ASUS Zenbook DUO (UX8406), Laptop 2 Layar Berkualitas, Tingkatkan Produktivitas 2x Lipat!

Posting Komentar
Konten [Tampil]

Merelakan jam istirahat di kantor adalah salah satu pengorbanan yang harus saya lakukan selama ini. Ada banyak kerjaan freelance yang harus saya selesaikan. Mulai dari penulisan artikel untuk blog, editing konten Youtube, hingga mencicil pembuatan konten untuk 3 akun Tiktok yang saya kelola.

Daripada curi-curi waktu saat jam kerja, lebih baik memangkas jam istirahat. Ketika teman-teman lain memanfaatkan jam istirahat dengan main HP atau tidur siang, lain halnya dengan saya yang menghadap komputer untuk membuka aplikasi penunjang kerjaan freelance.

Tak jarang, saya sangat ikhlas ketika suami terlambat menjemput. Sebab, saya masih bisa memanfaatkan waktu tersebut untuk buka komputer lagi. Ngerjain kerjaan freelance atau bikin konten lagi.

Bahkan, pada beberapa kondisi, saya baru dijemput oleh suami pukul 9 malam. Tak apa, saya nggak gabut kok. Saya ditemani komputer kantor kok, hehe.

Pasti Anda bertanya-tanya, "Kenapa betah banget di kantor, sih?"

Sejujurnya saya lebih suka ngerjain di kantor daripada di rumah, hehe. Soalnya layar komputernya lebih besar daripada laptop saya yang cuma 14 inci.

Kalau ngerjain pakai laptop dengan layar kecil, sungguh melelahkan dan kurang leluasa. Apalagi sebagai seorang creator Youtube di channel Dunia Kuliah dan Beasiswa yang bikin videonya hanya melalui Canva.

Eits, jangan salah! Editing video + rekaman di Canva itu enak banget loh! Semua yang dibutuhkan serba ada, seperti stiker, gambar, teks, dll. Editannya diakses secara online asalkan ada piranti yang mendukung.

Sayangnya, frame-nya Canva buat editing tuh sempit banget. Saya harus berbagi dengan tab SERP lain untuk mendapatkan info terkait materi video. Jadi susah banget untuk dikerjakan secara bersamaan meski split tab.

Akhirnya saya sering editing video Canva menggunakan komputer kantor yang layarnya 24 inci. Wuah puas banget editingnya. Bisa langsung sat set sat set. 

Tak hanya Canva, aplikasi editing video favorit saya adalah Capcut. Editing di aplikasi berguna untuk pembuatan konten video portrait untuk 3 akun Tiktok pribadi yang temanya beda-beda (travelling, kuliner, dan freelance).

Iya, akun saya sebanyak itu. Ini pun masih ada 2 lagi yang belum siap publish karena masih digodok matang-matang. 

Mengelola akun sebanyak ini, memang harus pintar-pintar bagi waktu sih. Untuk olahraga, travelling, baca buku, dan belajar untuk upgrade ilmu. Makanya saya harus pandai-pandai memanfaatkan piranti yang tersedia.

Sayangnya, layar di komputer kantor yang lebar ke samping itu masih belum memuaskan saya. Soalnya kalau lagi editing video portrait di Capcut PC, ngabisin space banyak.

Contohnya nih, kalau editannya menggunakan banyak fitur, seperti nambahin teks, stiker, transisi, video tambahan, audio dll, malah bikin tab timeline jadi numpuk ke atas. 

Efeknya, tab Player yang ukurannya minimalis, harus dikecilkan lagi agar tab timeline bisa terlihat lebih detail bila ingin editing media/stiker/teks. 

Ini berakibat preview videonya nggak terlalu kelihatan. Jadinya nggak bisa editing langsung sambil lihat preview videonya secara real time dan bersamaan.

Ini buang-buang waktu banget. 2 hal yang bisa dikerjakan secara bersamaan, malah merepotkan. Harus mengatur ukuran tab Player atau tab Timeline secara bergantian sesuai kebutuhan.

Masalah ini nggak selesai dengan penggunaan layar dekstop yang lebarnya ke samping. Justru butuh layar ukuran standar namun posisinya atas bawah.

Layar atas berisi tab Player untuk preview video secara langsung sambil melihat detailnya. Sedangkan layar kedua berisi tab timeline untuk memasukkan unsur-unsur editing yang saling bertumpuk. Enak, bukan?

