5+ Tips Belajar Hidup Hemat Untuk Masa Depan

1 komentar
Konten [Tampil]

Hidup hemat merupakan salah satu hal yang harus dibiasakan dalam kehidupan sehari-hari untuk menekan pengeluaran serta mempersiapkan diri untuk masa depan. 

Menjadi hemat memang sulit karena arus perkembangan zaman yang membuat kita terpengaruh untuk membeli berbagai barang mewah dan kekinian.

Ini Tips Belajar Hidup Hemat

Meskipun begitu, kita seharusnya tidak boleh mudah terbawa gaya hidup ala orang kaya dengan tujuan ingin tampil gaya, padahal menguras biaya. Nah, pada kesempatan kali ini kita akan membahas beberapa tips belajar hidup sederhana untuk persiapan masa depan.

1. Hindari Membeli Barang Fashion Berdasarkan Tren

Yang pertama, kita harus belajar untuk tidak terpengaruh membeli barang-barang fashion yang berdasarkan tren. 

Sebab, barang fashion tren sebenarnya memiliki fungsi yang sama seperti fungsi pakaian pada umumnya. Sedangkan barang tren ini biasanya memiliki harga yang mahal dan mudah termakan zaman.

2. Liburan Secukupnya

Kita mungkin sering melihat fenomena healing anak muda yang terlalu sering, padahal liburan merupakan sesuatu yang tidak seharusnya sering dilakukan. 

Liburan umumnya untuk menyegarkan pikiran dan mengisi energi. Liburan yang terlalu sering tentu membuat pengeluaran makin boros.

3. Selalu Catat Pengeluaran Uang

Sebisa mungkin kita mencatat pengeluaran uang dalam sebulan untuk tahu seberapa besar uang yang kita miliki habis dengan cepat. 

Dengan begitu, kita akan terdorong secara emosional untuk mencoba hidup hemat dan berhati-hati sebelum mengeluarkan uang.

4. Hindari Nongkrong dan Makan di Tempat Mahal

Biasanya anak muda zaman sekarang terjebak dalam dunia pamer di media sosial dengan berfoto di tempat yang mewah dan mahal. 

Padahal gaya hidup seperti ini sangat menghabiskan uang, sedangkan uang tersebut seharusnya bisa dimanfaatkan untuk hal yang lebih penting seperti membuka usaha.

5. Menabung dari Uang Gajian

Uang yang diperoleh dari hasil bekerja sepatutnya ditabung dengan jumlah tertentu, misalnya 40% atau lebih dengan tujuan untuk menghadapi hal-hal yang tidak diinginkan. 

Dengan menabung, kita juga memiliki modal yang besar untuk masa depan nanti.

6. Menimbang antara Kebutuhan dan Keinginan

Sebelum membeli sesuatu seperti di Online Shop, sebaiknya pertimbangkanlah aspek kebutuhan dan keinginan. 

Usahakan untuk memenuhi hal-hal yang memang untuk “kebutuhan”, sedangkan “keinginan” bisa dibeli setelah semua kebutuhan terpenuhi

Baca juga : Contoh perilaku boros yang harus dihindari

Kesimpulan

Sekian pembahasan kali ini tentang contoh belajar hidup hemat untuk mempersiapkan masa depan yang indah. 

Dengan berhemat, maka kita akan menjadi pribadi yang selalu siap menghadapi kemungkinan yang tidak diinginkan.


Rhoshandhayani KT
Rhoshandhayani, seorang lifestyle blogger yang semangat bercerita tentang keluarga, relationship, travel and kuliner~

Related Posts

1 komentar

Fransisca Williana Nana mengatakan…
Thankyou sarannya! Tapi emang bener, membeli barang karena lagi zamannya atau sedang tren-trennya tuh enggak ada habisnya. Yang ada uang di dompet malah kekuras habis :(