Merapi Garden Boyolali Taman Bunga View Merapi

Posting Komentar
Konten [Tampil]

Assalamualaikum wr wb

Kemarin (Kamis, 11 Maret 2021) saya dan si Mas main-main ke Merapi Garden yang ada di Boyolali. Sebuah taman bunga yang cantik dengan view pemandangan berupa Gunung Merapi.

Taman di sini bunga-bunganya sudah banyak, rimbun, dan tertata rapi. Cakep banget buat foto karena sungguh instagramable. Apalagi viewnya Gunung Merapi dengan udara yang menyegarkan.

gambar merapi garden boyolali

Lokasi Merapi Garden 

Lokasi Merapi Garden secara administratif berada di Dusun 4, Samiran, Selo, Kab. Boyolali. Lokasinya kurang lebih 40 menit dari Alun-Alun Kidul Boyolali.

Kalau berangkat dari pusat kota Solo, maka akan membutuhkan waktu sekitar 90 menit perjalanan. Namun nikmati saja perjalanan karena Boyolali sangat menyejukkan.

Merapi Garden ini sebenarnya berada di antara Merapi dan Merbabu. Jadi, kita berada di antara 2 gunung. Ada juga wisata keren di Boyolali yang recommended karena berada di antara Merapi dan Merbabu, yaitu Gancik Hill Top

Jalan Menuju Merapi Garden

Jalan menuju Merapi Garden tidaklah rumit dan cukup menyenangkan. Mengapa tidak terlalu rumit? Karena jalanannya hanya lurus-lurus aja kok, tidak belok-belok kemana-mana. 

Untuk lebih detailnya, berikut ini adalah rincian jalan menuju Merapi Garden dimulai dari Alun-Alun Kidul Boyolali.

  1. Start di Alun-Alun Kidul Boyolali
  2. Ambil arah ke barat menuju Jl. Jambu, lalu Jl. Anggrek, lalu Jl. Kantil.
  3. Kamu akan berada di sepanjang Jl. Magelang – Boyolali (selama 30 menit)
  4. Tiba di lokasi tujuan, sudah ada plang papan nama penunjuk menuju Merapi Garden.

Mudah kan? Apalagi, Merapi Garden ini udah kelihatan loh dari bawah. Kalau kamu melihat segerombolan bunga di lereng Merapi, ya itulah Merapi Garden. 

Jalan menuju Merapi Garden sangat menyenangkan. Mengapa? Karena sungguh indah. Kita bisa melihat pemandangan daratan Boyolali yang penuh pepohonan dan sawah yang hijau. Udaranya sejuk. Cocok banget buat healing dari penatnya semingguan bekerja.

foto merapi garden boyolali


Tiket Masuk Merapi Garden

Tiket masuk Merapi Garden adalah 5.000/orang. Standard kok. Kalau kamu datang bersama pasangan, berarti kamu harus membayar 10.000. Tenang aja, worth it kok tempat wisatanya dengan harga segitu.

Biaya parkir di Merapi Garden adalah 3000/sepeda motor. Kurang tahu sih untuk mobil. Mungkin 5.000 atau 10.000. Tenang aja, lahan parkirnya cukup luas kok. Yaa sepadan lah dengan kapasitas pengunjung yang datang.

Jam Buka Merapi Garden

Jam buka Merapi Garden adalah 09.00 – 17.00. Iya, Merapi Garden baru buka jam 9 pagi. Padahal akan lebih indah kalau dibuka mulai pukul 07.00 pagi. Gunung Merapi pasti terlihat lebih jelas dan suasananya pasti lebih menyenangkan.

Oh ya, Merapi Garden Boyolali ini belum buka untuk malam hari. Sayang banget ya! Padahal bakalan cantik kalau Merapi Garden dibuka untuk malam hari. Ada lampu-lampunya gitu. Sekalian dibikin kafe. Keren banget kali ya!

foto gunung merapi di merapi garden

5 Keunggulan Obyek Wisata Merapi Garden 

Obyek wisata Merapi Garden ini sangat menarik untuk dikunjungi bagi para wisatawan. Mulai dari sepasang kekasih, teman sepermainan, maupun keluarga. 

Merapi Garden ini recommended untuk dijadikan jujukan wisata bagi seluruh kalangan usia. Mengapa begitu? Karena obyek wisata Merapi Garden memiliki banyak keunggulan.

