Menggapai Angkasa

Jelajahi Indahnya Negeri Pecahan Surga

Monday, 9 October 2017

SENSASI NAIK KAPAL TERBANG DI JURANG TEMBELAN; DLINGO, BANTUL

Kawasan Kecamatan Dlingo yang berada di Kabupaten Bantul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta kini tengah naik daun. Banyak sekali spot-spot wisata baru yang menjadi target kunjungan para wisatawan saat berkunjung ke Yogyakarta seperti KEBUN BUAH MANGUNAN. Bahkan keindahan PUNCAK BECICI yang juga terletak di Kecamatan Dlingo telah berhasil menarik perhatian mantan presiden Amerika Serikat; Barrack Obama untuk mengunjunginya. Kembali kehadiran media sosial seakan semakin melambungkan wisata Kecamatan Dlingo yang sebelumnya kurang dikenal. Salah satu spot wisata yang ada di Kecamatan Dlingo adalah Jurang Tembelan.

Jurang Tembelan, Dlingo, Bantul
Jurang Tembelan, Dlingo, Bantul
Menuju Jurang Tembelan

Letak dari Jurang Tembelan searah dengan jalur menuju Kebun Buah Mangunan yang terlebih dahulu dikenal. Jarak tempuh dari pusat Kota Yogyakarta adalah sekitar 24 kilometer dengan waktu tempuh kurang lebih 1 jam. Rute yang ditempuh nantinya akan melewati Makam Raja di Imogiri dan dari sini sudah ada banyak plang penunjuk jalan menuju Kebun Buah Mangunan.

Menuju Jurang Tembelan dari Pusat Kota Yogyakarta
Menuju Jurang Tembelan dari Pusat Kota Yogyakarta
Cukup ikuti jalan menuju Kebun Buah Mangunan tersebut memasuki medan perbukitan. Nantinya akan dijumpai plang petunjuk arah menuju Jurang Tembelan saat tengah mengikuti jalan menuju Kebun Buah Mangunan. Ikuti saja plang penunjuk jalan yang ada menuju Jurang Tembelan. Satu hal yang harus diperhatikan adalah kondisi jalan yang naik-turun sehingga membutuhkan keadaan kendaraan yang prima.


Jurang Tembelan

Detail letak dari Jurang Tembelan ada di Dusun Kanigoro, Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Lokasi dari kawasan wisata Jurang Tembelan ini tidak sulit untuk ditemukan karena sudah ada sebuah area parkir luas yang tentunya cukup mencolok.

Pintu Masuk Kawasan Wisata Jurang Tembelan
Pintu Masuk Kawasan Wisata Jurang Tembelan
Sesuai dengan namanya, terdapat sebuah jurang yang menganga di sisi baratnya sehingga pemandangan terbuka tersaji ke arah barat. Pemandangan tersebut berupa jajaran pegunungan hijau dan juga tidak ketinggalan aliran Sungai Oya yang berkelok. Pemadangan tersebut begitu memukau, terlebih saat pagi hari seringkali kabut di atas Sungai Oya membentuk aliran sungai kabut yang berkelok.

Latar Belakang Pegunungan dan Singai Oya
Latar Belakang Pegunungan dan Singai Oya
Kreatifitas pengelola dalam mengembangkan kawasan Jurang Tembelan ini patut diapresiasi karena mampu memanfaarkan kondisi topografi kawasan tersebut yang terdiri dari pegunungan. Panorama deretan pegunungan hijau yang begitu indah dimanfaatkan dengan menambahkan spot foto unik sehingga mampu menarik kunjungan banyak wisatawan ke lokasi tersebut.

Spot Kapal Terbang Jurang Tembelan
Spot Kapal Terbang Jurang Tembelan
Salah satu spot foto paling ngehitz adalah spot berupa sebuah kapal  yang menjorok ke jurang. Jika berfoto di atas spot kapal ini, maka hasil foto nantinya bagaikan sedang menaiki sebuah kapal yang sedang terbang dengan latar belakang deretan pegunungan hijau dan Sungai Oya. Tidak butuh waktu lama bagi spot ini untuk menjadi terkenal karena dalam waktu singkat berhasil menjadi trending photo di media sosial Instagram.

Spot Pesawat Jurang Tembelan
Spot Pesawat Jurang Tembelan
Tak hanya spot berupa kapal saja. Pengelola telah membuat spot-spot foto lainnya yang tidak kalah keren dari spot foto kapal. Spot-spot foto lain juga dibuat dengan latar belakang pemandangan yang sama dengan spot foto kapal yaitu deretan pegunungan dan Sungai Oya. Jika saat hari libur, pengunjung harus sabar mengantre karen banyaknya pengunjung yang datang dan terbatasnya kapasitas jumlah orang di spot-spot foto tersebut.

Spot Foto di Jurang Tembelan
Spot Foto di Jurang Tembelan
Spot Foto di Jurang Tembelan
Spot Foto di Jurang Tembelan
Kunjungan terbaik di Jurang Tembelan ini yang pertama adalah saat pagi hari ketika cuaca cerah karena pemandangan berupa sungai kabut akan terlihat begitu memesona. Kunjungan terbaik kedua adalah saat sore hari menjelang matahari terbenam jika cuaca cerah. Pemandangan berupa indahnya sunset di ufuk barat akan menjadikan suasana peralihan menuju malam menjadi semakin syahdu.

Sore di Jurang Tembelan
Sumber: https://eksotisjogja.com/tempat-wisata-dlingo-mangunan-bantul/ || Photo By: @ihsanudn


Info

Jam buka
05.00 WIB – 18.00 WIB

Harga Tiket
Rp5.000,00

Tarif Parkir
Rp2.000,00 (Motor)

Fasilitas
Area parkir, warung makan, toilet, mushalla, spot-spot foto

Waktu Kunjungan Terbaik
Pagi hari atau sore hari menjelang sunset; keduanya jika cuaca cerah


10 comments:

  1. wuaw, keren banget

    yang spot foto bentuk love itu, cukup sering nongol di timelineku
    tapi yang perahu itu, jarang banget kulihat dan keren banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Loh, padahal yang paling ngehitz dan jadi tujuan utama tu yg di perahu terbang.. hehe

      Delete
  2. Saya sebel, wisata Jogja semakin berkembang setelah saya merantau ke Bandung, huwaaa. Tapi nggak yakin juga apakah saya berani berfoto di spot-spot itu, takut ketinggian hahaha. Salam kenal ya, mas :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya.. Semenjak era instagram bung..
      Kan bisa pulang ke Jogja naik kereta...

      G begitu seram kok kalo dicoba..
      Sipp.. Salam kenal juga..

      Delete
  3. spot foto disini memang kekinian banget sudah hawanya seger hasil jepretan gambarnya pun gokil deh hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bung.. Apalagi kalo pas cuaca & waktunya bagus..

      Delete
  4. Keren tempatnya, sukaaaa banget. Kalo gak bisa ke gunung ke bukit2 kaya jurang Tembelan aja dulu ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya.. Seenggaknya bisa ngerasain berada di ketinggian.. hehe

      Delete
  5. tempat yang sangat indah, namun apalah dayaku yang takut akan ketinggian..

    ReplyDelete
    Replies
    1. G begitu menyeramkan seperti yang dibayangkan kok..

      Delete

Terima Kasih Atas Kunjungan Anda