Tips Memilih Bantal yang Nyaman dan Awet untuk Tidur

Posting Komentar
Konten [Tampil]

Bantal merupakan salah satu hal yang sangat menentukan kualitas tidur seseorang. Bantal yang kurang nyaman dipakai tentu membuat tidur menjadi kurang nyenyak, sehingga berpengaruh terhadap kehidupan sehari-hari. 

Oleh karena itu, pemilihan bantal tidak bisa dilakukan dengan sembarangan lho. Memilih bantal yang nyaman, seperti bantal truu harus selalu kamu lakukan.

Simak 5 tips memilih bantal yang bagus dan nyaman saat digunakan (sumber gambar: ahbeard.com)

Namun, masih banyak orang yang bingung dalam memilih bantal yang nyaman saat digunakan tidur. Apalagi saat ini banyak sekali bantal yang dijual di toko online atau offline. 

Tenang saja, Blibli Friends tetap bisa memilih bantal terbaik dengan memperhatikan tips yang ada di artikel ini. Penasaran apa saja tips yang bisa kamu tiru? Info lengkapnya bisa kamu lihat pada rangkuman di bawah ini.

5 Tips Memilih Bantal yang Nyaman dan Awet untuk Tidur

Sebelum memutuskan untuk membeli bantal, Blibli Friends harus tahu apa saja tips dalam memilih produk bantal berkualitas dan nyaman. 

Inilah 5 tips memilih bantal yang nyaman dan awet digunakan dalam jangka waktu panjang.

1. Kenali Posisi Tidur

Salah satu tips dalam memilih bantal agar nyaman ketika kamu gunakan saat tidur adalah kenali posisi tidur. Setiap orang pasti memiliki posisi tidur yang khas dan berbeda-beda. 

Ada seseorang yang lebih menyukai posisi tidur miring ke kanan, ke kiri, atau terlentang. Posisi tidur yang khas tersebut memerlukan bantal yang bisa mendukung tubuh Blibli Friends saat sedang terlelap.

Pasalnya, ukuran dan berat kepala bisa memberikan tekanan kepada leher dan bahu. Oleh karena itu, diperlukan bantal yang pas untuk mendukung posisi khas saat kamu sedang tertidur. 

sumber gambar: eatthis.com

Jika memilih bantal yang kurang pas, maka hal tersebut bisa menyebabkan hal yang nggak diinginkan, seperti nyeri pada area leher dan bisa mengakibatkan stress secara berulang.

Blibli Friends yang suka tidur dengan posisi miring dapat menjaga posisi kepala, leher, dan punggung agar sejajar. Sedangkan, untuk kamu yang lebih suka tidur dengan posisi terlentang dapat  memilih bantal yang mampu menahan lekukan alami leher pada tempatnya. 

Pilihlah bantal yang memiliki ketinggian yang pas sesuai dengan kondisi leher dan kepala Blibli Friends.

Bagi kamu yang suka tidur dengan posisi tengkurap, pilihlah bantal yang lembut dan rata. Jika bantal yang dipilih terlalu tinggi, hal tersebut bisa berdampak pada timbulnya ketegangan pada area leher dan kepala. 

Meskipun demikian, posisi tidur tengkurap kurang disarankan untuk dipilih karena akan memberikan tekanan ke atas pada leher Blibli Friends.

2. Pilih Ukuran Bantal yang Terbaik

Salah satu hal yang juga cukup penting untuk diperhatikan adalah ukuran bantal. Saat ini, ada berbagai jenis ukuran bantal yang bisa kamu pilih, mulai dari yang kecil hingga besar. 

Beberapa jenis ukuran bantal yang biasanya tersedia di pasaran adalah adalah  35x35 cm, 36x36 cm, 38x38cm, 39 x39 cm, 40x40 cm, serta ukuran bantal lainnya.

Pemilihan ukuran bantal juga harus disesuaikan dengan ukuran tempat tidur. Jika ukuran bantal yang dipilih terlalu besar daripada tempat tidur, maka hal tersebut bisa membuat kamu merasa nggak nyaman. 

sumber gambar: northamericamattress.com

Oleh karena itu. Blibli Friends harus memilih ukuran bantal yang paling sesuai dengan tempat tidur di kamar Blibli Friends.

Ada beberapa contoh ukuran bantal yang bisa disesuaikan dengan tempat tidur Blibli Friends. Misalnya, untuk jenis kasur twin atau single, Blibli Friends bisa memilih bantal dengan ukuran 43×63 cm. 

