Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

20 Kuliner Lumajang Paling Recommended dan Update

Hai, apa kabar?

Kamu orang Lumajang yang pengen makan makanan enak di Lumajang? Kamu perantau yang pengen tahu kuliner enak di Lumajang? Atau sedang cari tempat buka puasa paling recommended di Lumajang?

Tenang saja, saya kasih tahu 20 tempat makan enak di Lumajang yang paling recommended dan update. Ini hasil diskusi saya dan teman saya. Jadi benar-benar direkomendasikan.

kuliner lumajang

20 Kuliner Lumajang Enak Buat Makan Rame-Rame

Ah ya, tempat buka puasa ini nggak khusus untuk buka bersama saja kok, melainkan mereka memang sudah ada di hari-hari biasa. Jadinya ini bisa dipakai untuk tempat makan yang recommended di Lumajang.

1. Warung Apung Pondok Asri di Sukodono

Kalau kamu nggak mau pusing milih tempat bukber, ya langsung aja ke Warung Apung Pondok Asri di Sukodono. Iyaaa, yang biasanya buat mantenan itu loh. Tapi ada juga tempat makan untuk kita-kita.

Menunya beragam dan porsi besar. Misalkan pesan capjay, koloke, mie goreng, dll, itu bisa dimakan untuk 3-5 orang. Jadi porsinya besar-besar. Kamu bisa sharing dengan teman-temanmu.

Harganya normal kok. Yaa selayaknya harga makanan porsi besar. Tapi nggak sampai 40ribu atau 50ribu kok kalau cuma mie atau capjay. Langsung aja ke sana untuk tanya harganya. Mending booking dulu.

kuliner lumajang

2. Depot Mie Mbak Eni

Kalau kamu ngerasa Pondok Asri di Sukodono itu jauh banget tapi lagi pengen makan capjay yang rasanya seenak di Pondok Asri, coba datang saja ke Depot Mie Mbak Eni yang ada jalan pelita.

Rasanya sama kok. Lahwong resepnya sama. Yang punya sama, hahaha. Di kasir, sudah terpampang harga. Jadi kamu nggak usah malu mau beli apa. Oh ya, ini makannya porsi besar ya. 1 porsi bisa dimakan untuk 3-5 orang.

Menu yang paling favorit apa? Ya capjay lah. 25.000 sekarang harganya. Dibungkus boleh kok. Bisa dibuat makan untuk 3-5 orang. Atau dimakan 2 kali, hehe.

kuliner lumajang

3. Gajah Mada Resto di Jalan Raya

Ini nih pilihan buka puasa untuk kamu yang punya budget agak banyakan dikit. Menunya mewah-mewah. Ada menu makanan untuk porsi single dan porsi besar. Jadi bisa dikombinasikan.

Kalau mau makan yang korea-koreaan juga ada di sini. Tapi ya gitu, harganya segitu lah ya. Kalau memang sesuai dengan budgetmu dan teman-temanmu, ya coba aja datang untuk booking terlebih dahulu.

kuliner lumajang


4. Warung Pondok Bunga di Tekung

Kalau kamu pengen buka puasa di tempat yang asri, yang dikeliling taman dan bunga-bunga, maka Pondok Bunga adalah jawabannya. Lokasinya di Jalan Raya Tukum Tekung.

Makanan untuk buka puasanya enak kok. Saya pernah bukber di sini. Ada ayam bakar, gurami bakar, mie goreng, dan lainnya. Ada porsi single, ada pula yang porsi besar. Harganya terjangkau!

kuliner enak lumajang

5. Wakul Bu Tjipto Narawita Agung

Ini nih buat kamu yang pengen makan enak dan duduk lesehan dengan nuansa Bali. Saya nggak pernah ke sini sih, tapi biasanya pejabat-pejabat sering makan di sini, hoho

Lumayan seger hawanya. Soalnya kita duduk di atas empang. Jadi bisa lihat pemandangan empang dan ikan yang berlalu lalang, hoho.

kuliner lumajang enak

6. Warung Bamboo Café di Panjaitan

Ini nih yang mungkin sering kamu lihat di jalan Panjaitan. Emang fenomenal sih karena letaknya strategis banget. Asik banget buat nongkrong.

