Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ini 5 Tips ke Bromo Naik Sepeda Motor/Matic

Assalamualaikum wr wb

Alhamdulillah, hari Senin kemarin (24 Januari 2022) saya dan suami berkesempatan main ke Gunung Bromo. Kami main ke Bromo naik sepeda motor lewat Ranu Pani. Iya, pastinya jalur masuknya lewat Malang.

Berkendara di Gunung Bromo dengan naik sepeda motor itu susaaah banget. Tantangannya tuh malesin banget, haha. Tapi bikin iri sih kalau ada orang yang berhasil melewati badai pasir Bromo hanya dengan naik motor matic. Cewek-cewek pula. Hadeeeh

pengalaman ke gunung bromo naik sepeda motor

5 Tips ke Bromo Naik Motor Supaya Tetap Aman Terkendali

Bromo tuh terkenal dengan lautan pasirnya ya kan? Ban sepeda motor akan kesusahan lewat lautan pasir, bahkan bisa terjebak. Duuuh, untuk kamu yang ngeyel naik motor saat ke Bromo, kamu harus ikuti 5 tips yang saya berikan ini. Simak baik-baik ya!

1. Pastikan Kendaraan Sudah Diservis

Kamu harus memastikan bahwa kendaraanmu sudah dalam keadaan on dan fit. Sudah harus diservis, baik sepeda motor maupun mobil. Tapi kalau mobil, nggak akan bisa masuk ke kawasan Bromo-nya sih. Harus naik jeep yang disewakan di sana.

Maka dari itu banyak yang memilih naik sepeda motor. Tujuannya biar lebih hemat uang dan merasa ada tantangan tersendiri bila bisa sampai tepat di depan Gunung Bromo. Jadi pastikan kendaraanmu sudah diservis karena di Bromo tidak ada tambal ban atau bengkel.

2. Siapkan Kacamata dan Masker Hidung

Badai pasir di Bromo ini memang malesin banget. Sumpah dah wujudnya badai banget. Anginnya tuh datang bawa pasir. Pasirnya tuh ringan kayak pasir pantai. Makanya pasir-pasinya mudah terbawa angin.

Jadi disarankan untuk menyiapkan kacamata dan masker hidung. Supaya perjalananmu tidak terganggu. Jadi kamu bisa fokus mengendarai sepeda motor melawan badai pasir yang cukup ganas.

lautan pasir bromo

3. Jangan Datang Saat Musim Kemarau

Saat musim kemarau, pasir yang bertebangan justru akan semakin banyak. Bahkan jalanan yang kamu lewati, jumlah pasirnya akan semakin meninggi. Kemungkinan besar sepeda motormu nggak akan bisa lewat karena banmu tertahan oleh tumpukan pasir. Sedih, nggak sih?

Kalau musim kemarau, cocoknya ke Air Terjun Madakaripura. Nggak becek dan nggak terlalu licin.

4. Jangan Datang Saat Musim Hujan

Tidak disarankan untuk datang saat musim kemarau, bukan berarti saya menyarankan untuk datang saat musim hujan. Kalau musim hujan, kamu akan kehujanan shay. Harus repot-repot pakai mantel.

Eits, jangankan itu. Kalau kamu naik sepeda motor ke Bromo saat musim hujan, kamu loh belum tentu bisa sampai di Bromo. Paling banter ya cuma sampai di bukit Teletubbies. Setelahnya, jalanan akan menjadi becek. Makin mudah jatohnya.

Jadi, kapan waktu yang tepat untuk main ke Bromo? Jawabannya adalah saat musim kemarau tapi naik jeep. Kalau naik sepeda motor, tidak disarankan.

5. Hati-Hati Naik Matic kalau ke Bromo

Saya bersama suami ke Bromo naik sepeda motor Supra-x. Alhamdulillah aman. Perjalanan kamu hingga tiba di Gunung Bromo sungguh sangat lama. Ada mungkin 20 menit. 

Mengapa lama? Karena suami dan saya itu badannya berat, belum lagi barang-barang dokumentasi yang kami bawa juga cukup berat. Apalagi kami mencoba berhati-hati saat berkendara. Takut jatuh. Ya beberapa kali hampir jatoh sih. Sampai bulukuduk saya merinding.

Ke Bromo naik motor matic aman sih. Tapi ya sebenarnya cukup membahayakan sih. Entah kenapa kok belum ada larangan motor matic di Bromo, padahal ya cukup bikin was-was.

Saat kami tiba di Gunung Bromo, kami melihat cewek-cewek kecil-kecil pada naik matic. Yaelah, kan kita kayak hopeless gitu ya, kalah sama bocil, hehehe. Tapi ternyata mereka ke Bromo lewat Probolinggo, jadinya lebih aman.

larangan ke bromo naik motor matic

Tiket Masuk Bromo Naik Sepeda Motor

Tiket masuk ke Bromo naik sepeda motor cuma 3.000 rupiah kok. Tapi kamu juga harus membayar dirimu apabila masuk ke Bromo. Kamu harus mendaftar secara online H-1, lalu registrasi ulang di tempat yang disediakan.

Saat kami ke Bromo, kami membayar 30.000/orang, lalu ditambah bayar tiket sepeda motor sebesar 3.000. Jadi kami mengeluarkan 63.000 rupiah untuk 2 orang dan 1 sepeda motor.

Kesimpulan

Kesimpulannya adalah bisa kok ke Bromo naik sepeda motor. Tapi disarankan untuk sewa jeep khusus Bromo saja ya. Bisa juga kok ke Bromo naik motor matic, tapi tidak disarankan karena cukup berbahaya apabila melewati badai pasir.

Paling aman, naik jeep yang sudah disediakan ya sayang. Percayalah bahwa kesehatanmu lebih berharga daripada egomu, kecuali bila kamu sangat bisa berhati-hati dan kuat mental.

Wassalamualaikum wr wb

Posting Komentar untuk "Ini 5 Tips ke Bromo Naik Sepeda Motor/Matic"