Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Umbul Nilo Klaten, Info HTM Terbaru Kolam Renang Nyaman

Assalamualaikum wr wb

Yey, akhirnya blog ini nulis lagi tentang info wisata berdasarkan pengalaman setelah 2 bulan lamanya, wkwk. Kebetulan, kemarin (Kamis, 2 Juni 2022), saya, suami and the geng renang di Umbul Nilo Klaten. Wuah, recommended.

Maka dari itu, saya hendak menginformasikan tentang HTM Umbul Klaten terbaru, fasilitas-fasilitasnya, suasananya, serta rekomendasi mau makan apa di sana. Jadi, saya menulis informasi ini berdasarkan pengalaman.

Kami datang sekitar pukul 11 siang. Datang siang karena kami usai camping di Stone Park Gunungkidul. Lalu bablas ke Umbul Nilo di Klaten.

umbul nilo  klaten

Suasana Umbul Nilo

Uwaaaw, kami speechless dengan suasana Umbul Nilo. Keren banget. Alami. Asri. Recommended. 

Kami datang saat weekday, jadi nggak terlalu banyak pengunjung, tapi nggak sepi-sepi banget. Oh tentu saja, kalau kamu datang saat hari Sabtu, Minggu, atau hari libur, dipastikan pemandian Nilo ini rame banget.

Apalagi kalau ada padusan saat menjelang Ramadhan, dipastikan Umbul Nilo ramai. Kalau wilayah Solo Jogja, kalau padusan di setiap pemandian pasti ramai riuh, bukan?

liburan di umbul nilo klaten

HTM Umbul Nilo di Klaten

Harga Tiket Masuk Umbul Nilo sudah naik ya teman-teman per tahun 2022. Kalau dulu harganya 5000, sekarang HTM Umbul Nilo adalah 8000 per orang. Kalau hari Sabtu, Minggu, dan hari libur, HTM-nya menjadi 10.000.

Untuk biaya parkir di Umbul Nilo adalah 1000/sepeda, 3000/sepeda motor, dan 5000/mobil. Inshaa Allah dijaga denga naman.

htm umbul nilo terbaru

Lokasi Umbul Nilo

Umbul Nilo berada di area persawahan Desa Daleman, Kecamatan Tulung, Kab. Klaten. Saya nggak tahu lokasi persisnya di mana, karena saya ngikut aja naik mobil. Yang jelas, Umbul Nilo ini berada di kawasan Klaten yang kaya umbul.

Pengalaman Renang di Pemandian Umbul Nilo Klaten

Teman-teman pada renang di sini. Sekalian mandi soalnya belum mandi dari camping. Saya nggak ikutan renang karena sedang hari pertama menstruasi. Toh, saya juga mendapat job menjaga tas teman-teman untuk diamankan, wkwk.

Bagaimana airnya? Dingin banget kah? Katanya, kalau pagi airnya dingin banget. Berhubung datangnya siang, jadi ada bagian kolam yang airnya hangat terkena sinar matahari. Tapi kalau di area yang teduh, tentu airnya dingin.

pemandian umbul nilo klaten

Untuk kolam dewasa, kira-kira ketinggiannya sekitar 130cm. Kurang lebih, kalau saya berdiri, tinggi muka airnya se-leher. Jadi kepalanya masih kelihatan. 

Bagaimana bagian dasar pemandian? Bagian dasar Umbul Nilo ini bebatuan yang ada pasirnya. Menarik sih. Kawan saya, Mbak Echa merasa kurang nyaman dengan pasir-pasirnya, agak mengerikan katanya. Tapi kata suami, Umbul Nilo ini enak dan nyaman digunakan sebagai tempat belajar renang.

Sumber Air Umbul Nilo

Saya kurang tahu ya sumber air di pemandian Umbul Nilo ini berasal dari mana. Yang jelas, Klaten itu memang terkenal dengan persawahan, pengairannya, dan umbul-umbulnya yang masih alami.

Kau tahu tidak, bahwa air di Umbul Nilo ini juga digunakan sebagai sumber air Aqua loh! Iya, seger banget, bukan?

