Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Keharusan Meminta Maaf Kepada Teman, Ini 5 Alasannya!

Assalamualaikum wr wb

Kali ini saya akan sharing mengenai keharusan meminta maaf. Mengapa meminta maaf itu harus dan sangat dianjurkan? Apa saja alasannya? Berikut ini uraiannya.

Pengertian Meminta Maaf

Meminta maaf adalah sebuah proses untuk menyelesaikan masalah antar kedua belah pihak. Dengan meminta maaf, maka kita bisa mengerti akar permasalahan, saling memahami perbedaan yang melatarbelakangi, serta bisa mencari solusi bersama.

Minta maaf dan saling memaafkan sudah harus dipupuk sejak dini. Memang susah untuk si kecil yang masih berproses, namun perlu diajarkan sedari dini agar terbiasa. Untuk mengerti bahwa meminta maaf ini menuai banyak manfaat.

anak kecil minta maaf

5 Alasan Harus Meminta Maaf dan Memaafkan Teman

Sebagai manusia, kita harus mampu untuk meminta maaf. Memang meminta maaf itu tidak mudah, namun seiring berjalannya waktu, Inshaa Allah kita bisa berproses untuk meminta maaf sekaligus memaafkan orang lain. 

Keharusan meminta maaf memang harus diinformasikan sejak dini. Apalagi bila saat bermain, harus tahu bagaimana aturan bermain bersama teman.

Mengapa begitu? Karena ada sejumlah alasan untuk kita meminta maaf. Apa sajakah itu? Simak baik-baik ya!

  1. Karena kita memang salah
  2. Karena kita tidak mau menyakiti teman
  3. Supaya tidak kepikiran atau mengalami rasa bersalah
  4. Untuk mencari solusi bersama-sama
  5. Untuk menciptakan pertemanan yang lebih baik

Berikut ini akan saya coba uraikan mengapa kita harus meminta maaf dan rela memaafkan teman.

1. Karena Memang Salah

Kalau memang salah, ya kita harus meminta maaf. Coba dipikirkan lagi mengenai kesalahan kita. Apabila perilaku kita tidak biasa, tidak terpuji, hingga menyakiti teman, maka kita berada di posisi yang salah.

Kalau kita sedang memiliki salah dengan orang lain, maka kita harus segera meminta maaf. Jangan sampai seorang kawan membenci kita hanya karena kita tidak segera meminta maaf. Mengertilah bahwa 1000 teman tidak berarti membuatmu tenang hanya karena punya 1 musuh.

2. Karena Tidak Mau Menyakiti Teman

Dengan meminta maaf, maka kita sudah memiliki niat baik untuk tidak menyakiti teman. Apabila kita memiliki kesalahan kepada teman, dikhawatirkan hatinya tersakiti hingga tidak mau menyapa kita. 

Coba pikirkan bila kita ada di posisi dia. Apakah kita mau hatinya tersakiti atas kesalahan orang lain? Maka, cobalah meminta maaf. Dengan mengulurkan tangan dan mengucapkan maaf, maka kamu telah mengobati hatinya yang terluka.

3. Supaya Tidak Dihantui Rasa Bersalah

Orang yang memiliki kesalahan, biasanya akan dihantui rasa bersalah. Akan merasa sulit tidur, tidak tenang ketika makan, dan lainnya. Hal ini karena perasaan bersalah menghantui kita.

Maka dari itu, segeralah kamu meminta maaf kepada kawanmu. Yakinlah, dengan meminta maaf, maka hati kita akan merasa tenang dan tidak lagi dihantui rasa bersalah.

4. Untuk Mencari Solusi Bersama-Sama

Biasanya, orang bersalah karena ada selisih pendapat atau tindakan yang kurang menyenangkan. Maka dari itu, cobalah meminta maaf. Dengan meminta maaf, maka kamu bisa ngobrol dengan kawanmu.

Kamu bisa ngobrol dengan tenang bahkan bisa menyelesaikan permasalahan yang terjadi. Tidak papa kamu salah, asalkan kamu meminta maaf dan berjanji untuk tidak mengulanginya. Kamu juga bisa mencari solusi agar kesalahanmu tidak terulang lagi di kemudian hari.

5. Untuk Menciptakan Pertemanan yang Lebih Baik

Meminta maaf ini adalah salah satu jalan mempererat tali persaudaraan. Wajar apabila kita melakukan kesalahan, namun harus segera meminta maaf supaya hubungan antar sesama manusia tidak renggang.

Dengan meminta maaf terlebih dahulu, atau memaafkan terlebih dahulu, maka kamu telah menciptakan iklim pertemanan yang lebih baik. Dijamin kamu akan lebih erat dengan kawanmu. Bahkan kamu bisa mengajak kawanmu untuk bermain ke tempat rekreasi terbaik.

Kesimpulan

Itulah 5 alasan mengapa kita harus meminta maaf dan memaafkan. Memang susah sih untuk meminta maaf. Namun Inshaa Allah, seiring berjalannya waktu maka kita akan mudah untuk minta maaf dan memaafkan lebih awal.

Wassalamualaikum wr wb

1 komentar untuk "Keharusan Meminta Maaf Kepada Teman, Ini 5 Alasannya!"

  1. Dengan meminta maaf sebenarnya juga kita mencoba untuk berdamai dengan diri sendiri karena melepaskan energi negatif pada diri sendiri itu juga sulit dan butuh niat :(

    BalasHapus