Apa sajakah itu? Berikut ini adalah 5 keunggulan dari obyek wisata Merapi Garden. Simak baik-baik ya!

1. Perjalanan yang Menyenangkan

Salah satu hal yang paling menyenangkan saat berkendara menuju Merapi Garden adalah proses perjalanannya. Jalanannya tuh menanjak karena sudah masuk lereng Gunung Merbabu. 

Sepanjang perjalanan, kita akan disuguhi dengan pemandangan berupa pepohonan yang rindang dan juga area persawahan di kanan-kiri. Kira-kira kita akan merasakan perjalanan mengesankan ini selama 30 menit.

bunga di merapi garden


2. Aneka Ragam Jenis Bunga

Namanya saja Merapi Garden, alias kebun bunga. Ya jelas saja konsepnya adalah sebuah kebun. Jenis kebun yang ditawarkan di sini adalah kebun bunga alias taman bunga.

Saat saya datang ke sini, bunga-bunganya sedang bermekaran. Saya datang ke sini saat musim hujan. Jadi bunganya segar-segar.

kebun bunga merapi garden

bunga di solo

Ada puluhan jenis bunga di sini. Mulai dari hortensia, bunga terompet, bunga sikat botol, dan masih banyak lainnya yang saya nggak hafal namanya.

3. Mainan Google Lens

Supaya wisatamu makin seru, coba deh mainkan Google Lens. Ini adalah sebuah aplikasi yang dapat menjawab rasa ingin tahumu hanya dengan memotret.

Misalnya, kita nggak tahu bunga yang di hadapan kita itu namanya bunga apa. Nah, kamu download appd Google Lens, lalu buka aplikasinya, arahkan kamera Google Lens ke bunga tersebut, lalu muncul deh hasilnya. 

foto di rumput

Kamu langsung tahu itu adalah bunga apa. Jadi kamu tidak terbawa penasaran dan akan mendapatkan ilmu juga saat berkunjung ke Merapi Garden.


4. Ngopi Cantik Memandang Merapi

Merapi Garden merupakan spot paling terbaik untuk menikmati Merapi. Mengapa begitu? Karena tidak ada penghalang untuk melihat Gunung Merapi yang gagah.

Ada banyak tempat duduk di sana. Jadi kamu bisa duduk cantik sembari menikmati Merapi. Di sana banyak saung juga. Jadi kamu bisa makan siang bareng keluarga. Seru banget, bukan?

foto cantik di rumput

Apabila kamu ingin sesuatu yang berbeda, kamu bisa loh duduk-duduk manja di rerumputan. Rerumputan yang ada di antara bunga-bunga itu bersih kok. Nikmat sekali.

foto tiduran di rumput


5. Kincir Angin Mini, Ikon Spot Foto Instagramable Merapi Garden

Merapi Garden juga punya banyak spot foto instagramable di sini. Di setiap sudut yang kalian pajak, semuanya instagramable. Mungkin karena di sampingnya banyak bunga-bunga ya. Juga mungkin karena lokasinya di atas awan sehingga tidak ada pemandangan yang mengganggu.

Salah satu ikon di Merapi Garden ini adalah kincir angin. Memang sih, kincir anginnya buatan banget. Namun bisa menambah keindahan di tengah-tengah kebun. Jadi spot background kita nggak garing-garing banget. Kalau nggak background Merapi ya, kincir angin.

kincir angin solo

Kesimpulan

Jadi ada banyak hal yang bisa kita eksplor di Merapi Garden. Sungguh menyenangkan sekali di sini. Cocok banget untuk liburan keluarga bersama si kecil. Atau juga menikmati bersama pasangan alias suami istri, seperti kami, hehe.

Kalau ke Boyolali, teman-teman bisa mampir juga ke Waduk Cengklik yang sungguh romantis. Recommended kok bila hendak ke sana bersama pasangan.

Yuk, main ke Merapi Garden. Akses lokasinya mudah dan harga tiket masuk Merapi Garden terjangkau loh! Jadi jangan ragu-ragu ke sini!

Wassalamualaikum wr wb

Rhoshandhayani KT
Rhoshandhayani, seorang lifestyle blogger yang semangat bercerita tentang keluarga, relationship, travel and kuliner~

Related Posts

Posting Komentar