Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Curug Silawe Magelang yang Sejuk, Indah, dan Menyegarkan

MENGGAPAIANGKASA.com - Rupanya Magelang masih punya obyek wisata yang sangat indah, tetapi masih tersembunyi. 

Selain Silancur Highland, ada satu air terjun di lereng Gunung Sumbing yang sangat elok, tetapi masih jarang dijamah para wisatawan, sehingga membuat keasrian alamnya terjaga dengan baik. Ia adalah Curug Silawe.

Usai mendapatkan momen sunrise yang epik di Silancur Highland, Minggu (19/01/2020), saya melanjutkan perjalanan ke arah barat daya Magelang. Sengaja datang ke Curug Silawe untuk menyaksikan keindahannya.

Rute Menuju Air Terjun Curug Silawe Magelang

Curug Silawe ini terletak di Dusun Kopeng Kulon, Desa Sutopati, Kecamatan Kajoran, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Jarak tempuh dari Kota Magelang adalah sekitar 20 km. Waktu tempuh yang dibutuhkan kira-kira 45 menit dari pusat kota.

Perjalanan menuju Air Terjun Curug Silawe melewati jalan utama menuju wisata Candi Borobudur. Kemudian berlanjut menuju jalan penghubung Salam-Purworejo.

Berkendaralah terus hingga menemukan sebuah persimpangan yang mengarah ke Kecamatan Kajoran. Dari daerah Kajoran, lanjutkan dengan menyusuri jalan kecil berupa jalan cor khas desa hingga berujung ke jalan berbatu.

Di ujung jalan dari area permukiman warga, tiba-tiba jalan berubah menjadi menanjak. Iya, jalanan berbatu dan menanjak. Perpaduan yang amat komplet. 

Apabila kamu hendak datang ke Curug Silawe, pastikan kendaraan sudah diservis dan siap untuk diajak menanjak.

Harga Tiket Masuk Curug Silawe

HTM yang dikenakan untuk masuk ke Air Terjun Curug Silawe cukup terjangkau. Pengunjung hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp4.000. 

Kemudian untuk parkir sepeda motor,  pengunjung cukup memberikan uang sebesar Rp 2.000. Jika ingin membeli makanan dan minuman di warung, maka harganya bervariasi.

Kesegaran Curug Silawe

Curug Silawe ini berada di lereng Gunung Sumbing tepatnya pada ketinggian 500 meter di atas permukaan laut (mdpl). Ia tersembunyi di balik hijaunya pepohonan yang rindang dan bambu-bambu rimbun.

Dari sisi atas, kita telah mendapati pemandangan air terjun yang sungguh indah. Cahaya matahari membuat aliran airnya tampak berkilau bagai tirai vertikan yang menjulang tinggi.

Tak sabar rasanya saya ingin segera menuju dasar air terjun. Meski harus melewati tangga semen yang terjal, jalan tetap aman karena ada pegangan besi di kanan kiri.

Ketika sampai di bawah, rupanya kesegaran Air Terjun Curug Silawe tiada tandingannya. Bagai menemukan oase segar di sudut Kabupaten Magelang.

Pelangi di Curug Silawe

Aliran air Curug Silawe yang membentur bebatuan menimbulkan percikan air yang mampu membiaskan cahaya matahari pagi hingga membentuk pelangi. Saya bagai mendapat hadiah alami dari Sang Pencipta.

Keindahan pelangi di Curug Silawe seolah membuat siapa pun ingin mendokumentasikannya melalui lensa kamera. Pelangi di air terjun merupakan sebuah momen langka yang harus diabadikan.

Air terjun dengan ketinggian 50-60 meter ini sungguh indah. Saya begitu kagum dengan Curug Silawe. Bisa dibilang, ini adalah air terjun paling indah yang pernah saya saksikan saat itu.

Main Air di Curug Silawe

Aliran air Curug Silawe saat itu cukup deras. Merupakan sebuah keberuntungan karena saya datang pada musim hujan dengan keadaan cuaca yang amat cerah.

Meski alirannya deras, arus sungai di bawahnya cukup bersahabat, sehingga tidak berbahaya. Kolam air di bawah air terjun juga tidak terlalu dalam. Saya yang tidak bisa berenang pun bisa bermain air sambil melihat gagahnya air terjun.

Pada hari itu, saya menjadi satu-satunya pengunjung yang datang. Seolah saya memiliki air terjun pribadi. Entah kenapa tidak banyak orang yang datang ke sini. 

Mungkin karena lokasinya yang cukup jauh dan masih tersembunyi. Tapi itu merupakan kabar baik. Dengan begitu, Curug Silawe tetap terjaga keasriannya dan menjadi tempat terbaik bagi para pencinta kedamaian.

Sungguh Air Terjun Curug Silawe begitu indah. Di mana lagi bisa menemukan perpaduan antara keindahan alam, ketenangan, kesegaran air dan sejuknya udara. Semua itu tersaji di sini. Di Curug Silawe.

Keindahan Air Terjun Curug Silawe telah saya abadikan dalam bentuk video. Kamu bisa saksikan di video Youtube berikut ini. Dan jangan lupa untuk subscribe channel Youtube saya ya... 

Post a comment for "Curug Silawe Magelang yang Sejuk, Indah, dan Menyegarkan"