Tapi lebih enak lagi kalau 2 layar atas dan bawah ini tidak berwujud sebagai PC, melainkan sebagai laptop yang bisa dibawa kemana-mana. Bisa dibawa ke kafe buat ngerjain kerjaan freelance, meeting sama klien di luar kantor, dll.

Jadinya lebih praktis, lebih fleksibel, dan lebih produktif hingga 2x lipat. Tapi memangnya ada laptop dengan spesifikasi 2 layar yang bisa dibawa kemana-mana?

Saya kira nggak bakalan ada karena rasanya mustahil. Eh ternyata ASUS hadir menyuguhkan sebuah keajaiban: ASUS Zenbook DUO (UX8406), laptop dengan 2 layar berkualitas untuk tingkatkan produktivitas 2x lipat!

Revolusi yang Melahirkan Laptop Sempurna

Pada tanggal 7 Maret 2024 kemarin di Jakarta, akhirnya ASUS meluncurkan sekaligus mengenalkan laptop 2 layar kepada masyarakat Indonesia yakni ASUS Zenbook DUO (UX8406).

Jimmy Lin selaku ASUS Southeast Asia Regional Director mengatakan, “Laptop terbaik tahun 2024 telah tiba di Indonesia. ASUS Zenbook DUO yang dibekali dua layar OLED, ditenagai AI, dan dilengkapi fitur eksklusif akan merevolusi bagaimana kita berinteraksi dengan laptop dan memaksimalkan produktivitas sehari-hari. Revolusi laptop telah dimulai hari ini!”

Laptop canggih ini tidak serta merta hadir begitu saja. Tim desain ASUS melihat fakta di lapangan bahwa banyak profesional yang menggunakan monitor tambahan untuk memperluas area pekerjaannya di laptop.

Sayangnya monitor tambahan ini tidak bisa dibawa secara portable sehingga para pekerja profesional kembali menggunakan laptop 1 layar untuk bekerja di luar rumah/kantor. Ini artinya produktivitas pekerjaan jadi menurun.

Maka tim desain ASUS melakukan penelitian dan merancang laptop 2 layar untuk membantu kebutuhan para pekerja profesional. Pada mulanya diperkenalkan laptop prototipe 2 layar bernama Project Precog yang dipamerkan di Computex 2018. 

Di sini sudah ditampilkan laptop dengan layar ganda, namun hardware, software, dan sistem operasi belum maksimal. Penelitian dan perancangan terus dilakukan secara cermat agar menghasilkan laptop 2 layar yang benar-benar canggih dan memenuhi kebutuhan kalangan profesional.

Penyempurnaan laptop layar ganda dengan dukungan software, hardware, dan sistem operasi lainnya dilakukan secara bertahap. Diawali dari kelahiran ZenBook Pro 15 (UX580) melalui ScreenPad™, serta ZenBook Duo (UX481) dan ZenBook Pro Duo (UX581) melalui layar tambahan ScreenPad™ Plus.

Hingga akhirnya, 6 tahun kemudian, yakni tahun 2024 ASUS meluncurkan Zenbook DUO (UX8406) yang tampil dengan layar ganda berukuran besar, bisa diubah berbagai mode, namun tetap memiliki performa yang cakap.

Ini adalah bentuk revolusi nyata yang telah melewati serangkaian proses development laptop secara konsisten bertahun-tahun. Maka tak heran bila ASUS Zenbook DUO (UX8406) dinobatkan sebagai laptop layar ganda terbaik di dunia. 

Laptop layar ganda ini adalah piranti terbaik yang bisa diandalkan oleh para content creator, manajer, SEO specialist, HRD, video editor, desainer grafis, dan para profesional lainnya.

Dengan dual-screen, bisa menghemat waktu karena pengerjaan tugas jadi lebih singkat, bisa hemat pikiran karena dibantu 2 layar yang bisa diubah berbagai mode, serta bisa hemat tenaga karena didesain enteng agar bisa dibawa kemana-mana.

Keunggulan Zenbook DUO (UX8406) Sebagai Laptop Layar Ganda Terbaik di Dunia

Untuk content creator yang bekerja secara profesional seperti saya, juga para pekerja profesional yang ingin produktivitasnya meningkat 2x lipat, disarankan menggunakan laptop layar ganda yang performanya powerful seperti ASUS Zenbook DUO (UX8406).

Tidak lagi menggunakan monitor tambahan ketika bekerja di kantor, dan tidak lagi menggunakan laptop biasa saat bekerja di luar ruangan, melainkan laptop yang layarnya ganda sehingga ruang pandang untuk bekerja menjadi lebih luas, presentasi lebih maksimal, dan pekerjaan selesai lebih cepat.

