Kenali Polis Asuransi Berikut Contohnya dan Telitilah Sebelum Membeli!

Posting Komentar
Konten [Tampil]

Memiliki asuransi sekarang ini banyak dipilih sebagai bentuk proteksi masa depan. Asuransi dipilih untuk melindungi diri dan finansial dari kejadian tidak terduga. 

Saat Anda akan membeli asuransi, maka akan diberikan kontrak yang akan mengikat Anda selaku nasabah dengan perusahaan asuransi. Kontrak inilah yang nantinya disebut polis asuransi.

Buat mengetahui polis asuransi berikut contoh detail, Anda bisa membacanya dalam pemaparan berikut ini.

Selain itu, Anda yang sedang mencari informasi terkait biaya ganti plat mobil bisa mengetahui lebih detail di duitpintar.com/biaya-ganti-plat-mobil/.

Mengenal Polis Asuransi

Sebagai nasabah, Anda wajib mengetahui sejumlah istilah yang digunakan dalam produk asuransi. Satu yang utama yaitu polis asuransi. 

Seperti penjelasan sebelumnya, polis mengacu pada kontrak atau perjanjian. Namun, pengertiannya tidak terbatas pada perjanjian saja. 

Polis asuransi merupakan bukti perjanjian tertulis yang dilakukan oleh penanggung (perusahaan asuransi) dengan pihak tertanggung (nasabah pengguna layanan asuransi). Polis asuransi lebih lengkapnya berisikan tentang semua hak dan kewajiban di antara kedua pihak yang saling terikat perjanjian tersebut.

Polis asuransi menjadi bukti tertulis yang sah selama periode kepesertaan asuransi berjalan. Polis asuransi ini memiliki dasar hukum yang mengatur. 

Karena itu, dalam asuransi polis memiliki peranan penting. Anda sebagai pihak tertanggung wajib memahami semua isi polis asuransi yang dimiliki. 

Hal ini agar terhindar dari sejumlah kerugian yang dapat muncul di masa mendatang lantaran adanya ketidaktahuan tentang yang tertulis dalam polis asuransi.

Fungsi Polis Asuransi

Selanjutnya, polis asuransi mempunyai beberapa fungsi, yaitu:

1. Fungsi Polis Asuransi untuk Pihak Tertanggung

  • Sebagai alat bukti tertulis untuk jaminan penanggungan yang disebabkan sejumlah risiko dan penggantian kerugian yang mungkin terjadi pada pihak tertanggung.
  • Sebagai bukti otentik menuntut pihak penanggung bila terjadi kelalaian dan tidak memenuhi jaminan yang menjadi tanggung jawabnya
  • Sebagai bukti pembayaran premi yang diberikan kepada pihak penanggung yang dalam hal ini adalah perusahaan asuransi.

2. Fungsi Polis Asuransi untuk Penanggung

  • Sebagai bukti tertulis untuk jaminan yang diberikan kepada pihak tertanggung untuk membayar sejumlah ganti rugi yang mungkin dialami pihak tertanggung.
  • Sebagai bukti otentik untuk menolak klaim tuntutan ganti rugi yang diajukan pihak tertanggung bilang penyebab dari kerugian yang dialami tidak memenuhi syarat polis yang dimiliki.
  • Sebagai tanda terima premi asuransi yang dibayarkan oleh nasabah sebagai pihak tertanggung.

Contoh Polis Asuransi

Seperti yang diketahui, produk asuransi begitu beragam. Setiap polis asuransi juga dibuat berbeda bergantung dari produk asuransi dan perlindungan yang diberikan. 

Di mana ketentuan polis disesuaikan dengan kebijakan perusahaan asuransi agar tetap dapat memberi keuntungan bagi semua pihak, baik tertanggung ataupun penanggung. 

Polis asuransi mencakup bab-bah hingga pasal-pasal tentang kesepakatan produk asuransi. Antara produk asuransi dari perusahaan yang satu dengan lainnya tidak mempunyai perbedaan signifikan. 

Hanya saja, Anda tetap harus jeli memilih polis yang memberi manfaat perlindungan dan pertanggungan optimal. Di sinilah pemahaman akan polis asuransi berikut contoh diperlukan.

1. Contoh Polis Asuransi Jiwa

Asuransi jiwa berkaitan dengan hidup seseorang dan keluarga di sekitarnya. Contoh polis asuransi jiwa suatu perusahaan asuransi dituliskan sebagai berikut:

  • Bab I diawali dengan penjelasan tentang pengertian dan istilah-istilah yang umum digunakan dalam polis asuransi jiwa.
  • Bab II memberi rincian penjelasan tentang manfaat asuransi jiwa yang akan diperoleh tertanggung ketika terjadinya risiko.
  • Berlanjut dengan pengaturan pengecualian umum pada polis asuransi jiwa. Penjelasan lain tentang cara pengajuan asuransi, penerbitan, pembayaran premi, perpanjangan perlindungan, perubahan polis, wilayah jaminan asuransi, hingga prosedur klaim.

2. Contoh Polis Asuransi Mobil

Asuransi mobil memberikan perlindungan terhadap mobil dari risiko kecelakaan atau risiko yang berpotensi menyebabkan kerugian lainnya. Produk asuransi ini sangat direkomendasikan terlebih bagi Anda yang membeli mobil baru. 

Contoh polis asuransi mobil suatu perusahaan asuransi dituliskan sebagai berikut:

  • Bab I menjelaskan tentang sejumlah risiko yang dijamin terhadap kerusakan kendaraan bermotor seperti benturan, tabrakan, sambaran petir, perbuatan kriminal orang tidak bertanggung jawab, dan pencurian.
  • Bab II berisi risiko yang tidak dijamin dalam polis asuransi mobil seperti kerugian karena kecelakaan yang tidak disebabkan kendaraan bermotor, kelebihan muatan, dan penggelapan.
  • Bab III mengenai sejumlah syarat seperti cakupan wilayah, pembayaran premi, cara klaim, ganti rugi, risiko pribadi, tuntutan pihak ketiga, kerugian total, kehilangan hal ganti rugi, penyelesaian sengketa hingga pembatalan polis.

Kesimpulan

Tentu masih ada banyak contoh polis lainnya sesuai jenis produk asuransi dipilih. Di sini tetap bijak memilih polis asuransi untuk mendapat manfaat optimal.

Rhoshandhayani KT
Rhoshandhayani, seorang lifestyle blogger yang semangat bercerita tentang keluarga, relationship, travel and kuliner~

Related Posts

Posting Komentar