5 Manfaat Cost Benefit Analysis Untuk Bisnis Travel

Posting Komentar
Konten [Tampil]

Assalamualaikum wr wb

Kali ini Kak Ros akan sharing tentang pengertian dan manfaat cost benefit analysis untuk bisnis travel. Catatan ini bisa menjadi petunjuk atau sarana edukasi untuk teman-teman yang sedang mengembangkan bisnis di dunia travelling.

Seperti bisnis sewa mobil, jasa tour guide, jasa paket wisata, jasa foto di tempat wisata, dan lainnya. Dengan mengetahui manfaat cost benefit analysis, maka akan ada peningkatan omzet bisnis seperti yang diharapkan. Oh tentu saja, berguna untuk mencegah kerugian yang tak disangka-sangka.

Pengertian Cost Benefit Analysis

Namun sebelum itu, alangkah lebih baik untuk memahmi pengertian dari cost benefit analysis. Sederhananya, cost benefit analysis adalah melakukan analisis biaya beserta manfaatnya untuk sebuah bisnis.

Ini Manfaat Cost Benefit Analysis Untuk Bisnis Travel

Dalam hal ini, yang akan kita bahas adalah mengenai bisnis di dunia travelling. Dengan melakukan analisis cost benefit, maka kita akan mendapatkan banyak manfaat. Apa saja manfaat cost benefit analysis untuk bisnis?

1. Tujuan Lebih Terarah

Kalau memang serius membangun bisnis travel, maka harus ditetapkan tujuan atau goalsnya. Tujuan yang dimaksud juga terkait tentang finansial. Dengan mengetahui cost benefit analysis di awal, maka bisa menetapkan tujuan jangka pendek dan jangka panjang dengan data yang lebih akurat.

2. Menimbang Setiap Risiko

Cost benefit analysis yang telah kita olah, bisa menjadi salah satu pertimbangan terbaik untuk menentukan sebuah keputusan. Sebab, cost benefit analysis dapat menghasilkan sudut pandang yang berbeda secara ilmiah. 

Dengan adanya data yang akurat, maka perusahaan dapat memikirkan risiko yang terjadi. Jadi, dengan perhitungan biayanya dan seberapa besar manfaatnya, maka dapat ditentukan juga mengenai risiko yang akan diterima.

3. Biaya Lebih Efisien

Daripada perusahaan yang tidak melakukan cost benefit analysis, maka perusahaan yang melakukan cost benefit analysis cenderung memiliki pengeluaran biaya yang lebih efisien, terarah, dan terkontrol.

Contohnya, apabila sebuah bisnis travel hendak membuka cabang baru. Manajemen bisa mengambil keputusan yang lebih terukur. Apakah cabang baru ini dapat menghasilkan keuntungan yang sebanding dengan biaya yang dikeluarkan?

4. Identifikasi Potensi Laba

Melakukan perhitungan cost benefit analysis ternyata juga mampu mengidentifikasi potensi laba loh! Tidak hanya menjadi pertimbangan untuk memikirkan risiko, melainkan juga memprediksi laba yang didapatkan.

Bahkan, cost benefit analysis dapat membantu manajemen perusahaan untuk mengungkap adanya potensi laba tersembunyi yang sebelumnya tidak diketahui. Mantap nggak tuh?

5. Dapat Menentukan Skala Prioritas

Setelah melakukan cost benefit analysis, maka manajemen perusahaan dapat memilih risiko, menimbang keputusan, hingga pada akhirnya dapat menentukan skala prioritas. 

Apakah harus buka cabang terlebih dahulu? Apakah harus menambah aset produksi lebih dahulu? Ataukah memberi variasi terlebih dahulu untuk memperluas pasar?

Kesimpulan

Jadi, dengan melakukan cost benefit analysis, maka setiap keputusan yang dihadirkan pada rapat manajemen perusahaan, akan terarah dan terukur. Hal ini lantaran cost benefit analysis ini tersaji dalam bentuk data yang lengkap.

Data tersebut dikupas bersama para staf, ahli, karyawan, untuk membahas tentang potensi, risiko, laba, dan kerugian. Analisis data ini harus didapatkan dari banyak sudut pandang untuk mengumpulkan informasi.

Usai data dianalisis, maka perusahaan akan memiliki sejumlah keputusan yang taktis dan terarah. Jadi tidak ada lagi kesia-siaan dalam bekerja mengembangkan bisnis travel yang sedang dibangun.

Itulah pembahasan tentang pengertian dan manfaat cost benefit analysis untuk bisnis travel. Semoga artikel ini bermanfaat.

Wassalamualaikum wr wb


Rhoshandhayani KT
Rhoshandhayani, seorang lifestyle blogger yang semangat bercerita tentang keluarga, relationship, travel and kuliner~

Related Posts

Posting Komentar