Lalu apa saja keunggulan Zenbook DUO (UX8406) hingga didaulat sebagai laptop layar ganda terbaik di dunia yang bisa diandalkan oleh para pekerja profesional untuk menunjang produktivitasnya dalam bekerja? Langsung saja simak ulasan berikut:

1) Desain Inovatif, Bikin Makin Produktif

Ini sungguh laptop yang luar biasa karena gebrakannya yang out of the box. Hadir dengan 2 layar yang masing-masing berukuran 14 inci, dilengkapi keyboard yang dapat lepas pasang, dan penyangga yang nyaman digunakan. 

Semuanya disajikan secara ringkas dalam 1 laptop yang mudah dibawa kemana-mana. Jangan dikira tambahan layar menjadikannya berat, justru bobot totalnyanya hanya 1,35 kg. Enteng kalau dibawa pakai tote bag sekalipun.

Ketebalan laptop ini pun hanya 14.6 mm. Tidak tampak tebal sehingga tetap indah dan trendy saat dibawa berpergian untuk presentasi di kafe, mengerjakan tugas harian di luar kantor, dll.

Eits, jangan dikira body tipis lalu susah diajak ngebut, justru performanya powerful karena dibekali Intel® Evo™ Edition. Ini adalah standar bagi laptop-laptop kelas atas dengan kinerja tinggi dan efisiensi daya yang baik sehingga mampu menangani tugas-tugas komputasi berat meski dikerjakan secara multitasking.

2) Layar Ganda dengan Warna yang Akurat, Tajam, dan Kontras

Layar yang digunakan di Zenbook DUO (UX8406) ini bukan sembarang layar, melainkan layar dengan panel ASUS Lumina OLED yang peka dengan sentuhan (touchscreen). Layar ASUS Lumina OLED menghadirkan warna yang akurat dan realistis, ideal untuk para kreator konten dan profesional.

Masing-masing layar berukuran 14 inci yang memiliki aspek rasio 16:10 dengan rasio screen to body hingga 91%. Perpaduan layar ganda ini dapat memperluas ruang kerja hingga 19,8 inci.

Kedua layar tersebut memiliki resolusi terbaik 3K (2880 x 1800) dengan refresh rate 120 Hz. Dengan resolusi yang tajam dan jernih itu, jeda waktu untuk menampilkan gambar baru hanya 8,33 milidetik. Super cepat, bukan?

Laptop ini juga didesain dengan memperhatikan kesehatan pengguna karena teknologi OLED mampu melindungi mata. Teknologi ASUS Eye Care mampu mengurangi emisi sinar biru berbahaya hingga 70%, membantu melindungi mata dari kelelahan dan kerusakan. 

Ditunjang dengan Sertifikasi TÜV Rheinland Low Blue Light yang memastikan layar ASUS Lumina OLED aman untuk digunakan dalam jangka waktu lama. Namun tenang saja, kualitas dan akurasi warnanya tidak berkurang.

Tingkat reproduksi warna yang tinggi, akan percuma bila tidak diimbangi dengan tingkat akurasi warna yang tinggi pula. Maka ASUS Lumina OLED telah memiliki standar kalibrasi warna yang tinggi dan akurat sehingga mendapatkan sertifikasi Pantone® Validated display.

Pantone adalah standar warna internasional yang digunakan dalam berbagai industri seperti desain grafis, percetakan, dan fashion. Sertifikasi "Pantone Validated" berarti layar laptop Asus Zenbook DUO (UX8406) telah divalidasi untuk dapat menampilkan warna yang akurat sesuai dengan standar Pantone. 

Hal ini memberikan jaminan bahwa warna yang ditampilkan pada layar akan sama dengan warna yang diharapkan, yang sangat penting bagi para profesional yang bekerja dengan warna seperti desainer, fotografer, dan editor video.

Bahkan standar warna ini sudah didukung dengan color gamut 100% DCI-P3. Color Gamut atau rentang warna adalah jumlah warna yang dapat ditampilkan oleh layar. DCI-P3 adalah standar color gamut yang digunakan dalam industri sinematografi profesional. 

Dengan cakupan warna 100% DCI-P3, Asus Zenbook DUO (UX8406) dapat menampilkan seluruh rentang warna yang digunakan dalam film dan video digital profesional. Ini memberikan tampilan warna yang lebih akurat, lebih hidup, dan lebih realistis, yang sangat penting bagi para editor video, colorist, dan siapa pun yang bekerja dengan konten visual berkualitas tinggi.


