Punya Budget Terbatas? Ini 7 Tips Mencari Rumah Murah di Bekasi

Posting Komentar
Konten [Tampil]

Bekasi merupakan salah satu pusat industri di Jawa Barat, dengan banyak pabrik dan area perkantoran. Berbagai pengembang telah merespon peluang tersebut dengan mendirikan beragam hunian di kota tersebut. 

Itulah sebabnya masyarakat mulai mempertimbangkan pilihan tempat tinggal yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi masing-masing. 

Umumnya, masyarakat mencari rumah dengan harga terjangkau yang tersedia di Bekasi. Misalnya perumahan Metland Tambun yang banyak diminati masyarakat. 

Tips Mencari Rumah Murah di Bekasi

Jika Anda berencana untuk mendapatkan tempat tinggal di kota yang padat ini, ada beberapa cara untuk memilih rumah berkualitas dengan harga terjangkau di Bekasi.

Berikut sejumlah tips yang bisa Anda terapkan.

1. Kumpulkan Informasi Sebanyak Mungkin

Pertama, kumpulkan informasi sebanyak mungkin sebelum membeli rumah. Anda dapat menggunakan metode konvensional untuk mencari hunian. Anda bisa memanfaatkan promosi langsung dari pengembang properti atau melalui rekomendasi dari teman atau kenalan. 

Saat mencari informasi dari pihak properti, Anda dapat menanyakan secara rinci mengenai lokasi, fasilitas, dan harga. Sementara itu, dari orang-orang yang Anda kenal, Anda bisa mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai kelebihan dan kekurangan properti yang dimaksud. Pilihlah metode yang sesuai dengan preferensi Anda.

2. Ikuti Pameran Properti dan Media Sosialnya

Pengembang properti saat ini semakin giat dalam memasarkan produk mereka, termasuk dengan menggelar pameran properti yang sering diadakan di pusat perbelanjaan terkenal. 

Anda bisa memanfaatkan kesempatan itu untuk hadir dan mengamati secara langsung pilihan perumahan yang ditawarkan. Jangan lupa untuk menanyakan akun media sosial properti tersebut agar Anda bisa memperoleh informasi terupdate dan memastikan bahwa pilihan hunian tersebut sesuai dengan kebutuhan Anda. 

Keikutsertaan Anda dalam pameran properti juga memiliki keuntungan tersendiri. Biasanya, Anda akan lebih mudah menemukan rumah terjangkau dijual di Bekasi. Karena pameran ini kerap menawarkan perumahan dengan fasilitas menarik dengan harga yang kompetitif.

3. Mengunjungi Lelang Properti

Berikutnya, Anda juga bisa mempertimbangkan rumah-rumah yang ditawarkan dalam proses lelang. Harga hunian yang dilelang biasanya lebih rendah daripada harga rumah bekas. 

Ini disebabkan oleh kebutuhan lembaga keuangan untuk mendapatkan penggantian cicilan yang gagal dibayar oleh pemilik sebelumnya. 

Jika Anda tertarik membeli hunian dari lelang, pastikan untuk memeriksa kondisi rumah dari berbagai aspek agar terhindar dari masalah di kemudian hari. Saat ini, banyak bank yang menawarkan beragam tipe hunian dengan harga terjangkau namun tetap memiliki kualitas yang baik. 

Ini cocok bagi Anda yang mencari rumah subsidi. Selain itu, mencari hunian melalui bank memiliki keuntungan dalam sistem pembayaran yang lebih mudah. Meskipun demikian, untuk opsi ini, Anda harus melakukan pertimbangan yang cermat terhadap segala aspek sebelum melakukan pembelian.

4. Mencari Perumahan di Pinggir Kota

Dalam membeli hunian, setiap orang memiliki preferensi masing-masing. Anda bisa mencari hunian yang berlokasi di pinggiran kota karena biasanya, perumahan di pinggiran kota memiliki harga yang lebih terjangkau daripada di pusat kota. 

Namun, untuk opsi ini, pertimbangkan dengan baik apakah lokasinya sesuai dengan kebutuhan. Jika lokasinya terlalu jauh dari tempat kerja atau area yang sering Anda kunjungi, lebih baik mencari alternatif lain.

5. Mencari Hunian di Dekat Permukiman

Selain di pinggiran kota, Anda juga dapat mencari hunian yang berdekatan dengan permukiman penduduk yang umumnya memiliki harga lebih terjangkau. 

Saat ini, banyak pilihan hunian dekat permukiman yang meskipun harganya ekonomis, tetapi memiliki lokasi yang strategis. Namun, perlu dicermati dengan seksama, karena hunian semacam ini mungkin memiliki beberapa kelemahan yang tidak sesuai dengan preferensi Anda.

6. Mencari Rumah Alternatif

Anda juga bisa mencari rumah yang usianya sudah lama namun masih layak huni. Dalam hal ini, "rumah lama" bukan berarti rumah rusak dan tak layak dihuni, tapi rumah yang masih dalam kondisi baik. 

Anda juga dapat mencari rumah yang berada di area gang karena umumnya, rumah-rumah ini dijual dengan harga yang lebih terjangkau. 

Untuk mencari informasi tentang ini, Anda dapat bertanya kepada teman atau kenalan apakah ada rumah yang dijual di sekitar lingkungan mereka. Meskipun demikian, tetap perhatikan apakah lokasinya strategis atau tidak.

7. Menemukan Secara Langsung di Platform Properti

Berikutnya, cara yang bisa Anda terapkan dalam mencari rumah terjangkau dijual di Bekasi adalah dengan mengunjungi situs-situs properti. Situs properti umumnya menyajikan informasi tentang nama perumahan, jenis hunian yang tersedia, dan juga kolom untuk estimasi anggaran.

Kesimpulan

Itulah 7 tips mengenai cara mencari rumah terjangkau dijual di Bekasi yang memiliki kualitas baik. Dalam mencari rumah, diperlukan kesabaran dan ketelitian. Jangan terburu-buru memutuskan, karena keputusan yang ceroboh bisa berdampak negatif di masa depan.

Rhoshandhayani KT
Rhoshandhayani, seorang lifestyle blogger yang semangat bercerita tentang keluarga, relationship, travel and kuliner~

Related Posts

Posting Komentar