Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bagi Pecinta Kopi, Sudah Tahu 5 Fakta Menarik Kopi Lampung Ini?

Ada yang suka minum kopi? Tahukah kamu, kopi apa yang paling nikmat? Kalau Kopi Lampung ada di daftar favoritmu, menandakan bahwa kamu adalah pecinta kopi dengan selera tinggi.

Bagi pecinta Kopi Lampung, kamu akan menjadikan minuman ini sebagai obat saat ngantuk, begadang, juga ketika hangout bersama teman. Bahkan tak sedikit yang merasa sakit kepala apabila tidak minum kopi. 

kopi lampung


5 Fakta Kopi Lampung yang Harus Kamu Tahu

Namun, apakah kamu sudah tahu beberapa fakta menarik dari minuman ini? Simak baik-baik ya

1. Kopi Lampung Telah Ada Sejak Tahun 1900

Tahukah kamu, ternyata kopi robusta dari Lampung ini telah ada sejak tahun 1900-an loh! Kopi ini rupanya dibawa oleh pemerintah kolonial Belanda. Kebiasaan orang Belanda yang gemar mengkonsumsi minuman inilah yang membawa kopi robusta sampai ke Lampung. 

Jika dihitung-hitung, ternyata umurnya sudah tua, bahkan sudah berabad-abad lamanya. Meski sudah berumur, robusta dari Lampung ini tetap digemari sampai saat ini. 

2. Perkebunan Kopi Lampung Terbesar Ada di Lampung Barat

Salah satu perkebunan robusta terbesar terletak di daerah Kabupaten Lampung Barat. Perkebunan ini terhampar seluas 53.611 Ha. Luas sekali ya perkebunannya? 

Perkebunan robusta Lampung terluas kedua berada di Kabupaten Tanggamus dengan luas 43.267 Ha. Dua lokasi inilah yang merupakan pemasok robusta Lampung paling besar. Cita rasa robusta dari dua tempat ini bahkan telah tersohor hingga pelosok negeri.

3. Menjadi Komoditi Ekspor Kopi Terbesar

Faktanya, kopi robusta dari Lampung ini adalah salah satu komoditas kopi yang menjadi kontribusi ekspor kopi terbesar di Indonesia. Jenis kopi ini bahkan menyumbang sampai 70% dari skala kopi nasional. 

Jadi memang rata-rata kopi yang dikirim ke luar negeri adalah kopi robusta. Nama robusta ini pun amat terkenal di luar negeri. Wah, jadi ikut bangga, ya.

4. Memiliki Cita Rasa yang Khas

Pecinta kopi pasti telah tahu rasa kopi yang khas dari daerah Lampung ini. Aroma serta cita rasanya menjadikan robusta Lampung sebagai kopi yang sering dinikmati oleh banyak orang. 

Kopi Lampung yang juga masuk dalam kopi varietas kopi Sumatera ini mempunyai tekstur paling halus. Bicara soal rasa, kopi Sumatera dikenal memiliki cita rasa yang paling berat sekaligus kompleks. 

Apabila dibandingkan dengan kopi dari Indonesia lainnya, kopi Sumatera ini tak kalah unik. Sebagian besar kopi Sumatera diproses secara kering (dry processed). Tapi tetap ada pula kopi yang diproses melalui metode pencucian kering (semi-washed).

Kopi robusta asal Lampung pun dikenal dengan cita rasa pahit yang pekat. Ini tentu sama seperti jenis kopi dari Sumatera lainnya. 

5. Rasanya Nikmat, Tapi Harganya Terjangkau

Harga kopi dari daerah Lampung Barat sangat bervariasi. Semakin tanaman tersebut dirawat secara baik, buah dipetik dengan tepat, serta proses penanganannya maksimal, maka harga kopi tersebut tentunya akan tinggi. 

Sebagai catatan penting, harga kopi asal Lampung Barat tak akan melampaui harga kopi jenis arabika. Untuk kepastiannya, kamu dapat mengamati harga kopi robusta Lampung di beberapa kedai kopi.

Apalagi jika kopi robusta asal Lampung yang dijual merupakan kopi kelas spesial dengan cita rasa yang unik serta nikmat. Pasti nilainya cukup tinggi. Wajar saja, cita rasanya berkelas.

Nah, itu tadi 5 fakta menarik dari Kopi Lampung, salah satu robusta legendaris di negeri kita yang memiliki cita rasa khas. 

Bagaimana? Semakin terkesima dengan kehebatan kopi di alam Indonesia?



Posting Komentar untuk "Bagi Pecinta Kopi, Sudah Tahu 5 Fakta Menarik Kopi Lampung Ini?"