Layar pada laptop Zenbook DUO (UX8406) ini juga telah tersertifikasi Dolby Vision® loh! Dolby Vision adalah teknologi penampilan gambar dan video canggih yang dikembangkan oleh Dolby Laboratories. 

Ini menawarkan kualitas gambar yang lebih baik dengan rentang dinamis yang lebih luas, kontras yang lebih tinggi, dan warna yang lebih akurat. Dolby Vision mengoptimalkan setiap adegan secara individual, sehingga memberikan gambar yang lebih tajam, lebih cerah, dan lebih detail daripada format gambar standar. 

Tak hanya itu, laptop layar ganda ini juga mengantongi sertifikasi VESA DisplayHDR™ True Black 500. Ini artinya layar Asus Zenbook DUO (UX8406) dapat menampilkan tingkat kecerahan hingga 500 nits dan rasio kontras yang tinggi dengan hitam yang benar-benar gelap. 

Ini memungkinkan tampilan gambar yang lebih realistis dengan detail yang lebih baik di area terang dan gelap, serta kontras yang lebih tajam. Fitur ini sangat penting untuk pengalaman menonton film dan video yang optimal, serta untuk editing foto dan video profesional.

Kabar baiknya, kedua layar juga bisa disentuh karena dibekali teknologi touchscreen. Tidak hanya disentuh-sentuh saja untuk memilih program atau perintah, melainkan dapat ditulis atau digambar dengan bantuan stylus ASUS Pen 2.0 yang dapat memberikan input secara presisi.

Stylus aktif generasi terbaru ini memiliki sensitivitas tekanan dan deteksi kemiringan yang lebih baik untuk pengalaman menggambar yang lebih natural dan responsif. Cocok juga kan, untuk para ilustrator atau desainer grafis? 

Bisa melakukan setting 2 layar atas bawah. Layar atas untuk preview hasilnya, sedangkan layar kedua dijadikan sebagai touchpad atau alat gambar digital. Ukurannya yang luas, pasti puas banget saat menggambar.

3) Keyboard Detachable, Bisa Dilepas Pasang dengan Mudah

Tak hanya layarnya yang memuaskan, melainkan keyboardnya dapat dilepas pasang (detachable). Kalau sedang ingin fokus pada 2 layar, keyboardnya bisa dilepas. 

Tapi kalau ingin mengerjakan tugas komputasi harian seperti mengetik, menulis data, membuat file presentasi, dll maka keyboard dapat dipasang kembali untuk memudahkan pengetikan. 

Bahkan keyboardnya telah dilengkapi dengan Bluetooth ASUS ErgoSense. Ketika keyboard dilepas dari bodynya, maka koneksi bluetooth langsung aktif dan bisa digunakan untuk mengetik. 

Ada pula Pogo Pin yang menghubungkan antara keyboard dan daya (power) hanya dalam 1 kali klik. Jadi keyboardnya tidak menyusahkan sama sekali dan tidak perlu repot-repot setting. Benar-benar memangkas waktu dan serba praktis.

Selain itu keyboard ini langsung dapat menyatu secara presisi pada laptop karena telah dilengkapi magnet (snap-on magnetic design) yang akan mengunci keyboard saat terpasang. Jadi keyboard nggak akan bergeser saat Anda mengetik.

4) Fleksibel dengan 5 Mode yang Adaptif

Laptop dengan layar ganda dan keyboard yang dapat dilepas pasang, memang sangat nyaman digunakan untuk para pengguna, apapun profesinya dan apapun kebutuhannya. 

Dengan engsel layar yang dapat dibuka hingga 180°, penyangga yang kokoh, keyboard dengan bluetooth otomatis, dan fitur keyboard virtual ScreenXpert, maka perangkat laptop dapat disusun sesuai kebutuhan karena pirantinya sangat fleksibel. 

Dengan ragam fitur yang ditawarkan, maka laptop ASUS Zenbook DUO (UX8406) ini memiliki 5 mode yang bisa dipilih sesuai kebutuhan. Berikut ini adalah detail penjelasan dari masing-masing mode.


1) Dual-Screen Mode

Inilah mode terunik dan paling khas dari ASUS Zenbook DUO (UX8406) yang memebdakannya dengan laptop lainnya. Mode ini tersusun secara vertikal. 

Layar pertama berada di atas, layar kedua berada di bawah, lalu terakhir adalah keyboard yang bisa dilepas namun bluetoothnya langsung aktif. 