Kamu bisa beli makanan berat atau makanan ringan. Direkomendasikan untuk datang usai tarawih. Jadi kamu bisa nongkrong sambil cemal-cemil. Makanan ringannya lebih recommended.

kuliner enak lumajang

7. Warung Kemlecer

Kalau kamu mau bukber satu kelas, langsung aja booking Warung Kemlecer. Cukup cuy. Luas banget malahan. Tapi jangan lari-larian di sini ya, hahaha, saking luasnya.

Menu makanan andalannya ya yang pedes-pedes, yang bikin kamu kemlecer. Tapi kalau nggak mau yang pedes juga bisa kok, langsung pesan aja.

Lokasinya Warung Kemlecer ini agak mblusuk rek. Jadi kamu perlu dituntun pakai Google Maps, hehe.

kuliner lumajang enak

8. Griya Lalapan Pak Basyir

Kalau kamu pengen makan makanan yang enak, yang rasanya wes dijamin mantap, maka lalapan Pak Basyir adalah pilihannya.

Sambalnya muantap pol. Cocok untuk kamu dan gengmu yang suka makan lalapan. Untuk menu utamanya pilih sendiri sesukamu. Mau ayam goreng, lelek goreng, bebek goreng, dll semuanya ada.

Lokasinya yang ada di pertigaan jalan kyai gozali itu loh. Deket jembatan yang tanggulnya sering amblas.

kuliner lumajang murah

9. Warung Lalapan Bang Iwan di JLT

Hampir sama kayak Pak Basyir nih. Dulu saya juga pernah bukber di sini. Recommended. Menunya hampir sama. Lalapan dan menu utama seperti ayam goreng, bebek goreng, mujair, lele, dan lainnya.

Dulu lokasinya ada di Taman Toga, sekarang pindah ke JLT. Mayan lah, luas ruangannya. Cocok buat rame-rame bukber sekelas.

kuliner lumajang enak


10. C-Bezt di Dekat Stadion

Kalau kamu kehabisan tempat dan pengen makan yang enak, bisa bukber di C-Bezt. Kalau acaranya bukber itu mendadak, bisa datang ke sini aja. Ayam krispinya langsung datang.

Tapi paling enak kalau booking dulu, biar disiapin tempat sama karyawannya. Lokasinya ada di baratnya Stadion itu loh. Harganya ya harga wajar kok.

ayam krispi lumajang


11. Mie Semeru

Ini sih mie kesukaan saya, haha. Mie pedes level-levelan. Mie pedas terbaik se-Lumajang. Pelayanannya bagus. Lokasinya ada di dekat SDK Santo Yoseph. Iyaa, nggak jauh dari alun-alun.

Makananya worthed kok. Harganya juga nggak mahal-mahal banget. Kalau mie doang mah ya 11ribuan. Tapi biasanya saya beli paket komplit sama mie + dimsum + minuman, nggak sampai 20.000.

Coba bayar pakai shopeepay, lumayan loh dapat cashback. Biasanya saya dapat cashback 3000, hoho.

mie pedas lumajang

12. Pelangi Bunda

Kalau pengen bukber bareng teman se-geng, mungkin Pelangi Bunda adalah jawabannya. Tempatnya cozy banget. Menu makanannya oke juga. Harga wajar kok.

Saya suka yang seblok iga (seblak bakso iga). Muantap lah. Paling recommended sih daripada makanan lainnya, hoho. Ada mie-miean dan roti-rotian kok. Ayam geprek juga ada. 

kuliner lumajang instagramable

13. Warung Pedas Rowobujel

Ini lokasinya sebelahnya Pelangi Bunda. Rame banget ini. Aneka lalapan pedas tersedia di sini. Tempatnya juga enak buat buka puasa rame-rame.

