Menggapai Angkasa

Jelajahi Indahnya Negeri Pecahan Surga

Monday, 17 June 2013

BALIK SOLO LEWAT SELO

Jalan menuju Solo dari Yogyakarta pastilah yang familiar ialah jalan raya Jogja – Solo, yup jalan raya yang membentang menghubungkan Solo dan Jogja tersebuat memang banyak dilalui kebanyakan para pengendara kendaraan baik yang ingin menuju kota Yogyakarta mupun mereka yang menuju kora Solo. Jalur ini memang rute yang paling cepat, namun ternyata rute menuju Solo tidak hanya jalan raya tersebut saja, ada banyak rute – rute alternatif yang bisa ditempuh jika jenuh melalui jalan raya Jogja – Solo.


Merah: Yogyakarta-Selo-Solo


Salah rute alternatif menuju Solo adalah melalui kecamatan Selo, memang hanya berbeda satu huruf dengan Solo, namun tempat ini terletak terpisah dari Solo. Selo adalah nama sebuah kecamatan di kabupaten Boyolali, Jawa Tengah. Rute ini melewati tengah – tengah antara gunung Merapi dan Merbabu.

Merbabu
Mengambil rute Selo menuju Solo merupakan pilihan yang tepat bagi mereka yang ingin melakukan perjalanan sambil refreshing karena rute ini melewati pertengahan antara Merapi dan Merbabu sehingga menyuguhkan pemandangan yang spektakuler, terlebih saat pagi hari di hari yang cerah. 

Merapi

Menengok ke arah kiri (utara) gunung Merbabu berdiri dengan anggunnya dengan tirai embunnya serta matahari di ufuk timur yang semakin mempercantik langit timur, sementara saat memandang ke arah kanan (Selatan) akan nampak saudara muda Merbabu, yup gunung api paling aktif di muka bumi yaitu Merapi yang tak kalah cantik dengan puncaknya yang mengeluarkan asap. Tidak ketinggalan pula di sisi barat nampak si kembar Sumbing-Sindoro yang begitu anggun.



Apabila ingin berhenti sejenak menikmati pemandangan Joglo New Selo adalah pilihan yang tepat. Joglo ini terletak di lereng Merapi, untuk menuju ke sana dari jalan utama Selo akan ada pertigaan yang ada plakat petunjuk jalan bertuliskan “Joglo Merapi”, tinggal ikuti jalan tersebut karena letaknya ialah di ujung jalan. Menjelang Joglo New Selo, di kiri jalan ada base camp Bara Meru Merapi yang merupakan base camp bagi para pendaki gunung Merapi karena Joglo Merapi tersebut juga merupakan rute pendakian awal menuju puncak gunung Merapi. Saat akan menuju Joglo Merapi pastikan kendaraan kuat untuk menanjak, karena tanjakan menjelang lokasi Joglo Merapi cukup curam.

Merbabu dari Joglo New Selo

Itulah sedikit gambaran mengenai rute Jogja – Solo melalui Selo. Tertarik kah anda untuk sesekali mencobanya..?

Bonus: Lawu di Ujung Timur

2 comments:

  1. sayang banget fotonya di photobucket ya, jadi gak muncul Gan ...

    Salam kenal,
    Eri Anggoro Kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya gan.. Baru berusaha betulin satu per satu..

      Delete

Terima Kasih Atas Kunjungan Anda