Posisi layar pertama, sejajar dengan mata. Bagi content creator seperti saya, layar pertama ini bisa digunakan untuk preview video. Dengan layar pertama 14 inchi, tentu video previewnya tampak besar dan detailnya terlihat jelas.

Sedangkan layar kedua, ditopang oleh penyangga bawaan yang menghasilkan sudut pandang 40° - 70°. Layar ini bisa digunakan untuk menampilkan tab Timeline yang berisi tatanan editan. Mau edit sebanyak apapun, sampai susunannya setinggi gunung, tetap terlihat di layar. Malah lebih enak dan leluasa ngedit videonya.

Sedangkan keyboardnya dilepas dari layar, namun tetap bisa digunakan untuk mengetik karena tersambung bluetooth yang langsung aktif. Jadi bisa langsung nulis teks sesuai kebutuhan. Leluasa banget, bukan? 

Nggak perlu ada tambahan monitor lagi. Cukup bawa 1 laptop dengan 2 layar, bisa dikerjakan di mana-mana. Ruang kerja semakin luas 19,8 inchi sehingga dapat meningkatkan produktivitas 2 kali lipat!

Kalau mau melakukan online meeting sambil ngerjain tugas, juga bisa loh! Layar pertama untuk menampilkan online meeting. Lalu layar kedua membuka tab-tab kerjaan. Jadi nggak perlu buka tutup jendela untuk melakukan ragam aktivitas.

2) Desktop Mode

Untuk kamu yang suka banget dengan PC Dekstop, tenang saja karena laptop ini juga bisa diatur Dekstop Mode. Sejajarkan layar ganda secara horizontal (panjang ke samping), maka hasilnya akan tampak lebih luas seperti dekstop.

Tampilan multi Windows ini cocok banget untuk penggunaan komputasi harian seperti menulis artikel, browsing, blogging, bahkan mencari informasi/materi untuk pembuatan konten.

Misalnya, layar sebelah kiri digunakan untuk browsing materi sebagai bekal bahan  konten Youtube, sedangkan layar sebelah kanan digunakan untuk menulis naskah konten di Ms. Word. Jadi tidak perlu split tab karena bisa digunakan secara bersamaan. 

Kalau mau mengetik, bisa langsung menggunakan keyboard karena sudah tersambung dengan bluetooth secara otomatis. Mode ini persis seperti yang saya rasakan ketika bekerja di kantor. Tampilannya yang melebar ke samping, membuat kegiatan menulis naskah untuk konten semakin nyaman.

3) Laptop Mode

Tentu saja Zenbook DUO (UX8406) memiliki Mode Laptop, yakni 1 layar dengan 1 keyboard. Sedangkan 1 layar lainnya tersimpan rapi di bawah keyboard.

Mode ini cocok bila digunakan saat berpergian naik kereta api atau mobil. Jadi pengguna tetap bisa bekerja di mana pun sehingga tetap produktif bekerja sepanjang waktu.

4) Laptop Mode with Virtual Keyboard

Apabila keyboardnya dilepas, maka akan berubah menjadi Laptop Mode with Virtual Keyboard. Layar pertama sebagai display, sedangkan layar kedua sebagai keyboard virtual. Jadi pengguna dapat mengetik di atas layar secara nyaman.

Kecanggihan ini bisa terjadi lantaran dukungan ScreenXpert, yakni software yang dapat menggunakan ragam gesture untuk menampilkan virtual keyboard dan virtual touchpad. Hanya dengan sekali sentuh, maka semua perintah siap dijalankan.

Mode ini akan sering dipakai oleh para ilustrator digital. Layar pertama untuk preview hasil gambar, sedangkan layar kedua untuk menggambar menggunakan stylus ASUS Pen 2.0. Kalau menggambarnya selesai, bisa dimunculkan kembali virtual keyboardnya.

5) Sharing Mode

Kabar baiknya, layar ganda ini bisa dibuka hingga 180° yang memungkinkan pengguna untuk berbagi layar dengan orang lain secara mudah. 

Sharing Mode ini cocok untuk diskusi dengan rekan kerja yang biasanya duduk saling berhadapan. Jadi rekan kerja tidak perlu berpindah tempat ke samping pengguna (biasanya seperti itu) hanya untuk melihat layar yang sama.

Apabila layar dibuka full, maka kedua layar akan bertolak belakang sehingga rekan kerja dapat menikmati layar yang sama. Diskusi berlangsung seru, karena layar dapat disentuh sehingga ide-ide kreatif nan taktis akan lekas bermunculan.