Rekomendasi Makanan Enak di Umbul Nilo

Di Umbul Nilo ada sejumlah makanan recommended yang wajib kamu coba. Camilan ini enak banget kalau dimakan saat hendak atau setelah berenang. Di sini ada kantin atau warung-warung berjejer yang menu makanannya hampir sama. Tinggal pilih aja. 

rekomendasi makanan klaten

1. Some Goreng Penyet

Some adalah cilok/cilot. Ciloknya digoreng, lalu dipenyet. Tapi saat disajikan, nggak dipenyet-penyet banget. Bumbunya aja sih yang bumbu penyet. Tapi sepertinya bumbu penyetnya adalah cabe mentah.

Rasanya sih enak. Tapi saya kurang cocok. Saya lebih suka bila diberi saus dan kecap. Lalu Some Goreng Penyet yang saya punya, saya mintakan tambah saus kecap. Waw, sausnya enak banget. Bukan saus murahan gitu loh, tapi kayaknya saus racikan sendiri yang huenak pol.

2. Tempe Mendoan Hangat

Di warung juga disediakan bakwan, mulai dari bakwan heci, tempe mendoan, pisang goreng, dan lainnya. Suami ambil heci, harganya 1000an. Bakwan tuh kalau nggak hangat, rasanya nggak nendang.

Lalu saya coba beli bakwan tempe mendoan. Saya minta yang hangat. Jadinya saya menunggu bakwan itu digoreng terlebih dahulu. Saat bakwan tempenya datang, wuh enak banget. Huenak pol dimakan hangat-hangat sama cabe.

3. Es Teh Krampul

Wilayah Solo Raya itu terkenal dengan es teh krampul. Bukan es teh biasa, melainkan es teh yang diberi potongan jeruk nipis. Jadi rasanya seger-seger gimana gitu. Nggak ngebosenin.

makanan enak klaten

Fasilitas Umbul Nilo

Fasilitas Umbul Nilo lengkap kok. Berikut ini saya berikan penjelasannya ya walau sedikit. Kalau ada foto yang kurang, Inshaa Allah suatu hari akan saya lengkapi.

1. Kolam Renang Anak

Di sini disediakan kolam renang anak. Sepertinya ada 2 kolam renang anak. Ada yang besar dan ada yang kecil. Kolam renang anak yang luas, saya tidak sempat memfotonya. Lokasinya agak jauh dari kolam renang utama.

Kalau foto berikut adalah kolam renang anak kecil. Mungkin untuk balita. Luasnya mungkin hanya 5x10 meter. Lokasinya persis di sebelah kolam renang dewasa. Cocok buat ibu-ibu yang ingin mendampingi si kecil keceh-keceh atau main air.

kolam renang anak umbul nilo

2. Kamar Mandi

Ada banyak kamar mandi yang tersedia di Umbul Nilo. Ada yang persis di sebelah kolam renang dewasa. Ada pula yang berada di tengah-tengah sawah, wkwk. Unik ya. 

Fotonya menyusul ya kalau saya main ke sana lagi. Kelupaan euy.

3. Musola

Sebenarnya nggak ada musola sih di dalam Umbul Nilo. Kalau mau salat Dhuhur, bisa di musola yang ada di seberang Umbul Nilo. Jadi harus keluar dari area Umbul Nilo. Tinggal jalan aja, nggak usah ganti parkiran.

4. Kursi Tunggu

Di sini juga disediakan kursi-kursi. Bisa dijadikan tempat nunggu, tempat makan, dan lainnya. Kursinya enak kok, bisa dipindah-pindah. Juga tidak panas. Kita bisa duduk-duduk di kursi di bawah pepohonan, atau menggelar tikar sendiri. Nikmat banget. Alhamdulillah.

fasilitas umbul nilo

Kesimpulan

Nah, itulah hal-hal yang bisa saya ceritakan tentang Umbul Nilo. Asik wuy. Pengen deh renang di sana wkwk. Kemarin nggak sempat renang. Semoga suatu hari bisa mampir renang dan seneng-seneng lagi di sini. Aamiin.

Wassalamualaikum wr wb

suasana umbul nilo klaten
suamiiiii

Posting Komentar untuk "Umbul Nilo Klaten, Info HTM Terbaru Kolam Renang Nyaman"