Trik Cerdas Beli Perlengkapan Bayi, Nggak Bikin Boncos

Posting Komentar
Konten [Tampil]

Tiga bulan sebelum HPL tiba, seorang ibu biasanya sudah mulai mempersiapkan perlengkapan bayi yang dibutuhkan untuk menyambut kelahirannya. Mulai dari pakaian, alat mandi, tempat tidur bayi serta printilan lain yang biaya belanjanya tentu tidak sedikit. 

Bagi yang tidak mempersiapkan budget-nya tentu akan kelimpungan. Namun, sekarang masalah tersebut sudah ada solusinya dengan hadirnya paylater.

Paylater adalah sistem pembayaran yang sangat membantu bagi yang tidak punya budget banyak atau yang penghasilannya tidak banyak, tapi ingin membeli yang terbaik untuk kebutuhan bayi saat keadaan darurat. 

Sistem paylater akan memudahkan sebab kamu bisa membayar biaya belanja ketika telah memiliki uang.

Tips Hemat Beli Perlengkapan Bayi, Biar Tidak Mubadzir

Seorang wanita yang baru akan menjadi ibu umumnya sangat bersemangat manakala akan berbelanja kebutuhan bayi. Hampir semuanya dibeli karena dianggap cute dan menarik. Namun, kadang kala karena terlalu kalap, banyak barang yang akhirnya tidak terpakai. 

Padahal biaya belanja yang dikeluarkan cukup banyak. Sayang sekali, bukan? Nah, agar hal tersebut tidak terjadi, coba kamu ikuti tips hemat berikut ini;

1. Susun Daftar Barang Sesuai Kebutuhan

Salah satu cara terbaik agar tidak banyak barang kebutuhan bayi yang tidak terpakai serta tidak butuh banyak budget adalah dengan menyusun daftar barang kebutuhan bayi terlebih dahulu. 

Pastikan jika kamu telah memasukkan daftar barang atau perlengkapan yang sesuai kebutuhan bayi pada tahun pertama. Misalnya kebutuhan pakaian, alat mandi dan yang lainnya.

Untuk perlengkapan yang belum begitu dibutuhkan sebaiknya jangan dimasukkan dulu, karena kamu bisa membelinya nanti ketika telah butuh dan ada budget. Misalnya saja alat makan atau high chair.

2. Cari Tahu Kebutuhan Bayi Sebelum Membeli

Seorang ibu biasanya paling semangat saat akan berbelanja kebutuhan perlengkapan bayi. Agar tidak boros, bijaknya kamu mencari tahu dahulu apa saja perlengkapan bayi yang harus dibeli menjelang kelahiran. 

kamu bisa bertanya pada orang terdekat yang pernah melahirkan atau melihat ulasan kebutuhan perlengkapan bayi secara online. Pastikan perlengkapan dan produk yang dibeli telah sesuai kebutuhan dan aman digunakan. 

3. Manfaatkan Diskon Atau Promo

Langkah cerdas dalam mempersiapkan kebutuhan bayi agar tetap hemat adalah dengan memanfaatkan diskon atau promo yang sedang berlangsung. Toko perlengkapan bayi biasanya ada yang memberikan diskon pada momen tertentu.

Jika kamu ingin menikmati banyak diskon, bisa juga membeli perlengkapan secara online. Sebab, di marketplace biasanya setiap bulan pada tanggal tertentu akan bertabur diskon yang murah meriah. Jadi, kamu bisa memanfaatkannya sebaik mungkin.

Akan tetapi, kamu juga harus pintar menahan diri. Jangan hanya karena banyak diskon lantas tergiur untuk membeli banyak barang yang sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan. Oleh sebab itu, membuat list kebutuhan perlengkapan bayi sangatlah diperlukan.

4. Beli Pakaian dengan Size Lebih Besar

Bayi yang baru lahir biasanya perkembangannya akan pesat pada tahun pertama. Oleh sebab itu, banyak orang tua yang menganjurkan untuk tidak membeli banyak baju newborn saat belanja. 

Belilah baju tersebut hanya beberapa saja. Selebihnya lebih baik membeli pakaian dengan ukuran yang lebih besar.  Seperti membeli baju dengan ukuran 3-6 bulan. Pakaian yang lebih longgar tentu akan membuat bayi merasa nyaman.

5. Membeli Barang Bekas Atau Sewa Bisa Jadi Opsi

Membeli perlengkapan bayi tidak harus selalu baru. Untuk menghemat budget kamu juga bisa menyewa atau membeli barang bekas. Misalnya saja untuk kebutuhan tempat tidur bayi. Barang satu ini umumnya tidak dibutuhkan terlalu lama. 

Daripada beli baru dan hanya terpakai hanya satu bulan, bukankah lebih baik jika kamu menyewa atau beli bekas yang lebih murah. Budget kamu akan lebih hemat dan dapat dialokasikan untuk hal lainnya.

6. Beli Di Tempat Dengan Harga Miring

Tips selanjutnya adalah membeli perlengkapan bayi di tempat yang menawarkan harga lebih murah, tapi tentu kualitasnya tetap bagus. Banyak toko online perlengkapan bayi di marketplace yang memberikan harga murah, namun dengan kualitas tidak diragukan. 

Kamu juga bisa meminta referensi tempat membeli perlengkapan bayi harga terjangkau, seperti kepada teman atau keluarga yang sudah berlangganan.

7. Menggunakan Paylater

Tips hemat terakhir yang dapat kamu manfaatkan adalah dengan memanfaatkan program pembayaran paylater. Sistem pembayaran ini sekarang banyak digunakan karena sangat membantu terutama ketika tidak punya cukup uang saat berbelanja. 

Sistem paylater akan membantu kamu lebih hemat saat membeli perlengkapan bayi karena bisa membayarnya nanti ketika telah memiliki uang. kamu dapat membeli berbagai perlengkapan bayi yang dibutuhkan tanpa harus khawatir ketika uang tidak cukup.

8. Lebih Hemat dengan Menggunakan PayLater, Cara Cerdas Saat Belanja

Belanja menggunakan paylater saat ini sedang tren dilakukan para pecinta belanja online. Pasalnya sistem pembayaran ini dianggap cukup membantu. Utamanya jika kamu ingin membeli sesuatu, tapi belum menerima gaji. Pembayaran ini dapat jadi solusi.

Nah, kamu juga bisa menggunakan pembayaran ini saat ingin berbelanja kebutuhan bayi. Selain lebih mudah juga lebih hemat dan salah satu yang direkomendasikan adalah digibank by DBS karena memiliki beragam keunggulan diantaranya adalah;

  • Kamu  bisa akses dan monitor 24/7 di Aplikasi digibank by DBS
  • Kartu Kredit cicilan ringan hingga 60 bulan dengan approval dalam 60 detik
  • GRATIS iuran tahun pertama

Kesimpulan

Adanya sistem pembayaran ini bukan hanya akan membantu menghemat dan mengelola keuangan sebelum masa kelahiran dengan baik, tapi juga memudahkan kamu belanja secara online karena tidak harus keluar rumah untuk transfer biaya belanja. 

Yuk, belanja dengan lebih bijak bersama digibank. Untuk informasi lebih akurat bisa kamu cari tahu di sini.


Rhoshandhayani KT
Rhoshandhayani, seorang lifestyle blogger yang semangat bercerita tentang keluarga, relationship, travel and kuliner~

Related Posts

Posting Komentar