5) Performa Maksimal Bertenaga AI

Tidak hanya memperhatikan keleluasaan layar dan ragam mode, namun hardwarenya benar-benar diperhatikan agar bisa menunjang aktivitas para pekerja profesional. 

Zenbook DUO (UX8406) merupakan laptop layar ganda bertenaga AI (Artificial Intelligence) yang dibekali dengan NPU (Neural Processing Unit). Chip kecerdasan buatan ini bernama Intel® AI Boost yang mampu memproses data lebih cepat, lebih hemat daya, dan lebih pintar dalam memproses aplikasi berbasis AI. 

Apalagi NPU ini diperkuat dengan prosesor Intel® Core™ Ultra 7 155H terbaru. Perpaduan antara keduanya dapat dijalankan secara lebih baik tanpa menguras daya secara berlebihan.

Selain itu, ketangguhan prosesor ini didukung oleh chip grafis Intel® Arc™ yang mampu menghadirkan performa lebih kuat 2x lipat dibandingkan dengan chip grafis prosesor Intel® generasi sebelumnya.

Kabar baiknya, chip grafis ini sudah didukung berbagai teknologi grafis modern seperti real-time ray tracing, Xᵉ Super Sampling, hingga DX 12 Ultimate dan Advanced Media Engine yang dibutuhkan para pekerja visual. 

Yang lebih hebat, Intel® Arc™ tidak hanya mampu mempercepat pemrosesan grafis, tetapi juga mampu membuat video encoding yang sangat penting untuk para konten kreator.

Kabar baiknya, memori laptop layar ganda ini menggunakan RAM LPDDR5X dengan kapasitas hingga 32 GB. RAM termutakhir ini menawarkan kecepatan pemrosesan data hingga 8,5 gigabite per detik. Waw, cepat sekali, bukan?

Diimbangi dengan storage Solid State Disk (SSD) NVMe™ PCIe® 4.0 dengan kapasitas hingga 2 TB yang mampu mentransfer data hingga 64 GB/detik, tentu saja dapat mempersingkat waktu pemuatan dan memulai file. 

Nggak akan ada lagi istilah nge-lag, hang, loading, dll. Apalagi bila digunakan Zoom Meeting sambil ngerjain tugas yang menguras banyak memori. 

Sekarang semua pekerjaan tidak perlu dikeluhkan karena telah diselamatkan oleh kecanggihan prosesor, memori, NPU, dan chip grafisnya. Terlebih lagi laptop ini sudah ditunjang oleh kamera dan audio bertenaga AI. Memastikan penggunanya tampil sempurna saat melakukan meeting online.

Kamera ASUS AISense memastikan bahwa pengguna akan selalu tampil paripurna selama meeting online berlangsung. Bangun tidur, nggak pakai make up, telah diselamatkan oleh AI ini yang dapat memperindah tampilan pengguna.

Selama meeting online berjalan, Two Way AI Noise Cancelation langsung aktif bekerja untuk meredam suara bising, baik dari pengguna atau pun lawan bicara melalui mikrofon dan audio.

Pengalaman audio yang menggelegar didapatkan dari speaker Harman/Kardon yang menghasilkan suara sangat jernih dan menggelegar seperti nyata. Harman Kardon terkenal dengan kualitas suaranya yang kaya, jernih, dan detail.

Apalagi audionya juga menggunakan Dolby Atmos yang menciptakan efek suara 3D yang membuat Anda merasa seperti berada di dalam film atau game. Didukung pula smart amplifier dan ASUS Audio Booster yang mampu menghasilkan suara yang lebih kaya, lebih jernih, dan lebih detail dibandingkan dengan laptop biasa. 

 6) Windows Terbaru, Keamanan Terjaga

Hadir dengan sistem operasi Windows 11, ASUS Zenbook DUO (UX8406) juga merupakan laptop berfitur Copilot untuk dukungan AI. Copilot di Windows 11 melengkapi keahlian dan kreativitas Anda dengan bantuan kecerdasan serta jawaban relevan. 

Selain itu, sudah dilengkapi Office Pre-Installed, agar Anda bisa nikmati semua manfaat dengan PC yang lengkap – PC sudah termasuk Office Home & Student 2021. Aplikasi Office versi lengkap (Word, Excel dan PowerPoint) memberikan semua fungsi yang dibutuhkan dan diharapkan oleh penggunanya.

Jadi Anda sudah mendapatkan Windows 11 Home yang original serta Microsoft Office Pre-Installed yang bisa langsung digunakan saat itu juga. Semuanya asli, jadi nggak perlu khawatir akan susupan virus, script atau program berbahaya lainnya.

