kayu, gagang lampu dari logam, dan lainnya. Mereka jarang banget finishing dengan bahan plastik. Bahkan jarang banget ada barang-barang interior rumah tangga yang berbahan plastik. Bahan plastik ini mengakibatkan norak karena terlalu berwarna.

5. Terang dan Lapang

Rumah minimalis dengan gaya scandinavian ini identik dengan rumah yang terang dan lapang. Terang ini dikarenakan pencahayaan matahari bisa masuk dengan maksimal. Adapaun suasana yang lapang terbangun karena dekorasi yang simple dan furniture dengan warna netral.

Efek terang dan lapang di rumah Scandinavian ini juga identik dengan tipe rumah minimalis. Maka tak mengherankan bila orang-orang dengan rumah minimalis akan mengacu pada desain rumah di Scandinavian.

Memang cukup tricky bila kamu ingin membuat dan mendekorasi sendiri rumahmu supaya bisa bertema Scandinavian. Namun daripada kerepotan mikir nggak jelas, coba saja cari jasa desain interior rumah. 

Kamu bisa pesan jasa desain interior rumah minimalis di Leora. Leora ini adalah desain interior yang expert. Mereka sudah berpengalaman menghasilkan ruangan, kafe, kamar, bahkan rumah dengan gaya Scandinavian. 

Jadi, sekarang kamu nggak pusing lagi bila menghendaki rumah minimalis ala Scandinavian. Sebab kamu sudah tahu bagaimana tipsnya, ciri-cirinya, dan siapa expert desain interiornya.

Yak, selamat memperjuangkan rumah idaman!

Posting Komentar untuk "5 Tips Desain Rumah Scandinavian Minimalis"