Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Yuk Intip Laporan Keuangan Mayora Terbaru

 Hayooo, siapa yang sedang cari laporan keuangan Mayora terbaru? Apakah kamu mahasiswa yang sedang mencari informasi untuk mengerjakan tugas dari dosen? Lalu diminta untuk cek dan menganalisis laporan keuangan Mayora?

Bila iya, maka kamu telah membaca artikel yang tepat. Kali ini saya akan sharing tentang rangkuman laporan keuangan Mayora Indah Tbk mulai tahun 2015 hingga tahun sekarang yakni tahun 2021. 

Laporan Keuangan Mayora 2015-2020

Yuk, simak langsung laporan keuangan perusahaan yang bergerak di bidang makanan ini. Mari kita cari tahu apa makanan yang laris di sini!

Laporan Keuangan Mayora 2015

Tertera dalam laporan tahunan Mayora tahun 2015, didapatkan fakta bahwa Mayora berhasil meraih penjualan senilai 14,8 trilyun. Meningkat sebesar 4,6% daripada tahun 2014. Keren banget, bukan?

Sedangkan perolehan laba Mayora mencapai 1,9 trilyun dengan labar bersih 1,25 trilyun. Tentunya laba sebesar ini berhasil didapatkan berbagai kebijakan strategis yang dilakukan. Beberapa di antaranya yaitu:

  1. Memperkuat tim New Product Development Perseroan
  2. Banyaknya inovasi produk dan meluncurkan produk baru
  3. Tim Marketing eksport berusaha memperluas tujuan ekspor
  4. Memperbanyak varian produk yang dijual
  5. Meningkatkan efisiensi beban usaha

Laporan Keuangan Mayora Indah 2017

Ada yang menarik tentang keuangan Mayora Indah tahun 2017. Rupaya Mayora Tbk berhasil memperoleh nilai penjualan hingga 20,82 trilyun. Nilai ini naik secara signifikan sebesar 13,44% daripada tahun sebelumnya. Adapun laba bersih yang dicapai Mayora adalah 1,63 trilyun. Keren ya! 

Keberhasilan Mayora Indah tbk ini tak lepas dari strategi kebijakan yang dilakukan. Adapun kebijakan strategis yang dilakukan oleh Mayora untuk meningkatkan nilai penjualan dan labanya antara lain:

  1. Pengembangan dan diversifikasi merek dagang
  2. Memperbanyak varian rasa
  3. Memperbanyak jenis produk yang dihasilkan
  4. Melakukan kerjasama dengan para petani lokal
  5. Melakukan aktivitas promosi yang sesuai target.

Laporan Keuangan Mayora Indah tbk 2018

Lain halnya dengan keuangan Mayora Indah tbk 2018. Laporan keuangan dari Mayora pada tahun 2018 menyajikan fakta bahwa nilai penjualan naik menjadi 20,82 trilyun dengan laba besih 1,76 trilyun. Tetap mendapatkan laba yang besar padahal nilai tukar rupiah sedang berfluktuasi.

Hal ini tak lepas dari kebijakan strategis yang ditetapkan oleh direksi Mayora dan jajarannya. Adapun kebijakan strategis Mayora Indah antara lain:

  1. Memasarkan produk dengan merek dagang yang sudah mapan
  2. Pengembangan diversifikasi merek dagang, varian rasa, dan jenis produk
  3. Mengupayakan proses produksi yang efisien
  4. Menetapkan harga jual yang kompetitif
  5. Memberi dukungan optimal melalui media promosi supaya tepat sasaran.

Laporan Keuangan Mayora 2019

Mayora masih memberikan nilai penjualan yang terbaik pada tahun 2019, yaitu berhasil menaikkan penjualan menjadi 25,03 triliun. Adapun laba bersih yang didapat juga mengalami peningkatan, yaitu 20,04 triliun.

Kesuksesan Mayora ini tak lepas dari tangan dingin para pejabat direksi. Banyak kebijakan strategis yang ditelurkan antara lain:

  1. Memenuhi permintaan di dalam negeri secara maksimal
  2. Berupaya mempertahankan penjualan ekspor
  3. Menetapkan keunggulan bersaing jangka panjang
  4. Melakukan inovasi produk dengan bahan baku lokal.

Laporan Keuangan Mayora 2020

Memang tahun 2020 adalah tahun yang sulit bagi seluruh sektor perdagangan, tak terkecuali Mayora. Mayora juga kelimpungan dalam mempertahankan penjualan akibat pandemi covid-19 yang mengharuskan seluruh warga untuk menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat berbasis mikro (PPKM mikro).

Akibatnya, pertumbuhan ekonomi dunia pada tahun 2020 mengalami penurunan hingga 2%. Hal ini juga dialami oleh Mayora yang mengalami penurunan penjualan sebesar 0.55 triliun. Laba bersih juga mengalami penurunan yang sangat signifikan. Mayora pada tahun 2020 hanya mendapatkan laba bersih 2.09 triliun. Turut prihatin.

Memang adanya pandemi covid-19 ini cukup menohok dan membuat perusahaan terseok-seok. Namun Mayora tetap berusaha berjuang sekuat tenaga agar tetap berproduksi dan mendapatkan keuntungan. Adapun kebijakan strategis saat pandemi covid-19 yang dilakukan Mayora antara lain:

  1. Melahirkan strategi penjualan baru karena orang-orang banyak di rumah
  2. Tetap memperkenalkan beberapa varian produk baru
  3. Membuat berbagai variasi kemasan yang sesuai dengan kebutuhan konsumen
  4. Melakukan pelebaran dan pendalaman terhadap wilayah ekspor
  5. Memberikan fasilitas kerja jarak jauh agar dapat mengakomodasi kebutuhan karyawan

Nah, itulah kesimpulan dari laporan keuangan Mayora mulai tahun 2015-2020. Kalau laporan keuangan Mayora tahun 2021 belum muncul karena tahun 2021 belum berakhir.

Cukup berat ya perjuangan Mayora di tahun 2020 ini. Perjuangan ini juga dirasakan sama susahnya dengan teman-teman lain, baik yang bekerja di perusahaan maupun bekerja secara individu.

Semoga tahun 2021 kita bisa sama-sama bangkit dan kembali berjaya! Aamiin.

Posting Komentar untuk "Yuk Intip Laporan Keuangan Mayora Terbaru"