Ini 5 Tips Naik Travel Saat Traveling Biar Nggak Mabuk Perjalanan

1 komentar
Konten [Tampil]

Selain kereta api, mobil travel menjadi salah satu moda transportasi umum favorit wisatawan, terutama bagi mereka yang ingin bepergian ke destinasi yang cukup terjangkau, seperti Bandung dan Jogja.

Maka tak heran, kini semakin banyak operator travel yang menawarkan berbagai tujuan untuk wisatawan yang ingin bepergian ke luar kota, misalnya saja Xtrans. 

Terlebih, kini wisatawan juga bisa booking Xtrans Travel online di Traveloka, sehingga lebih praktis.

Semakin banyaknya mobil travel hadir menawarkan moda transportasi ke berbagai destinasi di Indonesia pun bukan tanpa alasan. Sebab, dengan harga yang cukup terjangkau, kamu sudah bisa bepergian secara aman dan nyaman menggunakan travel.


Perbandingan Naik Travel dan Kereta Api

Ya, jika dibandingkan dengan kereta api, tiket travel jauh lebih murah dan waktu tempuhnya pun lebih sebentar. 

Sebagai contoh, jika kamu ingin bepergian dari Jakarta ke Bandung. Menggunakan kereta api, kamu harus merogoh kocek sebesar Rp 90 ribu untuk kelas ekonomi hingga Rp 135 ribu untuk kelas bisnis, dengan waktu tempuh 3,5 jam. 

Sedangkan menggunakan travel, cukup dengan Rp 80 ribu, kamu sudah bisa duduk nyaman di dalam mobil. Waktu tempuhnya dari Jakarta ke Bandung pun hanya sekitar 3 jam saja.

Meskipun banyak memiliki keunggulan, kadang kala masih banyak wisatawan yang ragu untuk naik travel, karena takut mabuk perjalanan. 

Tips Biar Nggak Mabuk Naik Travel

Nah, jika kamu termasuk orang yang tengah berencana bepergian dengan travel dan takut mabuk, tak perlu khawatir. Berikut tips agar tidak mabuk perjalanan saat naik travel, apa saja?

1. Makan Dahulu Sebelum Pergi

Salah satu tips yang wajib kamu terapkan saat memutuskan untuk bepergian naik travel adalah harus makan dahulu sebelum berangkat. 

Sebab, perjalanan naik travel umumnya memerlukan waktu yang cukup lama, sehingga diperlukan energi yang lebih.

Untuk itu, kamu harus persiapkan benar-benar dan memastikan kondisi kamu dalam keadaan fit. Makanlah makanan bergizi secukupnya, jangan juga terlalu kenyang agar tidak merasa mual saat dalam perjalanan.

Ingat, jangan biarkan perut kamu kosong dan tidak makan apa-apa saat memutuskan bepergian jarak jauh. 

Jika dibiarkan, asam lambung akan naik dan membuat perut kamu terasa mual sepanjang perjalanan, sehingga akan menyulitkan dirimu ke depannya.

2. Minum Obat Anti Mabuk Sebelum Pergi

Tips selanjutnya yang bisa kamu lakukan agar tidak mabuk perjalanan adalah dengan minum obat anti mabuk sebelum pergi. 

Sebelum meminum obat anti mabuk, pastikan kamu minum air putih yang cukup agar tubuh tetap terhidrasi.

Namun, ingat untuk minum air putih secukupnya, ya. Mengingat di mobil travel biasanya disertai AC yang cukup dingin, sehingga akan riskan jika kamu minum air terlalu banyak, karena bisa membuatmu sering buang air kecil.

Jangan lupakan juga untuk menyiapkan cemilan sepanjang perjalanan, agar perutmu tetap terisi. Kamu bisa minum obat anti mabuk 30 menit sebelum perjalanan, karena biasanya obat ini bisa memberikan efek mengantuk bagi yang mengkonsumsinya.

3. Hindari Duduk di Barisan Bangku Belakang

Biasanya, orang akan lebih suka untuk duduk di barisan belakang agar lebih leluasa dan memiliki pandangan yang luas. Namun, bagi kamu yang mudah mabuk perjalanan, sebaiknya menghindari duduk di area ini.

Hal ini karena bangku belakang biasanya dekat dengan shock breaker, sehingga akan memberikan guncangan yang lebih keras untuk penumpang, dibandingkan duduk di area lain. 

Guncangan ini juga cukup riskan untuk kamu yang suka mabuk perjalanan, sehingga disarankan untuk menjauhi bangku belakang.

Namun, kamu bisa mencari bangku di dekat pintu atau area dekat supir, untuk menghindari guncangan yang keras. Kamu juga bisa memilih di dekat jendela, agar sesekali bisa menghirup angin segar bila diperlukan.

4. Makan Permen

Jika kamu sudah merasa mengalami tanda-tanda mual dan mabuk perjalanan, cobalah untuk nyemil atau makan permen, agar perutmu tidak bergejolak. 

Kamu bisa memilih permen dengan rasa asam segar atau mint, yang tidak menimbulkan rasa mual.

Hindarilah untuk mengkonsumsi permen dengan rasa manis atau yang terlalu berat, agar tidak membuat perutmu semakin mual. 

Sebaiknya, pilih permen dengan rasa buah, seperti stroberi atau nanas. Kamu juga bisa memilih permen jahe, yang akan menimbulkan rasa hangat di tenggorokanmu.

5. Memejamkan Mata

Tips terakhir yang bisa kamu terapkan agar tidak mabuk perjalanan selama naik travel adalah dengan memejamkan mata. 

Biasanya, nyaman atau tidaknya sebuah perjalanan menggunakan travel akan tergantung dengan baik tidaknya sang sopir mengendarai mobilnya.

Nah, jika kamu mulai merasa tidak nyaman atau mual sepanjang perjalanan, cobalah untuk sejenak memejamkan mata. Kamu bisa menyandarkan kepala di sandaran bangku, sambil memejamkan matamu.

Pejamkan mata kurang lebih 30 menit, atau kamu juga bisa tidur sejenak. Hal ini bisa membuatmu lebih rileks dan membantu menghilangkan rasa mual di perutmu.

Kesimpulan

Bagaimana? Aiap menerapkan tips di atas saat traveling naik travel nanti? 

Jangan lupa untuk selalu hati-hati saat bepergian, ya.

 

Rhoshandhayani KT
Rhoshandhayani, seorang lifestyle blogger yang semangat bercerita tentang keluarga, relationship, travel and kuliner~

Related Posts

1 komentar

duniamasak mengatakan…
setuju, obat anti mabuk bisa jadi andalan :D