Ranjang dengan jenis king size paling cocok menggunakan bantal dengan ukuran yang lebih besar yaitu 50×70 cm.

Oleh karena itu, penting bagi Anda menentukan ukuran bantal agar lebih nyaman saat digunakan. Selain itu, ukuran bantal yang pas dengan ranjang tidur bisa membuat produk tersebut lebih awet dan nggak mudah rusak lho. 

Jadi, pastikan untuk memilih bantal dengan ukuran yang paling pas, ya!

3. Kualitas Bahan Isi Bantal

Tips selanjutnya yang perlu kamu ketahui mengenai cara memilih bantal yang nyaman dan awet adalah kualitas dari bahan bantal tersebut. 

Ada banyak brand bantal yang menjual produk bantal yang dibuat dari berbagai bahan. Oleh karena itu, Blibli Friends harus memilih bantal yang memiliki kualitas bagus.

Pasalnya, bahan bantal tersebut akan berpengaruh terhadap tingkat kenyamanan saat kamu sedang menggunakan bantal tersebut. 

Selain itu, bahan yang berkualitas juga membuat bantal tersebut lebih awet saat digunakan dalam jangka waktu yang lama. Isi bantal merupakan salah satu hal yang perlu Blibli Friends perhatikan mengenai jenis bahan yang digunakan.

sumber gambar: solorganix.com

Beberapa jenis bahan isi bantal yang memiliki kualitas bagus adalah kapuk, memory foam, lateks, busa, dakron. Masing-masing bahan isian bantal tersebut memiliki sifat dan keunggulan yang berbeda-beda. 

Misalnya, karakteristik yang dimiliki oleh bahan dakron adalah tahan air, tidak menyerap debut, bisa kembali ke bentuk semula ketika selesai dipakai, dan lain-lain.

Blibli Friends bisa mencari terlebih dahulu karakteristik masing-masing bahan isian bantal sebelum memilih untuk membeli produk bantal. 

Isian bantal yang berkualitas juga bisa membuat produk tersebut menjadi lebih awet ketika digunakan lho. Apalagi isi bantal juga sangat berpengaruh terhadap kenyamanan Blibli Friends saat tidur.

4. Perhatikan Fitur yang Dimiliki

Saat ini, produk-produk bantal telah memiliki fitur-fitur dari teknologi saat ini. Beberapa bantal di pasaran bahkan sudah dilengkapi dengan fitur anti bakteri yang membuatnya bisa dipakai dalam waktu yang cukup lama. 

Tentunya fitur-fitur teknologi tersebut akan memudahkan Blibli Friends saat sedang menggunakan bantal tersebut.

sumber gambar: https://www.amazon.com/

Selain fitur anti bakteri, ada beberapa jenis bantal yang juga dilengkapi dengan fitur anti bau. Jadi, Blibli Friends tetap bisa menggunakan produk ini dalam jangka waktu yang lama dengan tetap merasa nyaman lho. 

Alhasil, kualitas tidur pun bisa tetap terjaga dengan baik. Oleh karena itu, pastikan Blibli Friends melihat fitur-fitur apa saja yang dimiliki oleh bantal tersebut.

5. Ganti Bantal dalam Jangka Waktu Tertentu

Hal lain yang perlu Blibli Friends perhatikan adalah waktu penggantian bantal. Bantal bisa diganti selang beberapa waktu agar kualitas dan kebersihan bantal bisa terjaga dengan baik. 

Waktu yang ideal untuk melakukan penggantian bantal adalah sekitar 18 bulan. Bantal yang terlalu lama digunakan bisa menjadi sarang berbagai jenis bakteri yang berbahaya bagi kesehatanmu lho.

sumber gambar: thesleepdoctor.com

Kesimpulan

Bagaimana, cukup mudah bukan untuk menerapkan tips memilih bantal yang nyaman dan awet untuk tidur? 

Blibli Friends bisa mendapatkan bantal dari berbagai merk yang berkualitas jika berbelanja di Blibli lho. Selain memiliki kualitas terbaik, kamu juga bisa memilih warna dan motif bantal pilihan dengan harga yang cukup terjangkau hanya di Blibli. Yuk, belanja di Blibli sekarang!

Rhoshandhayani KT
Rhoshandhayani, seorang lifestyle blogger yang semangat bercerita tentang keluarga, relationship, travel and kuliner~

Related Posts

Posting Komentar