Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Berlibur Bersama Keluarga di Jogja? Berikut Kawasan Wisata yang Wajib Dikunjungi

Jogja dan Bali adalah dua tujuan wisata yang menjadi favorit karya wisata anak-anak sekolah dari jenjang SD, SMP, SMA. Memang, dua daerah ini memiliki keunikan tersendiri dari segi masyarakat tradisi yang kental, kawasan wisata, serta kulinernya. 

Selain itu, Jogja dan Bali juga terkenal dengan biaya hidupnya yang terjangkau. Sehingga untuk sekedar mencari makan, anda tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam.

Selain itu, ada banyak sekali transportasi yang tersedia menuju dua daerah ini. Kamu bisa pergi ke Bali lewat jalur darat, udara, ataupun laut. Sedangkan kalau ke Jogja, lewat jalur darat via kereta api, bus, atau pesawat juga bisa. 

Ada tiket Sriwijaya Air, Garuda, Lion, Citilink, dan juga maskapai lain yang melayani penerbangan kesini. Anda bisa menemukannya di aplikasi seperti Traveloka.

Kawasan Wisata Jogja Untuk Liburan

Apabila anda tertarik untuk membawa keluarga berlibur ke kota gudeg, berikut beberapa tempat wisata dan juga kuliner yang mesti anda cicipi :

1. Gudeg

Makanan khas dari Jogja yang satu ini terbuat dari Nangka, daun singkong, yang dilengkapi dengan lauk seperti Ingkung Ayam, telur bulat, tahu, dan juga tempe. 

Untuk menambah kelezatan, tersedia juga krecek kulit sapi yang pedas. Krecek ini biasa diolah bersama tahu pong dan kacang kedelai. Ada dua aliran gudeg yang terkenal di Jogja, yakni gudeg kering dan juga gudeg basah. Dua-duanya lezat serta memiliki rasa khas masing-masing.

Gudeg bisa dinikmati kapan pun yang artinya kamu bisa mendapatkannya dengan mudah untuk sarapan, makan siang, ataupun makan malam. Ada banyak penjual gudeg yang buka di pagi hari. Namun ada pula yang buka khusus di malam hari saja.

Beberapa warung gudeg yang terkenal seperti Gudeg Bu Tini, Gudeg Sagan, dan juga Gudeg Permata. Anda bisa menikmati gudeg yang dicampur dengan nasi ataupun bubur. Gudeg sangat nikmat disajikan hangat-hangat.

Kebanyakan warung gudeg di Jogja memiliki penggemar yang rela untuk antri ketika membeli. Beberapa warung gudeg lain bahkan sudah didatangi oleh pengunjung walaupun gudeg belum siap.

2. Taman Pintar Yogyakarta

Terletak di tengah-tengah Kota Jogja, sangat dekat dengan Kawasan wisata Malioboro. Seperti namanya, Taman Pintar dibangun sebagai Kawasan wisata dan edukasi untuk anak-anak. Ada banyak wahana permainan gratis yang bisa kamu temukan di sini.

Harga tiket masuk yang dibanderol pun cukup terjangkau. Kamu bisa masuk ke dalam gedung Taman Pintar, dengan biaya sebesar Rp 12.000 untuk anak-anak. Sedangkan harga tiket orang dewasa Rp 20.000, per orang. Sementara tersedia harga khusus bagi tamu rombongan siswa dan guru.

Pada Gedung Oval dan Kotak terdapat zona peraga sains dan teknologi. Kemudian ada juga planetarium untuk pertunjukan visual astronomi. 

Ada juga Program kreativitas seperti program membatik, kreasi gerabah, Lukis kaos, dan juga Lukis gerabah. Tidak selesai sampai disitu, terdapat teater 4D, Dino adventure, dan Hand on Science.

Selain wahana tersebut, tersedia juga toilet serta booth yang menyediakan makanan untuk para pengunjung. Berkunjung ke tempat ini dijamin puas dan menambah banyak pengetahuan.

3. Kebun Binatang Gembira Loka

Menyaksikan aneka ragam hewan tentu menjadi keasyikan tersendiri. Selain tentu saja menambah pengetahuan karena bisa melihat langsung hewan yang Cuma ada di buku. Oleh karena itu, bermain ke kebun binatang Gembira Loka bisa menjadi pilihan.

Ada banyak koleksi fauna yang tersedia, seperti mamalia, reptile, aves, amphibia, dan juga hewan-hewan lain. Tidak berhenti sampai disitu, kamu juga bisa menikmati fasilitas interaksi yang disediakan oleh pengelola kebun binatang. Seperti menyentuh hewan, memberi makan hewan, naik gajah, menangkap ikan, terapi ikan, dan masih banyak lagi.

Kamu juga bisa menikmati beragam atraksi seperti bird show, reptile, dan juga hewan lain yang memang sengaja dilatih. Adapun wahana lain yang tersedia seperti perahu kayuh, ATV, kereta keliling, bumper boat, speed boat, perahu katamaran, dan lainnya juga bisa anda rasakan.

4. Lava Tour Merapi

Gunung Merapi yang ada di Jogja sempat meletus dan mengeluarkan lahar panas serta lahar dingin. Ribuan orang mengungsi, rumah-rumah penduduk rusak, dan aktivitas masyarakat sempat terganggu akibat abu yang tebal dan terbang hingga provinsi lain.

Peninggalan bencana ini, kemudian oleh masyarakat justru diabadikan menjadi sebuah lokasi wisata. Kamu bisa memesan layanan Lava Tour Merapi, dimana kamu akan diajak untuk menelusuri museum, batu alien, kali kuning, rumah peninggalan Mbah Maridjan, dan juga tempat lainnya menggunakan mobil Jeep.

Melalui tour ini, kamu bisa melihat langsung akibat dari bencana. Namun kamu juga bisa menyaksikan keindahan Gunung Merapi dari dekat. Wahana ini, tidak boleh kamu lewatkan.

Kesimpulan

Nah, itu dia beberapa rekomendasi wisata dan juga makanan yang layak dicoba. Jangan lupa untuk pesan hotel via Traveloka ya. Selamat berlibur bersama keluarga!

1 komentar untuk "Berlibur Bersama Keluarga di Jogja? Berikut Kawasan Wisata yang Wajib Dikunjungi"