Tak hanya itu, privasi juga dijaga secara maksimal dengan adanya pelindung privasi kamera. Jadi tidak ada celah berbahaya yang masuk ke perangkat ini.

Kabar baiknya, Windows Hello Infrared (IR) memudahkan pengguna untuk membuka kunci laptop dengan cepat dan aman tanpa repot-repot mengetik kata sandi. Cukup login melalui setor wajah, maka laptop akan mengenal pengguna aslinya. 

7) Fitur Gerakan Intuitif, Ikuti Perintah Dengan Jemari

Layar ganda yang digunakan pada Zenbook DUO (UX8406) sangat peka terhadap sentuhan dan siap menerima perintah hanya dengan gestur jemari. Berikut ini adalah beberapa fitur yang bisa Anda terapkan.

a) Virtual Keyboard

Pengguna dapat menampilkan keyboard virtual dan touchpad pada layar kedua, hanya dengan melakukan tap 6 jari. Mudah sekali, bukan?

b) Easy Access Tools

Anda juga bisa swipe ke bawah dengan 6 jari untuk memunculkan Number Key, Control Panel, Quick Key, dan papan tulisan tangan. Lalu bisa diatur lagi hanya dengan swipe 2 jari. Mudah, bukan?

c) Virtual Touchpad

Bila ingin menampilkan touchpad pada layar kedua, maka cukup tap 3 jari saja, lalu touchpad virtual akan muncul.

d) Easily Expand to Full-Screen

Ini sih yang paling seru. Apabila pengguna ingin memaksimalkan jendela/tab yang sedang dibuka, untuk tampil secara full pada kedua layar, maka cukup swipe ke arah luar menggunakan 5 jari. 

e) Assign Windows to Your Preferred Screen

Untuk Anda yang sering membuka banyak jendela/tab, maka jangan lupakan cara ini. Seret aplikasi ke icon App Switcher untuk meluncurkan aplikasi, lalu pilih layar defaultnya. Tampilan layar yang diinginkan sudah sesuai dengan kebutuhan!

8) Port Konektivitas Tanpa Batas

Meski ukuran laptopnya tips, tapi tentu saja portnya cukup lengkap. Hal ini lantaran Zenbook DUO (UX8406) didesain untuk kalangan profesional dari beragam pekerjaan/jabatan yang seringkali membutuhkan perangkat tambahan lain untuk disambungkan, seperti harddisk eksternal, headset, kabel HDMI, layar eksternal, dll.


Port yang terdapat pada laptop berlayar ganda ini antara lain:

  • HDMI 2.1 TMDS : HDMI 2.1 sendiri mengacu pada set fitur terbaru dari standar HDMI, sedangkan bagian "TMDS" menunjukkan teknologi sinyalisasi mendasar yang digunakan untuk mengirimkan data video.
  • Combo Audio Jack 3.5 mm: Jack tunggal ini dapat digunakan untuk headphone dengan mikrofon dan headphone tradisional tanpa mikrofon.
  • USB 3.2 Gen 1 Type-A: Jenis port USB paling umum, memastikan kompatibilitas dengan berbagai periferal seperti drive eksternal, keyboard, mouse, printer, dll. Menawarkan kecepatan transfer hingga 5Gbps, cocok untuk tugas sehari-hari yang melibatkan transfer data.
  • 2x Thunderbolt™ 4: Versi terbaru dan terkuat dari interface Thunderbolt, menawarkan kecepatan transfer data luar biasa, kemampuan output video, dan pengiriman daya. Kecepatan transfer hingga 40Gbps, ideal untuk mentransfer file besar seperti video beresolusi tinggi atau gambar RAW dengan sangat cepat.

Kabar baiknya, laptop ini juga telah berhasil melalui uji ketahanan kelas militer AS yang memastikan laptop tahan dengan segala situasi, mulai dari Shock TestVibration TestHigh Temperature TestAltitude Test, dll. Tak heran bila laptop dua layar ini telah mendapatkan sertifikat MIL-STD-810H sehingga ketahanan laptop layar ganda ini tidak perlu diragukan lagi 

9) Baterai Tahan Lama dan Sistem Pendingin Bikin Betah Kerja

Laptop ASUS Zenbook DUO (UX8406) dibekali dengan baterai berkapasitas tinggi yakni 4S1P Li-ion 4 cell sebesar 75 Whrs. Baterai ramah lingkungan ini mendukung siklus pengisian daya hingga 20% lebih banyak daripada generasi sebelumnya.

