Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Belajar Mengetahui Arti Dari Masing-Masing Rambu Lalu Lintas Peringatan

Salah satu skill dan pengetahuan dasar yang harus dimiliki oleh pengemudi di jalan raya adalah harus memahami apa arti dari rambu lalu lintas yang dilewatinya.

Sebab keberadaan dari rambu lalu lintas ini akan sering dijumpai, terutama adalah rambu lalu lintas peringatan yang sangat penting untuk anda ketahui dan juga pahami sebelum memutuskan untuk berkendara di jalan raya.

Sebab rambu lalu lintas adalah salah satu bagian dari perlengkapan jalan berupa lambang, angka, kalimat atau huruf yang digunakan untuk memberi informasi atau peringatan terhadap pengendara yang ingin melintasi di jalanan tersebut. 

Rambu lalu lintas juga terkadang menjadi petunjuk untuk pemakai jalan raya, oleh sebab itu sangat penting untuk anda mengetahui apa arti dari rambu lalu lintas.

Nah karena begitu pentingnya pemahaman dari rambu lalu lintas ini, oleh sebab itu pada postingan kali ini saya akan membahas tentang rambu lalu lintas peringatan.

gambar rambu lalu lintas

Panduan Lengkap Mengetahui Arti Rambu Lalu Lintas Peringatan

Setidaknya terdapat 4 jenis rambu lalu lintas yang akan sering anda temui selama berkendara di jalan raya. Mulai dari rambu peringatan, rambu perintah, larangan dan juga rambu petunjuk. Dari keempat tersebut kali ini kita akan membahas tentang masing-masing arti dari rambu peringatan.

Rambu peringatan ini adalah rambu yang berguna untuk menjadi informasi dan juga peringatan terhadap pengemudi supaya lebih berhati-hati karena sedang berada di lokasi yang memiliki potensi bahaya. Nah berikut dibawah ini adalah beberapa arti dari masing-masing rambu peringatan.

1. Rambu Peringatan Perempatan

Yang pertama ada rambu peringatan perempatan. Fungsi dari rambu lalu lintas ini adalah berguna untuk memberi peringatan terhadap pengendara untuk selalu berhati-hati karena sebentar lagi akan menemui lokasi perempatan.

Seperti yang anda ketahui bahwa perempatan adalah lokasi atau spot yang cukup tinggi terjadinya sesuatu yang berbahaya.

2. Rambu Peringatan Pertigaan

Selain perempatan, ada juga rambu peringatan bahwa sebentar lagi akan menemui pertigaan. Tentu saja saat melewati area pertigaan anda harus berhati-hati dan menurunkan tempo laju dari kendaraan yang anda naiki tersebut. 

Sebab kemungkinan besar jalan besar yang anda lewati tersebut harus bersimpangan dengan jalan kecil di pertigaan.

3. Rambu Peringatan Tikungan

Berikutnya ada juga rambu peringatan tikungan yang berguna untuk memberitahu dan memperingatkan kepada pengendara untuk berhati-hati sebab sebentar lagi akan melintasi area tikungan entah itu ke kiri atau ke kanan tergantung dari rambu peringatan tersebut menunjuk ke arah mana.

4. Rambu Peringatan Tikungan Ganda

Selanjutnya ada rambu peringatan tikungan ganda yang berguna untuk memperingatkan pengendara agar selalu berhati-hati karena selanjutnya akan melewati rute tikungan ganda yang berkelok sehingga berpotensi menimbulkan bahaya. Turunkan tempo laju kendaraan anda saat melewati tikungan ganda seperti ini.

5. Rambu Peringatan Tikungan Tajam

Jika sebelumnya adalah rambu peringatan tikungan biasa dan tikungan ganda, selanjutnya ada juga rambu peringatan tikungan tajam. 

Fungsi dari rambu peringatan ini adalah untuk memperingatkan anda sebagai pengendara bahwa harus menurunkan tempo laju kendaraan sebab sebentar lagi anda akan melewati jalur tikungan tajam yang berbahaya.

6. Rambu Peringatan Tikungan Memutar

Selanjutnya ada juga rambu peringatan tikungan memutar. Fungsi dari rambu peringatan tikungan memutar ini adalah untuk memberi tahu pengendara bahwa sebentar lagi akan melewati tikungan yang sangat berkelok, bahkan bisa dibilang hampir memutar.

7. Rambu Peringatan Jalur Dua Arah

Rambu peringatan berikutnya yang akan sering anda lihat di jalan raya adalah rambu peringatan jalur dua arah. Rambu ini berguna untuk memberi peringatan kepada pengendara untuk berhati-hati karena terdapat potensi bahaya ketika melintasi jalur dua arah dengan tidak terdapat bangunan pemisah.

8. Rambu Peringatan Melintasi Bundaran

Rambu peringatan yang terakhir adalah rambu peringatan melintasi bundaran. Maksud dari rambu lalu lintas ini adalah memberi peringatan terhadap pengendara untuk berhati-hati karena sebentar lagi akan berpotensi melewati jalur bundaran seperti simpang lima dan sebagainya.

Nah itulah beberapa rambu peringatan beserta artinya yang akan sering anda temui. Semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk anda yang ingin berkendara di jalan raya.


1 komentar untuk "Belajar Mengetahui Arti Dari Masing-Masing Rambu Lalu Lintas Peringatan"

  1. wah sangat bermanfaat sekali ini kak, terima kasih infonya ya :D

    BalasHapus