Harganya worthed lah yaa. Nggak mahal-mahal banget untuk kamu yang nongkrongnya 2 bulan sekali. Banyak kok yang mampir makan di sini.

kuliner lumajang pedas

14. Istana Kuliner

Buber di sini juga bisa. Luas kok. Ada gazebo-gazebo gitu buat kamu buber bareng teman se-geng. Kalau buber buat sekelas, nanti disediakan tempat kok. Tenang aja, ada mushollanya.

Menunya beragam. Ya kayak biasanya aja sih. Ada porsi single dan ada porsi rame-rame. Jadi diatur aja ya mau makan apa untuk orang berapa.

Lokasinya masih di kota kok. Tapi ya emang agak masuk atau nyelempit. Tenang saja, masih bisa diakses mobil kok. Lokasinya tuh arah ke pasar senen jumat. Lebih lengkap cek ke google maps aja deh.

kuliner lumajang


15. Pondok Iga di Embong Kembar

Ini untuk kamu yang pengen buber dengan makan iga-igaan. Katanya yang paling recommended adalah iga bakar. Tapi ada paketan nasi + ayam goreng + lalapan + es teh kok. Kalau paketan ya murah.

Untuk tempat duduknya asyik-asyik. Bisa duduk di lesehan, di taman, kursi rotan, sofa empuk, dan lainnya. Asik banget buat nongkrong bareng teman se-gengmu.

kuliner lumajang

16. Lalapan Iber di Suwandak

Kalau mau buber di sini, pastikan kamu pesan dulu ya, biar karyawannya nggak kewalahan atau kebingungan. Kalau pesan dulu, pegawainya bisa masak sekaligus banyak 

Lokasinya enak dan cozy kok. Bisa banget buat buber sekelas. Menu makanannya porsi single. Jadi aman untuk buka puasa biar nggak rebutan makanan, hahaha.

Ah ya, setahu saya, bagian depan Warung Iber ini tampak kecil dan sempit. Tapi kalau udah masuk lokasinya, lapang cuy. 

kuliner lumajang enak


17. Warung Jerman di Sumbersuko

Ini nih yang baru di tahun 2021. Viral belakangan ini. Nama lengkapnya Warung Angkringan dan Pemancingan Jeruk Manis (WAP Jerman). 

Di sana ada kolam pemancingan dan pengunjung boleh banget petik jeruk dari pohonnya. Kalau makan di tempat, jeruknya boleh dimakan di sana juga. Tapi kalau dibawa pulang, ya jeruknya ditimbang.

Asri kok makan di sini. Seru aja gitu. Bisa lihat pemandangan. Bisa makan-makan cantik di gazebo khas ndeso.

kuliner lumajang

18. Rocket Chicken di Suwandak

Ini cocok untuk kamu dan gengmu yang buber mendadak. Pengennya yang praktis dan siap saji. Ya langsung aja datang ke Rocket Chicken di Jalan Suwandak.

Menu makanannya ya seperti itu. Sama saja dengan resto ayam krispi yang lainnya. Jadi harganya bisa ditebak kan?

kuliner enak lumajang


19. Warung Krasan di Dawuhan Lor

Ini lokasinya di Dusun Plosorejo, Desa Dawuhan Lor, Kecamatan Sukodono. Menyediakan beragam menu kuliner. Tapi yang paling difavoritkan adalah mujair bakar. Sambalnya enak.

Mujair di sini langsung diambil dari kolam ikan yang ada. Diolah dengan bumbu dan langsung meresap ke dalam dagingnya.