Charger mungil tipe C sebesar 65 W mampu melakukan pengisian daya hingga mencapai 60% hanya dalam waktu 49 menit saja. Hal ini lantaran laptopnya juga dilengkapi dengan teknologi Fast Charging yang membuat pengisian daya berlangsung cepat.

Apabila menggunakan mode 1 layar, maka daya baterai bisa bertahan hingga 13,5 jam untuk pemutaran video. Apalagi bila digunakan untuk aktivitas komputasi sederhana, baterai akan kuat bertahan hingga 8.8 jam.

Sedangkan bila menggunakan mode 2 layar aktif, maka baterainya bisa bertahan hingga 10,5 jam untuk pemutaran video dan bertahan hingga 8 jam untuk penggunaan Office harian. Jadi enak banget buat ngerjain tugas dalam jangka waktu yang cukup lama,

Namun tenang saja, laptop dengan performa tinggi seperti ASUS Zenbook DUO (UX8406) sudah didesain sedemikian rupa agar komponen-komponennya tidak over heat. 


Untuk menjaga suhu komponen tetap dingin, maka laptop ini telah dibekali Teknologi Thermal: Advanced Cooling System. Cara kerjanya yakni memaksimalkan pendinginan komponen dengan menambahkan penyebar panas antara motherboard dan panel OLED. 

Sistem pendingin ini memungkinkan CPU dan GPU bekerja pada TDP gabungan hingga 35 W tanpa adanya sekat/batasan. Desain termal khusus yang khusus ini bertujuan untuk menjaga layar tetap dingin dan memperpanjang masa pakainya. Sempurna banget, bukan?

Kesimpulan: Siap Produktif 2x Lipat?

ASUS Zenbook DUO (UX8406) telah dirancang dengan layar ganda yang sempurna, hingga mampu menghasilkan 5 mode sesuai kebutuhan. 

Mau editing video detail nan presisi bisa pake mode Dual-Screen Mode. Meeting online sambil ngerjain kerjaan lain bisa pakai mode ini juga loh!

Mau menulis artikel sambil browsing, bisa pakai Dekstop Mode. Mau diskusi dengan teman kerja bisa pakai Sharing Mode. Mau ngerjain kerjaan di kereta api, bisa pake Laptop Mode dengan keyboard fisik maupun virtual keyboard.

Semuanya sudah didesain sangat adaptif dan sempurna. Kamu bisa hemat waktu, hemat pikiran, dan hemat tenaga. Sungguh segala fitur dari laptop ini bisa menunjang kamu lebih produktif hingga 2x lipat! Semangat!

Tabel Spesifikasi

Main Spec.

Zenbook DUO (UX8406MA)

CPU

Intel® Core™ Ultra 7 Processor 155H 1.4 GHz (24MB Cache, up to 4.8 GHz, 16 cores, 22 Threads) with Intel® AI Boost NPU

Operating System

Windows 11 Home

Memory

16GB LPDDR5X

Storage

1TB M.2 NVMe™ PCIe® 4.0 Performance SSD

Display

Dual 14-inch ASUS Lumina OLED, 3K (2880 x 1800) 16:10, 120Hz, 0.2ms, 100% DCI-P3, PANTONE Validated, 600nits, VESA CERTIFIED Display HDR True Black 500, Low Blue Light, Anti-Flicker, Touchscreen with Stylus Support

Graphics

Intel® Arc™ Graphics

Input/Output

1x USB 3.2 Gen 1 Type-A, 2x Thunderbolt™ 4 supports display / power delivery, 1x HDMI 2.1 TMDS, 1x 3.5mm Combo Audio Jack

Connectivity

Wi-Fi 6E(802.11ax) (Dual band) 2*2 + Bluetooth® 5.3

Camera

FHD camera with IR and Ambient Light Sensor function, support Windows Hello, support Windows Studio Effect

Audio

Smart Amp Technology, Built-in speaker, Built-in array microphone, harman/kardon certified

Battery

75WHrs, 4S1P, 4-cell Li-ion

Dimension 

31.35 x 21.79 x 1.46 ~ 1.99 cm

Weight

1.39 Kg (laptop)

0.3 Kg (keyboard)

Price

Rp33.999.000

Warranty

2 Tahun Garansi Global dan 1 Tahun ASUS VIP Perfect Warranty

 


Rhoshandhayani KT
Rhoshandhayani, seorang lifestyle blogger yang semangat bercerita tentang keluarga, relationship, travel and kuliner~
Terbaru Lebih lama

Related Posts

Posting Komentar