CCTV Outdoor untuk Keamanan Area Luar Lingkungan Perkantoran

Posting Komentar
Konten [Tampil]

Perangkat CCTV sangat diperlukan untuk mendukung sistem keamanan di sebuah lingkungan perkantoran. Ada berbagai tipe CCTV, salah satunya adalah CCTV outdoor yang berfungsi untuk mengawasi area luar sebuah perkantoran.

Smart CCTV camera ini banyak dipasang di area terbuka untuk menjaga keamanan sekaligus memantau aktivitas karyawan. Kendati sebuah kantor umumnya sudah dijaga oleh satpam atau sekuriti, keberadaan CCTV tetap dibutuhkan karena mampu bekerja selama 24 jam nonstop. 

Selain itu, banyak keunggulan lainnya yang membuat upaya pengawasan kantor menjadi lebih efektif untuk mencegah tindak kejahatan.

Tips-Tips Menjaga Keamanan di Sebuah Lingkungan Perkantoran

Tidak bisa dipungkiri, keamanan lingkungan perkantoran merupakan masalah penting yang wajib menjadi perhatian. Pengawasan harus dilakukan secara menyeluruh baik di dalam maupun di area luar lingkungan kantor. 

Kantor yang aman akan memberikan rasa nyaman bagi semua karyawan yang bekerja di lingkungan tersebut. Kenyamanan inilah yang bisa meningkatkan produktivitas kerja.

Memang dibutuhkan berbagai kiat agar keamanan dan kenyamanan bisa tercipta. Terlebih jika di lingkungan kantor kerap diberlakukan system remote atau bekerja dari rumah. Nah, beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menjaga keamanan lingkungan kantor:

1. Bentuk Tim Keamanan yang Kompeten

Tim keamanan atau security harus ada di sebuah kantor. Proses penjagaan dan pengawasan akan berjalan efektif dan efisien jika tim keamanan yang bergabung kompeten dalam menjalankan tugasnya. 

Oleh karena itu, penting untuk menyusun Standard Operating Procedure (SOP) yang tepat bagi semua tim agar bisa bekerja optimal dan mampu melindungi keamanan area kantor secara menyeluruh. 

2. Terapkan Aturan Akses Keluar Masuk yang Jelas

Penerapan akses keluar masuk ke lingkungan kantor juga sangat mempengaruhi sistem keamanan. Akses ini harus diperhitungkan secara matang sehingga orang yang keluar masuk di area kantor memang yang bekerja di sana atau tamu yang memiliki izin. 

Untuk mempermudah pengawasan, sebaiknya posisikan akses keluar masuk  hanya di satu titik saja. 

Apabila pada kondisi tertentu diperlukan membuka titik akses keluar masuk di tempat yang berbeda pastikan penjagaannya yang ketat. 

Pemberlakuan sistem keluar masuk yang efektif dan efisien bisa mencegah orang-orang yang tidak berkepentingan masuk ke area kantor. Sehingga keamanan area di dalam maupun di luar kantor bisa terkendali. 

3. Gunakan Akses Kontrol Sistem

Tips berikutnya untuk menjaga keamanan lingkungan kantor adalah menerapkan sistem akses control yang sudah terkonfigurasi.  Setiap karyawan diberikan akses berupa kartu, sidik jari atau tanda pengenal lainnya untuk bisa masuk dan keluar kantor. 

Untuk pengaman ekstra, akses ini tidak hanya berlaku pada saat memasuki gedung perkantoran saja namun sebaiknya sudah diterapkan sejak dari gerbang pintu masuk di area luar lingkungan perkantoran.

Sistem akses control sangat membantu perusahaan untuk mendeteksi identitas dan mencatat siapa saja yang keluar masuk area kantor. Hal ini berguna ketika ada kejadian-kejadian yang janggal dan mencurigakan,  manajemen kantor bisa langsung mengakses catatan daftar orang-orang tersebut.

Akses kontrol sistem menyeleksi siapa saja yang berhak keluar masuk area kantor. Orang lain selain karyawan bisa masuk dengan akses khusus sebagai visitor.

4. Gunakan Pencahayaan yang Cukup

Pastikan pencahayaan di kantor Anda cukup terang terutama di malam hari. Pencuri akan berpikir dua kali melakukan tindak kejahatan di area di lingkungan kantor baik outdoor maupun indoor karena mudah terlihat.  

Apabila Anda tidak ingin memboroskan energi dengan menyalakan lampu di luar gedung kantor sepanjang waktu, Anda dapat menggunakan lampu gerak. Lampu ini hanya akan menyala di malam hari ketika salah satu sensornya mendeteksi adanya gerakan.

5. Pasang Kamera CCTV 

Seperti yang disebutkan di awal artikel, penggunaan CCTV merupakan solusi efektif dan menjaga dan mengawasi keamanan kantor. CCTV yang dibutuhkan indoor dan outdoor. 

CCTV outdoor memiliki kriteria yang berbeda dengan CCTV yang dipasang di area indoor. Untuk mendapatkan pengamanan yang berkualitas, setidaknya ada beberapa kriteria  CCTV yang bagus untuk dipasang di area outdoor kantor, antara lain : 

  • Memiliki Spesifikasi Bagus Terutama Pada Lensa Kamera.
  • Tahan Banting dan Tangguh Terhadap Perubahan Cuaca
  • Dilengkapi Night Vision
  • Mempunyai Spektrum yang Luas

Pertimbangkan juga fitur-fitur yang tersedia pada CCTV tersebut. Pastikan fitur-fiturnya kompatibel dan mendukung pengawasan lingkungan kantor secara optimal.  

Hikvision AcuSense, Kamera CCTV Outdoor Terbaik dan Berkualitas

Menggunakan produk CCTV yang punya kualitas bagus akan mendukung pengawasan di lingkungan kantor berjalan efektif dan efisien.  

Nah, salah satu CCTV outdoor terbaik yang bisa menjadi andalan untuk ditempatkan di kantor Anda adalah Hikvision AcuSense. Produk ini menawarkan banyak keunggulan, antara lain : 

  • Smart CCTV Hikvision AcuSense mampu melakukan rekaman gambar secara real time
  • Memiliki Pencitraan yang sangat detail dan akurat pada rekaman video 
  • Kamera CCTV Hikvision berteknologi AcuSense terbukti lebih efisien
  • Pemasangan dan proses konfigurasi kamera bisa dilakukan dengan cara yang sangat mudah dan praktis

Kesimpulan

CCTV outdoor ini memiliki teknologi yang mumpuni dan fiturnya juga sangat lengkap. Ditambah sistem konfigurasinya mudah dan praktis bahkan bagi pemula. Anda bisa memasangnya sendiri, tanpa bantuan teknisi. Tentunya ini akan menghemat biaya juga bukan? 

Nah, Anda tertarik memasang smart CCTV Camera ini di area outdoor lingkungan kantor? Temukan informasi lebih lengkap tentang kamera pengawas Hikvision AcuSense  di tautan berikut https://www.hikvision.com/id/products/IP-Products/Network-Cameras/acusense-products/



Rhoshandhayani KT
Rhoshandhayani, seorang lifestyle blogger yang semangat bercerita tentang keluarga, relationship, travel and kuliner~

Related Posts

Posting Komentar