Asyik sih makan di sini. Bisa makan di tengah hamparan sawah. Seakan-akan seperti makan di desa jaman dulu banget, hoho.

kuliner lumajang

20. Ayam Geprek Mak Rumpit

Makanannya paling saya rekomendasikan. Dengan harga 12.000 rupiah sudah dapat nasi, ayam geprek bumbu kuning, tahu, lalapan, dan sambal 2 macam.

Tapi sayang banget, saat puasaan, tutup jam 18.00, hahaha. Jadi kamu nggak bisa buka puasa di sini, soalnya karyawannya juga pengen langsung sholat tarawih.

Kalau hari-hari biasa, warung ini rame. Gercep penjualannya. Kalau bawa pulang, bisa banget. Tanpa nasi jadi 11.000 rupiah. Pesan, langsung ambil. Jadi nggak nunggu digoreng, tapi ayamnya tetep kriuk.

Makan di tempat juga oke. Minumannya harga wajar. Enak wes pokoknya.

Kalau emang pengen makan yang praktis dan jelas enak ya ayam geprek mak rumpit ini. Kamu bisa pesan untuk satu kelas, tapi dimakan di salah satu rumah temanmu. Jadi nggak ngerepotin yang punya rumah untuk cuci piring. Mantap kan?

kuliner lumajang


Yass, itulah 20 tempat makan kuliner di Lumajang yang saya rekomendasikan. Saya tahu banget, banyak di antara teman-teman yang nyari rekomendasi kuliner dan tempat buat buat buber di Lumajang.

Jadi, semoga tulisan ini bisa membantu yaaa.




Note: Foto diambil dari berbagai sumber, terima kasih untuk teman-teman yang memfoto dan share di internet. Inshaa Allah berguna sebagai informasi



8 komentar untuk "20 Kuliner Lumajang Paling Recommended dan Update"

  1. saya belum pernah satu pun ke 20 lokasi destinasi kuliner di Lumajang, padahal dulu sering ke Jember lewati Lumajang

    BalasHapus
  2. Rekomendasi nya menarik tp sayang lumajang kejauhan hihhi

    BalasHapus
  3. Ya ampun, ini enak-enak semua. Bebek kemlecernya bikin ngiler. Untung saya baca ini menjelang makan sahur, jadi aman dah. Coba kalau siang, bikin galau hehehe....

    Dari semuanya ini, saya baru sekali mampir ke warung apung pondok asri Sukodono. Pas masuk, salah pula ke gedung pertemuan. Kirain tutup kok sepi, ternyata salah masuk

    BalasHapus
  4. Kalau suatu saat ke Lumajang bisa nih ceki-ceki lagi blog Mbak buat nyari referensi kuliner 🤭 Lengkap banget sudah

    BalasHapus
  5. duh, mauuuu...

    saya belum pernah ke Lumajang mbak

    harus kesini ah, ntar kalau pandemi reda

    dan harus kulineran sampai puas :D

    BalasHapus
  6. MashaAllah. Lengkap dan banyak banget pilihannya. Bisa digilir untuk 20 hari puasa. Kapan main ke Lumajang pengen mampir ah ke resto mie nya. Secara saya dan keluarga penggemar aneka olahan mie

    BalasHapus
  7. Sangat informatif kak tulisan di atas, karena kini sudah banyak kuliner di daerah Lumajang ya kak, rekomendasi tempat makan yang enak dan porsinya pas di perut pastinya saya juga butuhkan saat akan berkunjung ke resto atau warung makan. Selain itu tempatnya harus bersih ya kak.

    Btw, saya belum pernah icip-icip makanan di Lumajang nih, next time mudah2an bisa mampir dan menikmati kuliner khas Lumajang yang kaka sebutkan di atas.

    BalasHapus
  8. Aku ngiler banget yang depot mie itu sih. Duh aku sama suami doyan banget segala macam bentuk mie. Kapan ya bisa jalan-jalan ke sana. Paling nggak bisa nahan kalo soal makanan.

    BalasHapus