Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Dampak Positif Game Online Menurut Para Ahli

Assalamualaikum wr wb

Kali ini saya akan sharing tentang dampak positif game online bagi pelajar menurut para ahli. Sebab saya paham, banyak adik-adik pelajar/mahasiswa yang mencari tahu apa saja dampak positf bermain game untuk para pelajar.

Bahkan banyak yang ingin tahu bagaimana dampak positif game online menurut para ahli. Entah jawaban ini digunakan sebagai alasan atau akal-akalan saja, atau justru menjadi salah satu bagian dari penelitian lebih lanjut.

game online anak


Dampak Positif Game Online Menurut Para Ahli

Saat ini saya sudah mengumpulkan beberapa dampak positif game online menurut para ahli. Pengennya sih menulis dampak negatifnya juga, tapi untuk pembahasan ini bisa dituliskan di artikel lain saja.

Apa sajakah dampak positif game online bagi pelajar menurut para ahli? Yuk simak penjabaran berikut ini!

1. Meningkatkan Kemampuan Konsentrasi

Kustiawan dan Utomo (2019) menyatakan bahwa game online mampu meningkatkan kemampuan konsentrasi. Setiap game online memiliki tingkat kesulitan/level yang berbeda. Hal ini tentu akan melatih pemainnya untuk dapat memenangkan permainan dengan cepat, efisien, dan menghasilkan lebih banyak poin. 

2. Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Inggris

Surbakti (2017) mengungkapkan bahwa game online mampu meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris pelajar. Riset yang dilakukan di Indonesia telah membuktikan bahwa pelajar laki-laki yang rajin bermain game dinilai cukup mahir berbahasa Inggris. Hal ini dikarenakan terlatih bermain game, bukan dari kursus Bahasa Inggris. 

3. Meningkatkan Koordinasi Tangan dan Mata

Ariantoro (2016) menyebutkan bahwa salah satu dampak positif dari bermain game online adalah dapat meningkatkan koordinasi tangan dan mata. Para pelajar yang bermain game dinilai dapat meningkatkan koordinasi atau kerjasama antara mata dan tangan. 

4. Mendapatkan Teman Baru

Pitaloka (2013) dalam penelitiannya menyatakan bahwa salah satu dampak positif dari bermain game online adalah mendapatkan teman baru. Manfaat ini didapatkan apabila pelajar bermain game online secara multiplayer. Jadi mereka bisa mendapatkan teman baru dari berbagai usia, berbagai daerah, dan segala keanekaragaman lainnya.

5. Mengatasi Kejenuhan

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Deviandri (2012) yang mewawancari guru-guru, menyatakan bahwa salah satu dampak positif dari game online adalah dapat membantu siswa sekolah dasar untuk mengusir kejenuhan. Sehingga para pelajar bisa kembali berkonsentrasi lagi untuk belajar. 

6. Mengembangkan Kemampuan Visual Spasial

Salah satu dampak positif dari game online menurut Utami dkk (2020) adalah mampu mengembangkan kemampuan visual spasial seseorang. Kemampuan ini didapatkan dari proses berlatih dalam mengolah informasi spasial dari layar monitor saat bermain game. Salah 

7. Mampu Menganalisa Suatu Kasus

Kabar baiknya, bermain game online dinilai dapat meningkatkan kemampuan menganalisa suatu kasus. Hal ini diungkapkan oleh Fauziah (2013). Para pelajar akan menjadi player yang memainkan game strategi sehingga dapat meningkatkan kemampuan berpikir sekaligus menganalisa suatu kasus tertentu.

Itulah 7 dampak positif game online menurut para ahli. Ketujuh dampak positif tersebut akan dapat dirasakan oleh pelajar apabila ia menemukan media game yang tepat. Hingga saat ini, website yang recommended untuk bermain game online adalah plays.org

game online untuk anak kecil

Game yang Memberi Dampak Positif

Situs game online ini menyediakan banyak jenis permainan. Mulai dari usia balita, remaja, hingga dewasa. Mulai dari game beauty hingga war. Pokoknya ada semua di sini.

Hingga saat ini, saya masih juga main di sini. Salah satu game favorit saya adalah Guardians Defenders of Mathematica. Dikiranya gampang ya, soal Matematika biasa. Tapi susah euy! 

game online matematik

Jadi, senjata kita adalah jawaban kita. Kalau jawabannya benar, maka kita bisa menyerang. Kalau jawabannya salah, maka kita akan diserang. 

Yang bikin sulit apa? Mungkin karena pertanyaannya pakai Bahasa Inggris ya. Juga, soal-soal Matematikanya tuh nggak umum kayak di Indonesia. Jadi kita bisa mengasah keilmuan Matematika dan Bahasa Inggris di game ini.

Selain game ini, saya juga sering main Zombie Typing, Virtual Xylophone, Bow and Angle, dan banyak lagi lainnya. Saya lebih suka bila permainannya ini ada hubungannya dengan ilmu-ilmu di sekolah. Rasanya lebih tertantang gitu.

Kesimpulan

Jadi kamu sudah lihat sendiri kan? Betapa game online juga memberikan dampak positif bagi para pelajar. Apalagi pernyataan ini telah didukung oleh para pakar.

Semoga tulisan ini bisa membantu!

Wassalamualaikum wr wb



Sumber: 
Ariantoro, T. A. 2016. Dampak Game Online Terhadap Prestasi Belajar Pelajar. JUTIM Vol 1. No. 1
Deviandri, M. 2012. Dampak Game Online Bagi Perilaku Siswa Sekolah Dasar di Kelurahan Gunung Pangilun Kecamatan Padang Utara Kota Padang. Jurnal STKIP PGRI Sumbar.
Fauziah, E. R. 2013. Pengaruh Game Online Terhadap Perubahan Perilaku Anak SMP Negeri 1 Samboja. eJournal Ilmu Komunikasi Vol 1. No. 3.
Kustiawan, A. A., Utomo, A. W. B. U. 2019. Jangan Suka Game Online Pengaruh Game Online dan Tindakan Pencegahan. Magetan: CV. AE Media Grafika
Pitaloka, A. A. 2013. Perilaku Konsumsi Game Online pada Pelajar. Jurnal Sosialitas Vol 03 No 01.
Surbakti, K. 2017. Pengaruh Game Online Terhadap Remaja. Jurnal Curere Vol 01. No. 01.
Utami, N. P. R. P., Odelia, A., Adinda, E. T. H., Valeska, A. S., Wibisono, Y. P., dan Primasari, C. H. 2020. Jurnal Mayadani Vol 1. No. 2


Posting Komentar untuk "7 Dampak Positif Game Online Menurut Para Ahli"